Jika Kecerdasan Menghidupkan Anda, Anda Bisa Menjadi Sapioseksual

Ketika dua sapioseksual yang intens berkumpul, keinginan bersama mereka untuk stimulasi otak menjadi bagian integral dari ikatan emosional.

Kamis, 10 Juni 2021 | 19:46 WIB
0
26
Jika Kecerdasan Menghidupkan Anda, Anda Bisa Menjadi Sapioseksual
illustr: BetterLYF

Itu tidak membuat Anda sombong, tidak realistis, atau aneh.

Poin Penting

  • Bagi sapioseksual, kecerdasan itu sendiri adalah "pengalih" sejati. Pasangan hidup ideal mereka adalah intelektual yang setara.
  • Ini adalah preferensi atau orientasi; tidak tergantung pada individu yang membuat mereka tertarik.
  • Sapioseksual berhak mendapatkan cinta dan kebahagiaan sama seperti orang lain, meskipun mungkin agak sulit ditemukan.

Kata 'sapio' berasal dari kata Latin 'sapere,' yang berarti bijaksana. Gagasan tertarik pada pikiran seseorang daripada tubuhnya bukanlah konsep baru dalam ranah hubungan romantis. Dari perspektif evolusi, menjalin hubungan dengan orang yang cerdas memiliki manfaat tertentu, seperti status sosial ekonomi yang berpotensi lebih tinggi atau keuntungan yang dapat diwariskan untuk keturunan Anda. Tetapi bagi sapioseksual, kecerdasan itu sendiri adalah 'pengalih' yang asli. Ini adalah kuncinya sendiri, tanpa manfaat tambahan.

Tes IQ tidak menggambarkan parameter yang dicari sapioseksual secara emosional pada calon pasangan. Bagi para sapioseksual, kecerdasan bukanlah angka.

Kemampuan seseorang untuk melakukan percakapan yang unik, tajam, mendalam, dan ingin tahu sangat menarik. Sebagai seorang sapioseksual, Anda mungkin juga secara fisik tertarik pada seseorang, tetapi jika Anda kemudian mengetahui bahwa orang tersebut tidak memiliki rasa ingin tahu, ketelitian intelektual, dan pikiran terbuka, hal-hal ini dapat menjadi pemecah kesepakatan.

Ketika seseorang menunjukkan kurangnya kesadaran umum tentang dunia, Anda mungkin dengan cepat merasa kecewa dan kehilangan minat.

Bagaimana rasanya ketika seorang sapioseksual bertemu dengan 'bangsanya'?

Kadang-kadang seorang sapioseksual ingin menguji batasnya sendiri dengan menjadi intim secara seksual dengan seseorang yang sebenarnya tidak dia minati dari intinya, tetapi dia akan segera melihat bahwa hubungan itu tidak dapat dipertahankan.

Sapioseksual yang mengenal diri mereka dengan baik akan mengatakan bahwa mereka skeptis tentang berinvestasi dalam suatu hubungan kecuali mereka tahu bahwa mereka dapat melakukan banyak percakapan yang baik dengan orang lain.

Dalam skenario yang ideal, pasangan hidup mereka akan setara dengan intelektual mereka.

Ketertarikan pada kesetaraan intelektual Anda bahkan bisa bersifat intuitif dan mengabaikan kesadaran Anda. Ini terutama benar jika Anda belum menyadari karunia Anda sendiri. Misalnya, Anda mungkin mendapati diri Anda tertarik pada orang-orang tertentu tanpa mengetahui alasannya, hanya untuk kemudian menyadari hal ini karena Anda secara tidak sadar telah menangkap tanda-tanda halus kecerdasan mereka.

Kualitas yang Anda cari dapat terwujud dalam banyak cara yang jelas dan tidak begitu jelas, seperti humor dan perhatian mereka.

Ketika Anda akhirnya bertemu seseorang yang setara dengan intelektual Anda, perasaan langsung Anda akan menjadi rasa lega, diikuti oleh kegembiraan, harapan, dan kecemasan.

Anda mungkin juga tiba-tiba merasa tidak aman dan membutuhkan karena kemungkinan keintiman memicu sistem keterikatan Anda menjadi aktif.

Anda mungkin kagum dalam kegembiraan saat Anda menyadari bahwa orang di depan Anda ini tidak menganggap kebiasaan Anda 'terlalu aneh'. Dia tidak melihat menjadi 'geek' atau 'nerd' sebagai sesuatu yang negatif; dia juga mengidentifikasi sebagai satu. Dia senang dengan humor Anda dan membalas dengan lelucon yang hanya akan didapatkan oleh beberapa orang.

Percakapan Anda memberi energi; Anda mungkin terus-menerus menyela satu sama lain dalam kegembiraan.

Anda dapat berbicara tentang berbagai subjek, dari politik hingga sains hingga budaya pop. Anda tidak merasa perlu mengedit diri sendiri atau mencairkan pesan Anda.

Anda tidak takut untuk mengungkapkan pendapat, mengambil sikap, memberikan penilaian kritis. Anda tidak takut bahwa mereka akan melihat kegembiraan alami Anda sebagai 'berlebihan', atau 'kepercayaan diri Anda' yang tenang sebagai 'kesombongan.'

'Akhirnya, seseorang mendapatkannya!' Dengan realisasi yang meyakinkan ini, Anda akan merasa bebas untuk membuka dan mengungkapkan lebih banyak bagian dari diri Anda. Dalam skenario kasus terbaik, melalui pertukaran seperti itu, Anda dapat secara bertahap sembuh dari luka yang disebut 'terlalu banyak.'

Jika Anda seorang sapioseksual, otak memang merupakan organ seks terbesar. Ketika seseorang mulai berbagi wawasan unik tentang suatu topik, gairah seluruh tubuh Anda naik ke tingkat berikutnya. Anda senang mendengarkan ide-ide yang mengakar dan mimpi terliar seseorang. Anda terpesona ketika mendengar seseorang berbicara dengan penuh pengetahuan dan penuh semangat.

Jika dia melawan keyakinan Anda dengan logika atau mengajari Anda sesuatu yang baru, Anda akan menganggapnya menarik. Ketika dua sapioseksual yang intens berkumpul, keinginan bersama mereka untuk stimulasi otak menjadi bagian integral dari ikatan emosional.

Apakah Sapioseksualitas Disalahpahami?

Saat ini, berkencan pada umumnya ditentukan oleh fenomena 'geser ke kiri atau gesek ke kanan'. Seorang sapioseksual mungkin merasa sendirian dan tersesat dalam lingkungan kencan seperti itu karena mereka lebih menghargai kecerdasan dan komunikasi daripada penampilan dan ingin menghabiskan waktu untuk mengenal seseorang sebelum menilai kemungkinan suatu hubungan. Anda cenderung mencari keunikan dalam pengalaman kencan Anda. Daripada melakukan apa yang orang lain bicarakan, Anda mungkin lebih suka mengalami hal yang aneh. Daripada makan di kafe populer atau pergi ke konser yang ramai, Anda lebih suka mengunjungi restoran yang tenang di mana Anda dapat melakukan percakapan yang baik atau mengunjungi tempat pertunjukan musik live yang kecil. Anda mungkin lebih menghargai komunikasi dan kebersamaan daripada aktivitas itu sendiri.

Sementara kecerdasan adalah yang paling penting bagi Anda, itu tidak berarti kualitas lain tidak penting. Hubungan jangka panjang membutuhkan sejumlah atribut yang kompatibel, termasuk ketertarikan fisik. Tidak mudah menemukan seseorang yang cocok dengan Anda secara intelektual dan juga emosional, seksual, dan romantis.

Mungkin juga sulit untuk menjelaskan harapan Anda kepada keluarga dan teman atau calon pasangan. Anda mungkin telah diberitahu bahwa standar Anda terlalu tinggi, atau bahwa Anda harus berkompromi. Memiliki pengalaman yang bergejolak secara emosional dalam adegan kencan atau hubungan jangka pendek yang berurutan juga dapat membuat Anda merasa tersesat dan bingung.

Memilikinya

Jika Anda telah berulang kali dikecewakan dan dikritik, Anda mungkin mulai meragukan diri sendiri. Anda mungkin melihat rekan-rekan Anda dan berharap jalan Anda menuju romansa lebih sederhana. Anda mungkin mulai bertanya-tanya apakah memang ada yang salah dengan diri Anda atau apakah standar Anda terlalu tinggi. Anda mungkin tergoda, lagi dan lagi, untuk menyerah pada keinginan Anda yang tulus dan menerima sesuatu yang lebih normatif.

Namun, jika Anda menyembunyikan, mengubah presentasi tentang siapa Anda, atau tunduk pada standar masyarakat, mereka yang mencari Anda tidak akan dapat melihat Anda, dan Anda mungkin kehilangan kesempatan untuk memiliki hubungan yang langgeng dan memuaskan dengan seseorang yang sama-sama tertarik pada jiwa Anda.

Menjadi seorang sapioseksual tidak membuat Anda 'sombong' atau 'tidak realistis'. Meskipun datang dengan kesulitan, itu tidak harus mengarah pada keputusasaan atau kesepian. Ini adalah preferensi atau orientasi; itu bukan terserah Anda kepada siapa Anda tertarik.

Hal terbaik yang dapat Anda lakukan, untuk menyadari siapa diri Anda sebenarnya, adalah menerimanya dan memanfaatkannya sebaik mungkin. Ingat: Bahkan jika Anda termasuk minoritas, yang Anda cari juga mencari Anda.

***
Solo, Kamis, 10 Juni 2021. 7:13 pm
'salam hangat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko