Mengajarkan PHBS kepada Peserta Didik TK ABA 02 Bumiaji Batu dengan Membangun Kebiasaan Sehat Sejak Dini oleh Kelompok PMM-UMM 121

Peserta didik yang mengalami masalah kesehatan lanjut akan diarahkan langsung ke puskesmas atau dokter untuk dilakukan pemeriksaan.

Sabtu, 2 September 2023 | 10:14 WIB
0
51
Mengajarkan PHBS kepada Peserta Didik TK ABA 02 Bumiaji Batu dengan Membangun Kebiasaan Sehat Sejak Dini oleh Kelompok PMM-UMM 121
Penerapan Pola Hidup Bersih dan Sehat dengan Mencuci Tangan

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) menjadi wadah bagi para mahasiswa menyalurkan berbagai macam kegiatan positif pada masyarakat. PMM sendiri bertujuan untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Salah satunya yang dilakukan oleh kelompok 121 gelombang 6 pada hari Selasa, 22 Agustus 2023. Dengan beranggotakan Silmi Rosyda Amini, Falza Nur Azizah, Salsa Billa, Meyva Prettyka Jesnita, dan Laili Mukarromah yang berasal dari prodi Farmasi.

Kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan kebiasaan pola hidup bersih dan sehat sejak dini kepada peserta didik di TK ABA 02 Bumiaji. Dengan kegiatan yang meliputi mencuci tangan sebagai pembiasaan sebelum dan sesudah makan. Pada kegiatan ini kelompok PMM-UMM 121 mengajarkan bagaimana cara mencuci tangan yang baik dan benar. Serta memberikan pendampingan pada saat peserta didik mencuci tangan dengan mencontohkan cara yang baik dan benar.

Selain itu, dalam kegiatan yang dilakukan untuk menggalakkan kebiasaan hidup bersih dan sehat. Kelompok PMM-UMM 121 juga melakukan pendampingan terhadap kegiatan rutin dari puskesmas Bumiaji meliputi cek kesehatan mulut, gigi, telinga, dan kebersihan kuku.

Hasil pemeriksaan Puskesmas akan diberitahukan langsung kepada dewan guru yang selanjutnya disampaikan kepada orang tua. Sebagian peserta didik yang didiagnosa karies gigi akan diberikan edukasi baik siswa, guru, dan orang tua agar rajin menggosok gigi. Peserta didik yang mengalami masalah kesehatan lanjut akan diarahkan langsung ke puskesmas atau dokter untuk dilakukan pemeriksaan.

Kegiatan lain yang dilakukan kelompok PMM-UMM 121 yaitu pengukuran terhadap tinggi badan, berat badan, serta lingkar kepala guna memantau tumbuh kembang anak. Hal ini dilakukan untuk mengamati peserta didik dalam upaya mencegah Stunting pada anak usia dini.

Kegiatan rutin ini sudah dilakukan oleh TK ABA 02 Bumiaji Batu untuk meningkatkan kesadaran peserta didik serta orang tua akan pentingnya dalam menjaga kesehatan. Hal ini menjadi salah satu program kerja sekolah dalam membangun kebiasaan hidup sehat.

Itulah kegiatan PMM-UMM yang dilakukan oleh kelompok 121 gelombang 06. Dimulai dengan pendampingan terhadap peserta didik dalam melakukan pengukuran tinggi badan, berat badan, lingkar kepala hingga cara mencuci tangan yang baik dan benar.

***