Sudahkah Kedamaian Batiniah Terpenuhi?

Apa harapan terpenting yang perlu anda ketahui di sepanjang hidup, setidaknya berharap semua dalam keadaan sehat, semua harapan yang belum tercapai akan tercapai bila di sertai dengan doa dan kerja keras.

Minggu, 28 November 2021 | 10:11 WIB
0
140
Sudahkah Kedamaian Batiniah Terpenuhi?
Ilustrasi https://pixabay.com

Sudahkah Kedamaian Batiniah Terpenuhi?

Kedamaian menurut dunia ini terbatas. Kalau kedamaian aman, tenteram segala kebutuhan jasmani terpenuhi ini sudah dapat membuat "Bahagia" bagaimana bila keadaan sebaliknya atau tak menentu? Masihkah ada damai dan bahagia di hati kita. Jika kita mengalami masa-masa sukar, sulit diprediksi, apapun kekayaan yang kita miliki sekarang semuanya tidak ada artinya.

Bagaimana cara agar kedamaian itu tetap ada dalam batin kita, bila di isi dengan hal-hal positif dan bermakna "itulah arti kedamaian" berikut ini sebagian tips untuk Anda. 

1. Percaya Kepada Tuhan

Meyakini bahwa kebenaran itu mutlak, tidak diragukan kehadirannya dalam hidup.

2. Jangan menyimpan Dosa

Dosa adalah keadaan dimana seseorang terjatuh, meleset dari kebenaran dan menyimpang dari kebenaran yang sesungguhnya. Sehingga ia jatuh dalam dosa perzinahan, perselingkuhan, menyimpan dendam, ketamakan dll.

3. Hidup sesuai dengan Firman

Kebenaran adalah usaha Allah menyelamatkan manusia dari dosa dan menyatakan kasih-Nya kepada manusia agar taat kepada Firman dengan selaras kebenaran dan bebas dari jeratan dosa.

4. Menjaga hubungan dengan Tuhan

Pernahkan kita pacaran untuk menjaga sebuah hubungan agar tetap terjalin mesra, apapun rela korbankan demi menjaga hubungan agar tidak renggang. Jika kita menjaga hubungan baik dengan Tuhan perlu komunikasi setiap saat, ada macam-macam komunikasi, seperti:

a. Memuji dan menyembah
b. Berdoa
c. Baca Firman
d. Bersyukur atas pertolongan

5. Percaya akan janji-janji-Nya

Janji Tuhan itu ya dan Amin, kita pernah berjanji dengan seseorang agar tetap menjaga rahasia, janji pasangan suami/istri yang sedang ucapkan janji setia di hadapan Tuhan dan keluarga. Artinya manusia saja bisa menjaga rahasia asmara, komitmen kerja sama. Hanya Tuhan yang mampu menjaga rahasia, karena manusia masih banyak kekurangan-kekurangan.

6. Bersyukur

Bersyukur atas semua yang Tuhan kerjakan, sejauh ini. Namun manusia memiliki kebutuhan dasar akan rasa syukur, rasa aman, rasa sukacita sebab Ia baik, ada banyak kata syukur yang tidak terucap.

a. Syukur karena sehat
b. Syukur karena masih bernafas
c. Syukur karena diberikan kelimpahan
d. Syukur karena dikaruniai keturunan
e. Syukur karena diberikan umur panjang

7. Penuh harapan

Apa harapan terpenting yang perlu anda ketahui di sepanjang hidup, setidaknya berharap semua dalam keadaan sehat, semua harapan yang belum tercapai akan tercapai bila di sertai dengan doa dan kerja keras.

Refleksi hidup......

***