Dukung Semangat Anti Korupsi, Mahasiswa KKN UNDIP Ajarkan Nilai-nilai Anti Korupsi pada Anak-anak

Melalui edukasi dan penanaman nilai-nilai anti korupsi pada anak-anak ini, diharapkan dapat meminimalkan ketidakmerataan pembelajaran nilai-nilai anti korupsi .

Selasa, 28 Februari 2023 | 07:47 WIB
0
80
Dukung Semangat Anti Korupsi, Mahasiswa KKN UNDIP Ajarkan Nilai-nilai Anti Korupsi pada Anak-anak
Proses Sosialisasi Program Penanaman Nilai Anti Korupsi pada Anak - Anak Usia Sekolah Dasar

Desa Winduaji, Kabupaten Pekalongan (20/1). Korupsi merupakan fenomena klasik yang masih menjadi persoalan bagi Indonesia di masa sekarang. Upaya pemberantasan korupsi penting untuk diperhatikan sampai pada akar dimensi dan berbagai aspeknya.

Penanaman nilai-nilai anti korupsi perlu ditanamkan dari sejak usia dini. Langkah tersebut diambil sebagai salah satu jalan untuk menyiapkan generasi penerus yang bebas dari praktik korupsi demi masa depan Indonesia yang lebih baik.

Berkaitan dengan hal itu, mahasiswa KKN Universitas Diponegoro, Fatimah Kartika Ningrum dari jurusan Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, di Desa Winduaji, Kecamatan Paninggaran, Kabupaten Pekalongan, melaksanakan edukasi untuk menanamkan nilai-nilai anti korupsi pada anak-anak. Hal ini menyusul kurikulum anti korupsi yang belum dapat dilaksanakan secara merata pada setiap tingkatan pendidikan di Desa Winduaji sehingga pembelajaran anak-anak terhadap nilai-nilai anti korupsi menjadi minim. Ini sekaligus juga sebagai upaya mendukung program pemerintah.

Kegiatan ini dilaksanakan pada Jum'at, 20 Januari 2023 bertempat di SDN 02 Winduaji. Edukasi tentang nilai-nilai anti korupsi dihadiri oleh anak-anak kelas V sekolah dasar.

Kegiatan dimulai dengan perkenalan lalu diikuti dengan mini games untuk menarik antusias dan perhatian anak-anak. Kemudian dilanjutkan dengan pembelajaran nilai-nilai anti korupsi beserta contoh-contoh sederhana sikap anti korupsi yang dapat ditemui dalam kehidupan sehari-hari anak-anak. Terdapat 9 nilai anti korupsi yang dijelaskan, mencangkup jujur, tanggung jawab, disiplin, kerja keras, sederhana, mandiri, adil, peduli, dan berani. Kegiatan lalu diakhiri dengan sesi foto bersama.

Melalui edukasi dan penanaman nilai-nilai anti korupsi pada anak-anak ini, diharapkan dapat meminimalkan ketidakmerataan pembelajaran nilai-nilai anti korupsi di Desa Winduaji. Dengan demikian akan menjadikan kesempatan yang lebih besar untuk menyiapkan generasi yang terhindar dari praktik korupsi di masa depan.