Manajemen Konflik [5] Keterampilan Manajemen Konflik

Jangan sia-siakan energi Anda untuk orang yang terlalu ngotot dan tidak mau berkompromi sama sekali.

Sabtu, 6 Maret 2021 | 19:09 WIB
0
228
Manajemen Konflik [5]  Keterampilan Manajemen Konflik
ilustr: CAOS Conflict Management

Manajemen konflik memainkan peran yang sangat penting dalam mencegah konflik antar individu. Bagaimana konflik muncul? Ketika individu sangat menentang pendapat dan ide satu sama lain, kemungkinan konflik muncul. Konflik dimulai ketika individu berpikir di jalur yang berbeda dan merasa sangat sulit untuk menerima ide satu sama lain.

Konflik harus dihindari karena merusak perdamaian, menurunkan produktivitas serta menurunkan motivasi individu. Semua faktor yang menyebabkan perkelahian harus dieksplorasi dan upaya harus dilakukan untuk mencegah konflik. Konflik tidak mudah dikendalikan; seorang individu membutuhkan keterampilan tertentu untuk hal yang sama.

Mari kita pelajari keterampilannya secara detail.

1. Kemampuan komunikasi efektif

Keterampilan komunikasi yang efektif sangat penting untuk mencegah konflik. Saat berinteraksi dengan orang lain, Anda harus berhati-hati dalam berbicara dan cara Anda berbicara. Jangan pernah berteriak pada siapa pun, bahkan jika Anda tidak setuju dengannya. Selalu berbicara dengan sopan tapi meyakinkan. Sapa orang lain dengan senyum hangat. Berhasil.

Bersikaplah sangat spesifik dan tepat dalam pidato Anda. Jangan menggunakan kata-kata yang rumit dan membingungkan orang lain. Kendalikan lidah Anda dan jangan gunakan kata-kata yang dapat melukai perasaan orang lain. Hindari menggunakan bahasa yang kasar.

2. Keterampilan Mendengarkan

Seseorang tidak boleh memberikan komentar ahli kecuali dan sampai dia sangat jelas tentang apa yang diinginkan orang lain. Selalu jadilah pendengar yang baik. Jangan langsung mengambil kesimpulan dan menganggap semuanya sendiri. Selalu dengarkan juga sisi lain dari cerita tersebut.

3. Diskusi

Jangan hanya mengikuti rumor yang beredar secara membabi buta, lakukan diskusi dengan orang lain juga. Perbedaan dapat muncul kapan saja, tetapi pertarungan tidak akan memberikan solusi. Itu selalu lebih baik untuk duduk dan mendiskusikan masalah di forum terbuka.

Semua peserta harus memberikan masukan dan upaya harus dilakukan untuk mencari alternatif. Undang semua anggota yang terlibat dan jangan pernah mengabaikan siapa pun karena itu tidak akan pernah menyelesaikan masalah. Setiap orang berhak untuk mengungkapkan pandangannya dan jalan tengah harus ditemukan.

4. Kesabaran

Seseorang harus sangat sabar untuk menghindari konflik. Akan ada orang di tempat kerja Anda dan bahkan di rumah yang akan mencoba memprovokasi Anda untuk berkelahi. Tidak pernah terpengaruh. Selalu ikuti naluri Anda dan dukung apa yang benar. Bersikaplah sangat bijaksana dan sabar. Belajarlah untuk mengendalikan emosi Anda. Jangan pernah marah karena hanya akan memperburuk keadaan.

5. Tidak memihak

Seseorang harus tidak memihak untuk menghindari konflik. Jangan selalu mendukung teman Anda. Pertahankan apa yang benar dan jangan pernah mendukung apa yang salah. Setiap individu, bahkan jika dia adalah teman Anda, harus diperbaiki jika Anda merasa dia salah. Dengarkan semua orang dan jangan pernah mengabaikan siapa pun hanya karena Anda tidak mengenalnya.

6. Jangan pernah mengkritik

Buat orang lain mengerti jika dia salah. Jangan mengkritiknya karena itu pasti akan melukai perasaannya. Orang lain mungkin tidak secerdas Anda, tetapi Anda tidak berhak mengolok-oloknya. Orang lain akan memandang Anda jika Anda membimbing orang lain dengan baik dan membuatnya menyadari kesalahannya.

7. Sikap positif

Sikap positif penting untuk menghindari pertengkaran dan konflik. Di kantor, jangan pernah memainkan game Blame. Tidak ada orang yang sempurna dan jika Anda melakukan kesalahan, beranikan diri untuk menerimanya. Manusia pasti membuat kesalahan tetapi tidak pernah mencoba menyalahkan orang lain. Hindari fitnah karena hanya merusak hubungan. Jika Anda tidak setuju dengan pandangan siapa pun, berdiskusi dengannya di wajahnya, dia akan menyukainya. Jangan selalu menemukan kesalahan pada orang lain dan jadilah sedikit lebih menyesuaikan karena hidup adalah tentang penyesuaian.

8. Abaikan orang lain

Individu harus mencoba mengadopsi pendekatan jalan tengah yang mempertimbangkan kepentingan satu dan semua. Jangan sia-siakan energi Anda untuk orang yang terlalu ngotot dan tidak mau berkompromi sama sekali. Abaikan orang yang terlalu menuntut karena itu akan menyelesaikan setengah dari masalah Anda.

***
Solo, Sabtu, 6 Maret 2021. 6:23 pm
'salam sukses penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko