Alasan Orang Kristen Tidak Bisa Kerasukan Setan

Maka jika di dalam diri orang Kristen ada roh Allah yang menyertai, mustahil ada roh lain yang bisa menguasai orang itu karena orang itu sudah menaklukkan dirinya di bawah pimpinan Roh Allah.

Rabu, 14 Oktober 2020 | 16:48 WIB
0
563
Alasan Orang Kristen Tidak Bisa Kerasukan Setan
ilustrasi pixabay

Perlu digaris bawahi, Saya menulis ini bukan dalam rangka menantang setan.Tapi kalau memang ada yang nanya, apakah orang Kristen bisa kerasukan setan atau tidak, maka jawabannya adalah tidak.

Maka saya perlu menekankan dulu, bahwa pada Tulisan ini saya berbicara dalam konteks idealnya.Sebab orang Kristen juga sebenarnya terbagi bagi, ada yang benar orang Kristen sejati ada juga yang sekedar Kristen KTP.

Maka kalau saya katakan bahwa sesungguhnya orang kristen tidak bisa kerasukan setan, yang saya maksud disini adalah orang Kristen sejati. Memangnya orang Kristen sejati itu bagaimana sih?

Orang Kristen sejati singkatnya adalah orang yang memiliki iman yang benar dan hidup sesuai dengan perintah kitab suci, dalam hal ini tentu adalah alkitab.

Namun secara umum menurut saya pribadi orang yang kerasukan setan adalah orang yang sehari-harinya memang bersentuhan dengan dunia itu.

Contohnya, acara televisi yang dengan sengaja memasukkan setan dan roh jahat ke tubuh manusia. Dalam hal ini memang manusianyalah yang dengan sengaja mengganggu si setan.

Maka Manusia itulah yang dengan sengaja membuat dirinya bersentuhan dengan dimensi gaib.Maka kalau manusia itu kesurupan itu karena ulahnya sendiri.

Lalu pertanyaannya, Apakah kalau orang Kristen sejati melakukankan tindakan Seperti di atas, orang Kristen sejati tidak akan kesurupan?

Jawabannya adalah bukan soal kesurupannya atau tidak, tapi orang Kristen sejati mustahil melakukan hal tidak berfaedah semacam itu. Orang Kristen sejati tidak mungkin dengan sengaja menyerahkan dirinya untuk dimasuki roh jahat.

Orang Kristen sejati justru harusnya menengking kuasa gelap yang berusaha mengganggu kehidupannya.(Tapi saya tidak setuju dengan orang-orang Kristen yang suka terjun ke jalan-jalan lalu berdoa mengusir setan, pertanyaan saya, buat apa setan di jalanan diusir, kalau mereka pergi dari jalan, jangan-jangan nanti mereka masuk ke dalam rumah kita)

Dalam Lukas 4 ayat 31-37 diceritakan, suatu hari Yesus sedang mengajar di rumah ibadat orang Yahudi, saat Yesus sedang mengajar tiba-tiba ada seseorang yang kerasukan roh jahat.

Roh jahat itu membuat orang yang dirasukinya berteriak-teriak dan mengguncang-guncangkan badannya. Lalu Yesus menyuruh roh jahat itu diam dan mengusirnya keluar dari tubuh orang itu.

Dalam pasal itu diceritakan bagaimana roh jahat itu ketakutan menghadapi Yesus, sampai-sampai roh jahat itu bertanya,"Apa urusanmu dengan kami Hai Yesus orang Nazaret Apakah Engkau akan membinasakan kami?"

Disini para setan itu tahu bahwa kuasa yang ada pada mereka tetap tunduk di bawah pemerintahan Allah.Dalam iman Kristen Yesus adalah Allah yang menjadi manusia.

Orang Kristen sejati pasti memiliki roh Allah (Roh Kudus) di dalam dirinya.Dalam 1 Yohanes 4 ayat 4 tertulis, "Kamu berasal dari Allah, anak-anakku dan kamu telah mengalahkan nabi-nabi palsu itu, sebab Roh yang ada di dalam kamu lebih besar daripada roh yang ada di dalam dunia."

Inilah yang menjadi alasan bahwa orang Kristen sejati dalam pandangan Allah tidak mungkin kerasukan roh jahat.Karena Allah sendirilah yang menempatkan rohnya di dalam diri orang itu.Jika Roh Allah ada di dalam diri seseorang, Bagaimana mungkin ada kuasa gelap yang mampu masuk ke dalam diri orang tersebut.

Mustahillah cahaya terang dari Allah dan kuasa gelap bersatu di dalam diri seseorang.Karena terang dan gelap tidak Mungkin Bersatu. Dan lagi pula Allah bukanlah lawan yang sepadan untuk roh-roh jahat.

Cerita Yesus mengusir roh jahat di atas bukan mengartikan bahwa Yesus berkelahi dengan roh jahat, lalu berhasil mengusir roh jahat itu seperti yang dilakukan banyak orang pintar di televisi.

Saat Yesus mengusir roh jahat dari diri orang tersebut, Yesus melakukannya dengan penuh otoritas dan roh jahat itu pun keluar dari diri orang itu.Itu karena kuasa para roh jahat itu tunduk di bawah pemerintahan Allah yang menciptakan segala sesuatu.

Maka jika di dalam diri orang Kristen ada roh Allah yang menyertai, mustahil ada roh lain yang bisa menguasai orang itu karena orang itu sudah menaklukkan dirinya di bawah pimpinan Roh Allah.

Tuhan memberkati.

***