Isi Piringku: Sosialisasi Pencegahan Stunting di SDN 17 Ganting, Nagari Sitanang

Sosialisasi pencegahan stunting ini dilakukan untuk memberikan pengarahan serta penjelasan kepada siswa SD akan pentingnya pencegahan stunting sejak dini.

Sabtu, 2 September 2023 | 10:14 WIB
0
73
Isi Piringku: Sosialisasi Pencegahan Stunting di SDN 17 Ganting, Nagari Sitanang
Sosialisasi pencegahan stunting oleh mahasiswa KKN PPM Unand

Mahasiswa KKN PPM Unand di Nagari Sitanang mengadakan sosialisasi pencegahan stunting di SDN 17 Ganting, Nagari Sitanang. Stunting merupakan masalah gizi yang mengakibatkan kondisi tubuh mengalami keterlambatan proses pertumbuhan pada anak. Stunting biasanya terjadi karena kurangnya asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh anak. Stunting juga menjadi salah satu faktor utama yang menyebabkan tinggi anak terhambat. Salah satu ciri-ciri anak bergejala stunting yaitu, pertumbuhan dan perkembangan anak yang lambat dibanding teman seusianya, berat badan tidak naik bahkan menurun. Angka stunting yang tinggi, berpengaruh terhadap perkembangan tubuh serta pola pikir anak saat belajar. Pencegahan stunting merupakan proker utama mahasiswa KKN PPM Unand, yang bertujuan untuk mengurangi angka stunting di Indonesia.

 Pada tanggal 3 Agustus 2023, mahasiswa KKN PPM Universitas Andalas melaksanakan sosialisasi pencegahan stunting. Sosialisasi tersebut dilaksanakan dengan menggunakan sebuah media pembelajaran yaitu "Isi Piringku". Pada media tersebut terdapat empat bagian penting  yang harus ada  dalam piring saat makan. Dengan media ini siswa SD diharapkan dapat memahami dan mengerti apa saja isi dari piringku, seperti makanan pokok, lauk-pauk, sayur-mayur, dan buah-buahan. Setelah mengetahui keempat jenis dari media "Isi Piringku", para siswa mencoba untuk menjelaskan kembali bagian penting dari isi piring yang terdapat pada media yang diberikan serta dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari mengenai makanan yang sehat dan bergizi.

            Selain itu materi sosialisasi yang disampaikan bertema"Hidup Sehat, Gizi tercukupi". Tema tersebut berkesinambungan dengan program pencegahan stunting. Dengan pola hidup yang sehat, serta gizi yang tercukupi merupakan salah satu faktor pencegahan stunting yang sangat efektif. Sosialisasi tersebut memberikan penjelasan hidup sehat dengan gizi yang cukup, pola makan yang teratur dan seimbang. Karena kebanyakan gejala stunting disebabkan kurangnya asupan gizi pada anak.

Sosialisasi pencegahan stunting ini dilakukan untuk memberikan pengarahan serta penjelasan kepada siswa SD akan pentingnya pencegahan stunting sejak dini. Diharapkan pula dengan adanya sosialisasi kepada siswa SD merupakan langkah yang tepat bagi masyarakat terutama anak-anak yang mudah terdampak gejala stunting.

Penulis: Sri Mewan Lestari Putri 

Mahasiswa Sastra Indonesia, Universitas Andalas.