Resep Makanan dan Resep Dokter

resep dokter dan resep masakan sama-sama dinamai resep karena ada perintah untuk mengambil bahan yang diperlukan (recipe).

Senin, 30 Desember 2019 | 22:44 WIB
0
289
Resep Makanan dan Resep Dokter
Apicius (Foto: Wikipedia.org)

Ada teman memberikan pertanyaan: Mengapa resep dokter dan resep masakan, meskipun isinya berbeda jauh, sama-sama disebut resep?

Kata 'resep' sebenarnya berasal dari bahasa Latin, yaitu 'recipe'. Recipe adalah kata perintah yang berarti 'ambillah'. Dalam bahasa Inggris diterjemahkan apa adanya menjadi 'recipe', dan dalam bahasa Indonesia menjadi 'resep'. 

Asal-usul instruksi memasak dinamai resep adalah dari buku De re coquinana, yang sering juga disebut Apicius. Apicius adalah buku kumpulan instruksi memasak dari masa Romawi. Buku ini merupakan satu-satunya buku masakan klasik yang isinya utuh sampai peradaban modern, karena buku-buku lainnya kebanyakan tidak komplit.

Buku ini ditulis dalam bahasa Latin, dan setiap instruksi memasak untuk masakan berbeda selalu diawali dengan perintah 'recipe'. Maksudnya adalah perintah untuk mengambil bahan-bahan yang diperlukan. Inilah mengapa instruksi memasak kemudian disebut resep.

Apa kaitannya dengan resep dokter? Resep dokter sendiri sebenarnya merupakan komunikasi profesional dokter dengan apoteker terkait pemberian obat bagi pasien.

Resep dokter diawali dengan 'R/' atau 'Rx'. Dua hal itu merupakan simbol untuk kata 'recipe', maksudnya apoteker diperintahkan untuk menyiapkan obat tertentu. Sisanya, sepertinya itu nama obat dan instruksi lain dalam bahasa Latin yang tentu bukan kompetensi dan kewenangan seorang Guru Tanpa Sertipikat.

Jadi, resep dokter dan resep masakan sama-sama dinamai resep karena ada perintah untuk mengambil bahan yang diperlukan (recipe). Namun, sulit juga Pak Guru membayangkan di zaman sekarang ada orang menulis resep makanan dengan diawali 'R/' seperti resep dokter.

Pak Guru Doel Kamdi, Guru Tanpa Sertipikat

***