Kepercayaan Itu Modal

Tantangan selanjutnya adalah, bagaimana pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan masyarakat bisa membuktikan bahwa investasi langsung di Indonesia adalah keputusan yang tepat.

Minggu, 13 September 2020 | 08:50 WIB
0
27
Kepercayaan Itu Modal
Ilustrasi bisnis investasi (Foto: Sun LIfe Indonesia)

Modal terbesar dalam ekonomi dan bisnis adalah ‘kepercayaan’. Dalam konteks ekonomi dan bisnis internasinal ‘kepercayaan’ terepresentasikan dalam Sovereign Rating. Rating itu berdasarkan hasil riset mengenai kalkulasi keamanan, keuntungan, dan risiko yang dilakukan secara terus-menerus oleh lembaga rating internasional.

Memasuki tahun 2020 Pandemi Covid-19 benar-benar memukul ekonomi global. Semua negara di dunia mengalami kontraksi ekonomi. Bahkan sudah puluhan negara, termasuk negara maju menderita resesi, mencatatkan pertumbuhan negatif dalam dua kuartal berturut-turut. Masing-masing negara melakukan upaya untuk menanggulangi Pandemi Covid-19 dan keterpurukan ekonomi yang diakibatkannya.

Di tengah pandemi dan ekonomi dunia yang tidak menentu, hingga September 2020 Sovereign Rating Indonesia masih berada di wilayah positif. Indonesia mampu menjaga kepercayaan para investor internasional.

Meskipun rating itu ditujukan untuk investasi portfolio (surat utang), tapi pengalokasian dana yang dihimpun dari penerbitan surat utang tersebut, menjadi pertimbangan bagi rating company dalam menetapkan ratingnya.

Tantangan selanjutnya adalah, bagaimana pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan masyarakat bisa membuktikan bahwa investasi langsung (direct investment) di Indonesia adalah keputusan yang tepat.

Bisa dilakukan dengan mudah, cepat, murah, menguntungkan, dan aman. Berikut Sovereign Rating Indonesia, dan Turki sebagai negara pembanding.

Sumber:

Rating Indonesia

***