BAZNAS RI dan YASA Malang ke Lapas Kelas I Malang guna Tinjau Program Pembinaan Kepribadian

Kamis, 25 Mei 2023 | 15:18 WIB
0
31
BAZNAS RI dan YASA Malang ke Lapas Kelas I Malang guna Tinjau Program Pembinaan Kepribadian
BAZNAS RI dan YASA Malang ke Lapas Kelas I Malang guna Tinjau Program Pembinaan Kepribadian | dok.humaslapasmalang

LAPAS MALANG - Kamis (25/05/2023) Lapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jawa Timur mendapat kunjungan Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) RI dan YASA (Yayasan Amal Sosial Ash Shohwah) Malang.

Kunjungan ini dalam rangka melihat lebih dekat Program Pembinaan Kepribadian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) pada Rabu 24 Mei 2023. Rombongan datang sekitar pukul 14.00 WIB. Petugas yang menjadi Wali Pesantren At Taubah Lapas Kelas I Malang, Khoirul Anam menyambut langsung rombongan.

Rombongan melihat langsung Proses Belajar Mengajar Al-Qur'an Metode Ummi yang sedang berlangsung di Blok Cendrawasih yang juga merupakan blok Pesantren. Rombongan melihat WBP sedang belajar mengaji yang dibagi menjadi empat kelas. Andi Tricahyo, Direktur YASA Malang menjelaskan program kerjasama yang dilakukan YASA dan Lapas dalam bidang Pembinaan Kepribadian Warga Binaan. YASA Malang adalah salah satu lembaga yang bekerjasama dengan Lapas Kelas I Malang. Ada Penanggung jawab program khusus YASA Malang dengan menugaskan ustadz Choirul Anam yang menjadi Mudir Pondok Pesantren At Taubah Lapas.

Kunjungan ini memberikan inspirasi dan motivasi bagi Baznas RI dan YASA Malang untuk terus mendukung program pesantren di dalam lembaga pemasyarakatan lainnya. Mereka berharap agar upaya ini dapat memberikan kesempatan yang lebih besar bagi WBP untuk memperbaiki diri, mendapatkan pendidikan agama yang berkualitas, dan mempersiapkan mereka untuk kembali ke masyarakat dengan bekal yang lebih baik.

Petugas yang menjadi Wali Pesantren At Taubah Lapas Kelas I Malang, Khoirul Anam mengharapkan dengan adanya kunjungan Baznas RI dan YASA Malang bisa jadi sarana bertukar informasi dan kerjasama dalam Program Pembinaan Kepribadian bagi Warga Binaan untuk mempersiapkan mereka menjadi pribadi yang lebih baik.

Lembaga Pemasyarakatan/ Lapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jawa Timur adalah salah satu pilot project Lapas Industri dan Zona Integrasi (ZI) Wilayah Bebas dari Korupsi / Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBM) Unit Pelaksana Teknis/ UPT Pemasyarakatan di seluruh Indonesia. Perbaikan terus menerus dilakukan di Lapas Kelas 1 Malang ke arah yang lebih baik untuk pelayanan pada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) maupun Masyarakat.

Lapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jatim memiliki program pembinaan kepribadian dan kemandirian bagi seluruh WBP. Diharapkan dengan program pembinaan yang dilakukan bisa membuat WBP bisa menunjukkan penurunan tingkat resiko melakukan pidana kembali dengan berkelakukan baik juga bisa sebagai agen moral kebaikan saat telah bebas kembali ke Masyarakat. Lapas Kelas I Malang meraih Penghargaan sebagai Zona Integritas WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani). Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Malang adalah salah satu pilot project WBK/WBBM UPT Pemasyarakatan di seluruh Indonesia.


L'SIMA PASTI APIK !
(HUMAS LAPAS KELAS I MALANG)