Ujian Proposal Skripsi Mahasiswa Anestesiologi UMP Purwokerto Meneliti Efek Obat Dobutamin

Kamis, 16 Februari 2023 | 13:23 WIB
0
140
Ujian Proposal Skripsi Mahasiswa Anestesiologi UMP Purwokerto Meneliti Efek Obat Dobutamin
Prosesi ujian proposal skripsi mahasiswa Anestesiologi UMP Purwokerto

Purwokerto – Mahasiswa prodi Keperawatan Anestesiologi Universitas Muhammadiyah Purwokerto semester 8 akhirnya bisa menyelesaikan tepat waktu ujian proposal Skripsi pada bulan Februari 2023. Sebanyak 100% mahasiswa sudah menjalani ujian proposal Skripsi dengan tepat waktu. Setelah melakukan ujian proposal Skripsi maka mahasiswa akan melakukan revisi kemudian setelah mendapatkan ACC akan mengurus uji etik. Setelah selesai uji etik kemudian mahasiswa baru akan terjun ke lapangan untuk melakukan penelitian.

                Mahasiswa terakhir yang menjalani Ujian proposal Skripsi mahasiswa prodi Anestesiologi UMP Purwokerto adalah mahasiswa atas nama Alfian Abhi Ramadhani yang melakukan penelitian tentang efek obat farmakologis Dobutamin terhadap PONV pada pasien. PONV sendiri merupakan Postoperative Nausea & Vomiting (PONV) merupakan salah satu efek samping dari anestesi spinal pada pasien seksio sesarea. Usia, dan riwayat PONV, merupakan salah satu faktor risiko dari terjadinya PONV.

Tindakan anestesi spinal bagi pasien salah satunya adalah efek mual dan muntah. Efek mual dan muntah ini akan dirasakan pasien yang menjalani anestesi spinal. Untuk efek anestesi spinal dan anestesi umum memiliki efek yang berbeda – beda bagi pasien. Untuk anestesi spinal memiliki efek mual dan muntah lebih tinggi dibandingkan dengan anestesi umum.

                Dalam ujian proposal Skripsi mahasiswa prodi Keperawatan Anestesiologi atas nama Alfian Abi Mustofa berhasil menyelesaikan ujian dengan lancar. Ujian proposal Skripsi diuji oleh 3 penguji dari dosen prodi Anestesiologi Universitas Muhammadiyah Purwokerto yaitu : Sri Suparti sebagai Wakil Dekan I Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Marta Tania Gabriel Ching ching sebagai Penguji pertama dan Prima Trisna Aji sebagai penguji kedua.

                Ujian proposal skripsi sendiri berlangsung secara luring dan daring yaitu di Kota Purwokerto dan kota Solo. Dosen penguji Ibu Sri Suparti dan Ibu Marta Thania Gabriel Ching – ching menguji di kota Purwokerto sedangkan dosen Prima Trisna Aji menguji dari Kota Surakarta. Dalam hasil ujian proposal skripsi tersebut mendapatkan hasil revisi terkait responden dan variabel dalam penelitian. Tetapi dalam garis besar pelaksanaan ujian proposal Skripsi tersebut berjalan dengan lancar.

                Dosen Spesialis Medikal Bedah Prima Trisna Aji menyampaikan memberikan apresiasi kepada mahasiswa karena melakukan penelitian tentang obat farmakologi Dobutamin dikarenakan didalam dunia operasi obat Dobutamin sangat sering digunakan didalam kegiatan operasi. *Red