9 Manfaat Yoga untuk Kesehatan Pria

Senin, 3 Juli 2023 | 15:52 WIB
0
86
9 Manfaat Yoga untuk Kesehatan Pria
9 Manfaat Yoga untuk Kesehatan Pria

Meskipun yoga lebih identik dengan wanita, olahraga satu ini juga memiliki segudang manfaat bagi pria. Yoga melatih pikiran dan tubuh dengan menggabungkan postur fisik, teknik pernapasan, dan meditasi atau relaksasi. Olahraga ini sendiri bertujuan untuk meningkatkan daya tahan, kekuatan, ketenangan, fleksibilitas, dan kesejahteraan diri. Untuk lebih lanjutnya, berikut penjelasan sejumlah Manfaat Yoga untuk Kesehatan Jiwa dan Raga pria.

9 Manfaat Yoga untuk Pria

Yoga berasal dari kebudayaan India Kuno dan diperkenalkan dari buku Yoga Sutras karya Maharsi Patanjali, seorang tokoh legendaris asal India yang hidup sekitar 200-500 SM. Beliau mengartikan bahwa olahraga ini adalah sebuah penghentian gerak pikiran dan ajarannya menjadi tradisi meditasi serta ritual di kalangan umat Hindu. 

Di zaman modern ini, telah ditemukan beberapa manfaat yoga untuk kesehatan pria sebagaimana yang dijelaskan berikut ini.

1. Melatih Fokus dan Kesadaran
Praktik yoga yang dilakukan dengan benar akan sangat bermanfaat bagi mental Anda. Yoga meningkatkan fokus dan kesadaran sehingga Anda dapat mengembangkan pikiran yang lebih jernih.

2. Melancarkan Pencernaan
Yoga juga dapat meningkatkan sirkulasi darah pria untuk membantu detoksifikasi racun dari sistem tubuh melalui keringat dan produksi urin. Dengan demikian, tubuh juga dapat meningkatkan peristaltik atau gerakan dalam sistem pencernaan Anda.

3. Meningkatkan Jangkauan Gerak Tubuh
Jangkauan gerak tubuh adalah jumlah pergerakan maksimum yang dapat dilakukan pada sendi. Meskipun pria memiliki banyak kelompok otot keras, jika tidak dilatih, otot-otot tersebut memiliki tidak akan dapat memenuhi kapasitas rentang geraknya.

Jangkauan gerak tubuh perlu dilatih karena latihan otot seperti angkat beban atau bench press hanya memfokuskan gerakan hanya pada kelompok otot tertentu yang dapat membatasi jangkauan gerak Anda dalam fungsionalitas sehari-hari dalam jangka panjang. Hal ini dapat Anda antisipasi dengan mulai melakukan latihan yoga sejak dini.

4. Melatih Keseimbangan Tubuh
Yoga melibatkan banyak gerakan yang menantang kemampuan Anda untuk menyeimbangkan tubuh untuk mengembangkan kapasitas otot meningkatkan kesehatan persendian seiring waktu. Dengan demikian, Anda dapat mencegah terjadinya cedera selama berolahraga.

5. Tidur Lebih Nyenyak
Sama seperti olahraga pada umumnya, latihan yoga juga dapat memberikan waktu istirahat yang berkualitas. Satu studi yang dilakukan di India menunjukkan bahwa berlatih yoga dua kali seminggu selama enam bulan dapat meningkatkan kualitas dan durasi tidur nyenyak secara signifikan. Gerakan yoga juga dapat menghasilkan lebih banyak energi dan mengurangi rasa lelah di siang hari.

6. Meningkatkan Kesehatan Pernapasan
Berlatih yoga dengan rutin juga akan meningkatkan kesehatan paru-paru. Teknik pernapasan khusus (pranayama) yoga dapat meningkatkan fungsi vital paru-paru dan dapat melancarkan sistem pernapasan.

7. Mendukung Berat Badan Ideal
Penelitian menunjukkan bahwa latihan ini juga dapat membantu mengurangi persentase lemak tubuh serta lemak visceral, dan membantu menurunkan berat badan dengan menurunkan kortisol dan ghrelin, hormon rasa lapar. Dengan demikian, yoga juga dapat menurunkan berat badan berlebih.

8. Baik untuk Kinerja Seksual
Latihan yoga juga dapat membantu meningkatkan hubungan Anda. Gerakan yoga mampu membantu Anda meningkatkan fleksibilitas dan kekuatan, meredakan stres, meningkatkan aliran darah, membantu Anda fokus pada hal positif, serta dapat meningkatkan gairah dengan meningkatkan testosteron.

9. Mengistirahatkan Otot
Jika Anda rutin melatih otot, Anda tentu tahu bahwa tubuh Anda juga membutuhkan waktu untuk beristirahat. Saat Anda harus mengistirahatkan otot namun tetap ingin aktif bergerak, yoga dapat menjadi solusi Anda.

Dengan demikian 9 manfaat yoga untuk kesehatan pria. Selain dari melatih fisik dan mental, penting juga bagi Anda untuk mengkonsumsi makanan sehat dan memahami Cara yang Baik dan 5 Vitamin yang Bagus untuk Diet.