Beriman kepada Nabi dan Rasul

Sudah seharusnya kita meneladani sifat para nabi dan rasul karna itu akan membawa kita ke jalan yang lurus.

Selasa, 5 Juli 2022 | 19:36 WIB
0
38
Beriman kepada Nabi dan Rasul
Nabi dan Rasul

Nabi dan Rasul adalah Makhluk ciptaan Allah SWT. Kita sebagai umat muslim wajib hukumnya beriman kepada nabi dan Rasul karena sudah dijelaskan pula di dalam rukun iman yang ke-4, salah satu bukti yang nyata dan tertulis yang memang mewajibkan kita untuk beriman kepada nabi dan rasul.

Adapun perbedaan antara Nabi dan Rasul adalah. Nabi adalah makhluk utusan Allah SWT yang bertugas untuk beriman kepadanya, menerima wahyu tetapi tidak diwajibkan untuk menyampaikan kepada umat. Ajaran ataupun wahyu yang didapatkannya hanya untuk dirinya sendiri.

Sedangkan rasul adalah makhluk ciptaan Allah SWT yang bertugas untuk beriman kepadanya, menerima wahyu dan diwajibkan untuk menyampaikan kepada umat. Setiap Wahyu yang diterimanya diwajibkan untuk menyampaikan kepada umat.

Sifat nabi sama seperti kita manusia dia juga bisa merasakan apa yang dirasakan oleh manusia seperti mengantuk, lapar dan kenyang dan lain sebagainya. Tetapi keistimewaannya dia memiliki sifat yang baik dan selalu taat kepada Allah SWT dan selalu melakukan apa yang diperintahkan oleh Allah dan menjauhi semua yang dilarang Allah.

Sedangkan sifat Rasul adalah mempunyai keturunan yang istimewa dari Rasul sebagaimana firman Allah dalam Al- Qur’an ”Dan sungguh, Kami telah mengutus beberapa rasul sebelum engkau (Muhammad) dan Kami berikan kepada mereka istri-istri dan keturunan sebelumnya”. Rasul juga mendapatkan mukjizat dari Allah SWT untuk pegangannya dalam menyampaikan ajaran yang akan disampaikannya.

Adapun sifat yang wajib bagi rasul adalah sidik yang artinya benar, amanah yang artinya dapat dipercaya, tablig yang artinya menyampaikan, dan Fathanah yang artinya cerdas. Sedangkan sifat yang mustahil adalah kidzib yang artinya dusta, khianat yang artinya tidak dapat dipercaya, Kitman yang artinya menyembunyikan sesuatu, dan yang terakhir itu baladah yang artinya bodoh.

Beriman kepada nabi dan rasul adalah mempercayai di dalam hati bahwa mereka benar-benar makhluk utusan Allah SWT dan mempercayai ajaran yang dibawakannya dan ada pula yang tidak di perintahkan untuk menyampaikannya.

Misi kenabian dan kerasulan adalah bersifat universal yaitu bukan hanya untuk orang-orang yang beriman saja tetapi untuk orang yang tidak beriman juga wajib disampaikan. Tujuan keduanya di ciptakan adalah untuk membawakan ajaran Islam dan menebarkan Rahmat kasih sayang di seluruh alam semesta.

Maka sudah seharusnya kita meneladani sifat para nabi dan rasul karna itu akan membawa kita ke jalan yang lurus.

***