Kesalahan Mati, Eropa Pusat Pandemi Covid-19

WHO juga mengumumkan pembentukan dana baru, yang ditargetkan untuk menarik sumbangan dari perusahaan, organisasi dan individu untuk membantu memerangi pandemi.

Selasa, 17 Maret 2020 | 07:43 WIB
0
236
Kesalahan Mati, Eropa Pusat Pandemi Covid-19
Corona di Italia (Foto: wartaekonomi.co.id)

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan pada Jumat (13/3/2020) bahwa Eropa sekarang adalah "pusat" pandemi global coronavirus dan memperingatkan bahwa tidak mungkin untuk mengetahui kapan wabah akan memuncak (channelnewsasia).

Benua Eropa sekarang "Lebih banyak melaporkan kasus dan kematian lebih banyak dibandingkan gabungan seluruh dunia, selain dari China", kata Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus.

Tedros berbicara di sebuah konferensi pers yang diadakan untuk menghindari potensi penyebaran virus di kalangan wartawan.

"Lebih banyak kasus sekarang dilaporkan setiap hari daripada yang dilaporkan di China pada puncak epidemi," katanya, merujuk pada jumlah global.

Indonesia versus Covid-19

Indonesia melaporkan ke WHO, jumlah yg terinfeksi Covid-19 sebanyak 96, sehari sebelumnya 69 orang hingga kini yg meninggal dunia 5 orsng dan sembuh 8. Presiden mengeluarkan inpres menunjuk Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo (Kepala BNPB) sebagai Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19. Sementara Gubernur DKI Anies Baswedan mengeluarkan peta sebaran COVID-19 di DKI Jakarta, meliburkan sekolah selama dua pekan dan menutup tempat2 rekreasi.

Sementara mantan Wapres Jusuf Kalla menyarankan Jakarta Lock Down, dgn alasan kenaikan yang terinfeksi sekitar 40 persen /hari. Bila kondisi serta strategi tidak berubah, dlm seminggu bisa mencapai 1.000 orang kata JK, yang penting menyelamatkan orabg/nyawa, soal ekonomi dam lainnya nomor dua.

Presiden Jokowi beberapa waktu yg lalu telah disurati DirjenWHO,Tedros Adhanom dan juga menelponnya. WHO memberikan beberapa rekomendasi, diantaranya agar Indonesia menyatakan darurat nasional dan memperbaiki komunikasi.

Thedros menyarankan bagi negara yang terdapat kasus tak terdeteksi untuk mengikuti sejumlah langkah rekomendasi dari WHO. Di antaranya dengan mendeklarasikan darurat nasional. Mengedukasi dan aktif berkomunikasi dengan publik soal risikonya dan melibatkan masyarakat. Indonesia prihatin Menhub Budi Karya Sumadi akhirnya positif terinfeksi COVID-19, kini dirawat di RSPAD Gatot Soebroto, sbg plt ditunjuk presiden adalah Menko Maririm Luhut Panjaitan.

Jangan Biarkan Api Menyala

Peringatan WHO tentang demikian berbahayanya Virus itu, pertama kali muncul di China pada Desember 2019, yang hingga kini telah menewaskan lebih dari 5.000 orang, dengan kasus di seluruh dunia melampaui 134.000, menurut hitungan AFP.

Korban tewas melewati 5.000 adalah "tonggak tragis", kata Tedros.

Bagian penting pernyataan Tedros, "Anda tidak dapat melawan virus jika Anda tidak tahu di mana itu," katanya. Dia menyerukan kepada negara-negara untuk "menemukan, mengisolasi, menguji dan menangani setiap kasus, untuk memutus rantai penularan."

"Jangan biarkan api ini menyala," katanya.

"Setiap negara yang melihat pengalaman negara lain dengan epidemi besar dan berpikir, 'Itu tidak akan terjadi pada kita' adalah membuat kesalahan yang mematikan." tegas Tedros.

Michael Ryan, yang memimpin program darurat WHO, menekankan yang paling penting, adalah bertindak. "Kesalahan terbesar adalah tidak bergerak, kesalahan terbesar saat dilumpuhkan oleh ketakutan akan kegagalan,"

WHO juga mengumumkan pembentukan dana baru, yang ditargetkan untuk menarik sumbangan dari perusahaan, organisasi dan individu untuk membantu memerangi pandemi.

Dana Respons Solidaritas COVID-19, yang akan dijalankan oleh Yayasan PBB di Amerika Serikat dan Yayasan Filantropi Swiss, dimulai Jumat dengan sejumlah sumbangan multi-juta dolar dari Facebook, Google, dan lainnya.

"Kami membutuhkan semua tangan di atas geladak," kata kepala Dana PBB Elizabeth Cousens kepada wartawan.

"Ini belum terlambat, jadi di mana pun Anda tinggal, kami membutuhkan bantuan Anda untuk memerangi virus ini untuk semua komunitas kami." katanya. Semoga bermanfaat.

***