Kepemimpinan [60] Dimensi Budaya Kepemimpinan

Seseorang harus menemukan organisasi yang nyaman baginya daripada bertentangan dengan lingkungan yang timbul dari bentrokan antara nilai-nilai batin dan nilai-nilai organisasi.

Minggu, 15 September 2019 | 08:17 WIB
0
472
Kepemimpinan [60] Dimensi Budaya Kepemimpinan
ilustr: University of Calgary

Pengantar

Kepemimpinan dalam organisasi diatur dan ditentukan sesuai dengan berbagai alasan dan faktor termasuk kepribadian, budaya, dan negara dan aspek regional.

Di antara berbagai faktor, dimensi budaya kepemimpinan sering tidak disorot karena dianggap sebagai pemberian. Namun, dengan globalisasi dan munculnya integrasi yang lebih erat dan keterkaitan, ada kebutuhan untuk mempelajari bagaimana kepemimpinan ditentukan oleh faktor budaya dan peran mediasi yang dipertukarkan oleh pertukaran budaya antara Barat dan Timur ketika menentukan bagaimana para pemimpin berperilaku.

Artikel ini membahas dimensi budaya kepemimpinan dengan penekanan khusus pada bagaimana interaksi yang lebih besar antara para pemimpin di Barat dan Timur bermain di arena global dan sejauh menyangkut perilaku organisasi. Misalnya, dengan globalisasi, para pemimpin dan manajer di Timur telah belajar untuk mengadopsi gaya kepemimpinan yang lebih demokratis dibandingkan dengan kepemimpinan patriarkis dan otoriter yang sampai sekarang dipraktikkan.

Selanjutnya, para pemimpin di Barat mulai memahami bahwa cara melakukan sesuatu di Timur secara radikal berbeda dari cara mereka dilakukan di timur dan karenanya, mereka perlu menyadari berbagai pendekatan manajemen yang berbeda ini.

Kepemimpinan di Timur dan Barat

Karya perintis psikolog Belanda, Geert Hofstede sering dikutip untuk menekankan perbedaan dalam kepemimpinan antara Barat dan Timur yang ditentukan oleh alasan budaya. Misalnya, budaya memainkan peran yang sangat penting dalam menentukan tindakan para pemimpin terutama di mana pengambilan keputusan, sikap terhadap keragaman, dan perlakuan terhadap orang-orang di hierarki yang bersangkutan.

Ini adalah kasus bahwa para pemimpin di Timur cenderung patriarkis dan otoriter dalam gaya pengambilan keputusan mereka sebagai lawan demokratis dan konsensual di Barat.

Lebih jauh lagi, para pemimpin di Timur cenderung melihat keberagaman aspek bisnis lainnya dan budaya kerja di banyak organisasi cenderung bersifat paternal dan didikte oleh perilaku maskulin. Sebaliknya, keanekaragaman dipraktikkan secara aktif di barat dan para pemimpin di banyak perusahaan Barat sering melakukan lebih dari apa yang disyaratkan oleh hukum dalam kasus-kasus ini.

Selanjutnya, sikap terhadap mereka yang lebih rendah dalam hierarki di barat lebih akomodatif dan berdamai sedangkan di Timur, para pemimpin di atas cenderung melihat bawahan mereka berdasarkan klasifikasi ketat senioritas yang dikondisikan oleh faktor budaya. Ini adalah beberapa perbedaan dalam kepemimpinan antara Timur dan Barat sebagaimana disajikan oleh Hofstede dalam karyanya.

Globalisasi dan Kepemimpinan: Homogenitas vs. Heterogenitas

Meskipun sebagian besar literatur bisnis berbicara tentang bagaimana kepemimpinan telah menjadi homogen dengan munculnya globalisasi dan pertukaran budaya yang terjadi bersamaan antara Barat dan Timur yang telah menyebabkan para pemimpin di Timur menjadi Barat dalam pandangan mereka, aspek yang sering diabaikan adalah bahwa beberapa pemimpin di Timur telah berbelok ke dalam sebagai hasil dari interaksi mereka dengan Barat dan mulai menjadi parokial dan jingoistik dalam pendekatan mereka.

Ini terlihat dalam kasus banyak sektor manufaktur dan primer di mana para pemimpin sering mengoceh terhadap nilai-nilai Barat dan bagaimana mereka merusak karyawan dan karenanya, para pemimpin dalam industri manufaktur berat ini mulai lebih menyukai regionalisme dan paternalisme serta beralih ke jingoisme dan sikap yang jelas-jelas menentang lebih lanjut membuka ekonomi.

Tentu saja, ini tidak berarti bahwa heterogenitas yang dihasilkan dari globalisasi adalah norma yang berlaku karena banyak pemimpin di Timur telah memodernisasi perusahaan mereka dan mengadopsi praktik terbaik Barat. Memang, proporsi pemimpin yang telah menjadi Barat lebih besar daripada mereka yang telah berpaling ke dalam dan ini adalah tren di Cina dan India.

Namun, seperti paragraf sebelumnya menunjukkan, ada banyak pengecualian untuk norma ini dan karenanya, setiap profesional atau mahasiswa manajemen harus menyadari kedua tren jika ia ingin menavigasi ladang ranjau perusahaan dalam karier mereka.

Kesimpulan

Artikel ini telah membahas perbedaan kepemimpinan antara Timur dan Barat yang disebabkan oleh alasan budaya. Artikel ini juga membahas bagaimana globalisasi telah membuat para pemimpin mengadopsi nilai-nilai Barat dan pada saat yang sama, telah mengakibatkan beberapa pemimpin beralih ke dalam.

Poin yang perlu dicatat di sini adalah bahwa kepemimpinan adalah subjek yang kompleks yang ditentukan karena sejumlah alasan dan aspek budaya merupakan komponen kunci dari bagaimana para pemimpin berperilaku. Oleh karena itu, saran kami kepada para pemimpin masa depan dan mereka yang memulai karir mereka serta mereka yang sudah bekerja bahwa seseorang harus menentukan nilai-nilai inti seseorang dan kemudian bertindak sesuai dengannya.

Jika anda adalah orang yang lebih mungkin dipengaruhi oleh paradigma Barat, anda harus mencari perusahaan dan organisasi yang dijalankan sesuai dengan konsep manajemen barat. Sebaliknya, jika anda memiliki kecenderungan di mana anda percaya bahwa budaya asli anda menentukan tindakan anda, anda harus mencari pekerjaan lagi di organisasi-organisasi di mana nilai-nilai tradisional ditekankan.

Dengan kata lain, seseorang harus menemukan organisasi yang nyaman baginya daripada bertentangan dengan lingkungan yang timbul dari bentrokan antara nilai-nilai batin dan nilai-nilai organisasi. Ini adalah kunci yang diambil dari artikel ini ketika anda memasuki karir anda atau jika anda sedang bekerja, apakah anda pasrah dengan nasib anda atau menikmati pekerjaan anda sepenuhnya.

***
Solo, Minggu, 15 September 2019. 8:09 am
'salam sukses penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko