Tujuh Antibiotik Alami yang Aman dan Efektif

Antibiotik alami yang secara tradisional digunakan selama berabad-abad dapat berkontribusi pada obat-obatan yang menyelamatkan jiwa di masa depan.

Jumat, 5 Juni 2020 | 21:27 WIB
0
245
Tujuh Antibiotik Alami yang Aman dan Efektif
Echinacea (foto: klikdokter)

Zat alami tertentu memiliki sifat antibakteri, tetapi mana yang aman untuk digunakan, dan kapan seseorang harus menggunakannya?

Antibiotik yang diresepkan, seperti penisilin, telah membantu orang pulih dari penyakit dan kondisi yang berakibat fatal sejak 1940-an.

Namun, orang juga beralih ke antibiotik alami untuk perawatan.

Menurut NHS, 1 dari 10 orang mengalami efek samping yang membahayakan sistem pencernaan setelah minum antibiotik. Sekitar 1 dari 15 orang alergi terhadap obat jenis ini.

Pada artikel ini, kita melihat bukti di balik tujuh antibiotik alami terbaik. Kami juga membahas yang harus dihindari, dan kapan harus pergi ke dokter.

Tujuh Antibiotik Alami Terbaik

Juri ilmiah masih belum tahu tentang antibiotik alami. Sementara orang telah menggunakan solusi seperti ini selama ratusan tahun, sebagian besar perawatan belum diuji secara menyeluruh.

Namun, beberapa menunjukkan hasil yang menjanjikan dalam tinjauan medis, dan studi lebih lanjut sedang berlangsung.

Dengan peningkatan berkelanjutan bakteri resisten obat, para ilmuwan mencari ke alam ketika mengembangkan obat baru.

Di sini, kami memeriksa ilmu di balik tujuh antibiotik alami.

1. Bawang Putih

Budaya di seluruh dunia telah lama mengenali bawang putih karena kekuatan preventif dan kuratifnya.

Penelitian telah menemukan bahwa bawang putih dapat menjadi pengobatan yang efektif terhadap berbagai bentuk bakteri, termasuk Salmonella dan Escherichia coli (E. coli). Bawang putih bahkan telah dipertimbangkan untuk digunakan melawan tuberkulosis yang kebal terhadap beberapa obat.

2. Madu

Sejak zaman Aristoteles, madu telah digunakan sebagai salep yang membantu menyembuhkan luka dan mencegah atau menghilangkan infeksi.

Para profesional kesehatan dewasa ini telah menemukan manfaatnya dalam mengobati luka kronis, luka bakar, bisul, luka baring, dan cangkok kulit. Misalnya, hasil penelitian tahun 2016 menunjukkan bahwa pembalut madu dapat membantu menyembuhkan luka.

Efek antibakteri madu biasanya dikaitkan dengan kandungan hidrogen peroksida. Namun, madu manuka melawan bakteri, meskipun memiliki kandungan hidrogen peroksida yang lebih rendah.

Sebuah studi 2011 melaporkan bahwa jenis madu yang paling terkenal menghambat sekitar 60 jenis bakteri. Ini juga menunjukkan bahwa madu berhasil mengobati luka yang terinfeksi Staphylococcus aureus yang resisten methicillin (MRSA).

Selain sifat antibakteri, madu dapat membantu menyembuhkan luka dengan menyediakan lapisan pelindung yang menumbuhkan lingkungan yang lembab.

3. Jahe

Komunitas ilmiah juga mengakui jahe sebagai antibiotik alami. Beberapa penelitian, termasuk satu yang diterbitkan pada tahun 2017, telah menunjukkan kemampuan jahe untuk melawan banyak jenis bakteri.

Para peneliti juga mengeksplorasi kekuatan jahe untuk memerangi mabuk laut dan mual dan untuk menurunkan kadar gula darah.

4. Echinacea

Penduduk asli Amerika dan tabib tradisional lainnya telah menggunakan echinacea selama ratusan tahun untuk mengobati infeksi dan luka. Para peneliti mulai memahami alasannya.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Biomedicine and Biotechnology melaporkan bahwa ekstrak Echinacea purpurea dapat membunuh berbagai jenis bakteri, termasuk Streptococcus pyogenes (S. pyogenes).

S. pyogenes bertanggung jawab untuk radang tenggorokan, sindrom syok toksik, dan "penyakit pemakan daging" yang dikenal sebagai necrotizing fasciitis.

Echinacea juga dapat melawan peradangan yang terkait dengan infeksi bakteri. Ini tersedia untuk dibeli di toko kesehatan atau online.

5. Goldenseal

Goldenseal biasanya dikonsumsi dalam teh atau kapsul untuk mengatasi masalah pernapasan dan pencernaan. Namun, itu juga dapat memerangi diare bakteri dan infeksi saluran kemih.

Selain itu, hasil penelitian terbaru mendukung penggunaan goldenseal untuk mengobati infeksi kulit. Di laboratorium, ekstrak goldenseal digunakan untuk mencegah MRSA dari kerusakan jaringan.

Seseorang yang menggunakan obat resep harus memeriksakan diri ke dokter sebelum menggunakan goldenseal, karena suplemen ini dapat menyebabkan gangguan.

Goldenseal juga mengandung berberin, komponen penting dari antibiotik alami. Alkaloid ini tidak aman untuk bayi, atau wanita yang sedang hamil atau menyusui.

Kapsul Goldenseal tersedia untuk dibeli di toko kesehatan atau online.

6. Cengkeh

Cengkeh secara tradisional telah digunakan dalam prosedur gigi. Penelitian sekarang menemukan bahwa ekstrak air cengkeh mungkin efektif terhadap berbagai jenis bakteri, termasuk E. coli.

7. Oregano

Beberapa percaya bahwa oregano meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan bertindak sebagai antioksidan. Ini mungkin memiliki sifat anti-inflamasi.

Sementara para peneliti belum memverifikasi klaim-klaim ini, beberapa penelitian menunjukkan bahwa oregano adalah salah satu antibiotik alami yang lebih efektif, terutama ketika itu dibuat menjadi minyak.

Risiko Antibiotik Alami

Hanya karena sesuatu diberi label alami, itu belum tentu aman.

Jumlah dan konsentrasi bahan aktif bervariasi di antara merek suplemen. Baca label dengan cermat. Seseorang juga harus memberi tahu penyedia layanan kesehatan mereka jika mereka berencana untuk mengambil suplemen ini.

Sementara bawang putih yang dimasak biasanya aman dikonsumsi, penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi bawang putih pekat dapat meningkatkan risiko perdarahan. Ini bisa berbahaya bagi orang yang menghadapi operasi atau mengambil pengencer darah.

Konsentrat bawang putih juga dapat mengurangi kegunaan obat HIV.

Produk-produk tertentu harus dihindari, termasuk koloid perak. Zat ini terdiri dari keping mikroskopis perak yang tersuspensi dalam air.

Perak koloid telah direkomendasikan sebagai pengobatan untuk berbagai penyakit, termasuk penyakit pes dan HIV. Namun, menurut Pusat Nasional untuk Kesehatan Pelengkap dan Integratif, itu bisa berbahaya, dan tidak ada penelitian yang dapat dipercaya mendukung penggunaan ini.

Mengambil suplemen koloid perak dapat mengganggu efektivitas antibiotik dan obat yang digunakan untuk mengobati kelenjar tiroid yang kurang aktif.

Perak juga dapat menumpuk di tubuh dan mengubah kulit menjadi abu-abu kebiruan. Kondisi ini disebut argyria dan bersifat permanen pada kebanyakan orang.

Kapan Harus Menggunakan Antibiotik yang Diresepkan

Karena peningkatan saat ini dalam penyakit yang resistan terhadap obat, kebanyakan dokter tidak meresepkan antibiotik kecuali mereka efektif dan diperlukan.

Antibiotik paling sering diresepkan untuk:

  • mencegah penyebaran penyakit menular
  • mencegah suatu kondisi menjadi lebih serius atau fatal
  • mempercepat pemulihan dari penyakit atau cedera
  • mencegah perkembangan komplikasi

Jika seseorang diresepkan antibiotik, mereka harus mengambil seluruh dosis sesuai petunjuk. Hal ini terutama didorong pada orang dengan risiko infeksi bakteri yang lebih tinggi, atau yang menghadapi risiko lebih besar jika menjadi sakit, seperti orang yang:

  • dijadwalkan untuk operasi
  • menerima kemoterapi
  • HIV-positif
  • mengambil insulin untuk diabetes
  • hidup dengan gagal jantung
  • pulih dari luka serius
  • lebih dari 75 tahun
  • di bawah 3 hari

Ketika seseorang alergi terhadap resep antibiotik atau menderita efek samping, mereka mungkin ingin mendiskusikan pilihan lain dengan dokter.

Pandangan

Menurut the Centers for Disease Control and Prevention (CDC), Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, setiap tahun lebih dari 2 juta orang Amerika menjadi tidak sehat dari bakteri yang resistan terhadap obat, yang mengakibatkan 23.000 kematian tahunan.

Bakteri ini merupakan ancaman yang terus tumbuh, dan kunci untuk mengembangkan obat baru dan efektif mungkin terletak pada perawatan antibiotik alami masa lalu.

Sementara antibiotik alami dapat memberikan peluang, mereka juga membawa risiko. Namun, penelitian terhadap perawatan ini terus berkembang, dan semakin banyak zat yang sedang diuji. Antibiotik alami yang secara tradisional digunakan selama berabad-abad dapat berkontribusi pada obat-obatan yang menyelamatkan jiwa di masa depan.

(Materials provided by Medical News Today)

***
Solo, Jumat, 5 Juni 2020. 8:48 pm
'salam sehat penuh cinta'
Suko Waspodo
antologi puisi suko