Cara Mengidentifikasi Faktor-Faktor yang Memengaruhi Penularan COVID-19

Jumat, 27 Maret 2020 | 14:49 WIB
0
304
Cara Mengidentifikasi Faktor-Faktor yang Memengaruhi Penularan COVID-19
ilustr: The Guardian

Masih banyak yang tidak diketahui tentang bagaimana SARS-CoV-2, virus yang menyebabkan COVID-19, menyebar ke seluruh lingkungan. Alasan utama untuk ini adalah bahwa perilaku dan sifat virus sangat bervariasi - beberapa menyebar lebih mudah melalui air, yang lain melalui udara; beberapa dibungkus lapisan molekul lemak yang membantu mereka menghindari sistem kekebalan inang mereka, sementara yang lain 'telanjang'.

Hal ini membuatnya mendesak bagi para insinyur dan ilmuwan lingkungan untuk berkolaborasi dalam menentukan karakteristik virus dan lingkungan yang memengaruhi penularan melalui permukaan, udara dan kotoran, menurut Alexandria Boehm, seorang profesor teknik sipil dan lingkungan Stanford, dan Krista Wigginton, the Shimizu Visiting Professor di Stanford's Department of Civil and Environmental Engineering dan asosiasi guru besar di University of Michigan.

Boehm dan Wigginton bersama-sama menulis sudut pandang yang baru-baru ini diterbitkan dalam Environmental Science & Technology yang menyerukan pendekatan yang lebih luas, jangka panjang dan lebih kuantitatif untuk memahami virus, seperti SARS-CoV-2, yang menyebar melalui lingkungan. Mereka juga peneliti utama pada proyek yang didanai National Science Foundation yang baru-baru ini diumumkan untuk memelajari transfer coronavirus antara kulit dan bahan lain, efek UV dan sinar matahari pada coronavirus, dan hubungan antara wabah penyakit dan konsentrasi virus dalam air limbah.

Para ilmuwan dan pakar medis tidak memiliki pemahaman yang baik tentang karakteristik virus dan faktor lingkungan apa yang mengendalikan persistensi virus di lingkungan - misalnya, dalam aerosol dan tetesan, pada permukaan termasuk kulit dan air termasuk air laut, menurut Boehm dan Wigginton. "Ketika virus baru muncul dan menimbulkan risiko bagi kesehatan manusia, kami tidak memiliki cara yang baik untuk memprediksi bagaimana ia akan berperilaku di lingkungan," kata Boehm.

Sebagian dari masalah ini secara historis ada dana yang terbatas untuk jenis pekerjaan ini. National Institutes of Health secara historis belum mendanai pekerjaan patogen di lingkungan, dan pendanaan di National Science Foundation untuk pekerjaan ini terbatas. Juga, coronavirus dan sebagian besar virus yang muncul yang telah menarik perhatian dunia selama dekade terakhir adalah virus yang diselimuti yang dibungkus lapisan luar molekul lemak berlemak yang telah mereka curi dari inangnya. Protein pada permukaan amplop dapat membantu virus-virus ini menghindari sistem kekebalan organisme yang mereka infeksi. "Ada lebih banyak pekerjaan pada nasib virus yang tidak diselimuti atau telanjang karena kebanyakan patogen usus dalam kotoran adalah virus yang tidak berkembang - seperti norovirus dan rotavirus," kata Wigginton.

Dalam makalah mereka, Boem dan Wigginton membahas potensi ancaman yang ditimbulkan oleh virus seperti SARS-CoV-2 terhadap sumber air. Kami biasanya hanya khawatir tentang virus dalam air jika mereka dikeluarkan oleh manusia dalam kotoran dan urin mereka. Sebagian besar virus yang diselimuti tidak diekskresikan dalam feses atau urin, jadi mereka biasanya tidak ada dalam pikiran kita ketika menyangkut sumber air kita. Ada semakin banyak bukti bahwa virus SARS-CoV-2, atau setidaknya genomnya, diekskresikan dalam feses. Jika virus infektif dikeluarkan, maka paparan tinja dapat menjadi rute penularan, menurut Boehm, yang menambahkan, "Ini tidak mungkin ini menjadi rute penularan utama, tetapi seseorang berpotensi terpapar dengan berinteraksi dengan air yang terkontaminasi dengan feses yang tidak dirawat. . "

Sistem pengolahan air minum memiliki banyak hambatan perawatan untuk menghilangkan virus yang paling umum dan virus yang paling sulit untuk dihilangkan, menurut para insinyur. Penelitian tentang virus yang mirip dengan virus SARS-CoV-2 menunjukkan bahwa mereka rentan terhadap perawatan ini. "Dalam hal konsentrasi dan kegigihan virus, ini bukan skenario terburuk," kata Wigginton.

Secara luas, tulis Wigginton dan Boehm, kita cenderung memelajari virus dengan sangat intens ketika ada wabah, tetapi hasil dari satu virus tidak mudah diekstrapolasi ke virus lain yang muncul bertahun-tahun kemudian. "Jika kita mengambil pendekatan yang lebih luas untuk memelajari berbagai jenis virus, kita dapat lebih memahami karakteristik yang menggerakkan nasib lingkungan mereka," kata Wigginton.

Kedua peneliti meminta para ahli di berbagai bidang - termasuk kedokteran dan teknik dan - untuk bekerja bersama untuk memajukan metode lebih cepat, membuat penemuan dan merumuskan strategi yang tidak mungkin dilakukan secara mandiri.

(Materials provided by Stanford University)

***
Solo, Jumat, 27 Maret 2020. 2:30 pm
'salam sehat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko