Etiskah Memosting Foto Orang Sakit?

Contoh yang "senang" fotonya waktu diopname di-share di medsos adalah Ibu Ani Yudhoyono saat beliau di-chemo di Singapura.

Selasa, 16 Maret 2021 | 09:07 WIB
0
187
Etiskah Memosting Foto Orang Sakit?
Ilustrasi orang (Foto: detik.com)

Sudah lama saya terusik dengan hal yang satu ini: melihat postingan foto orang yang sedang terbaring sakit di rumah sakit.

Postingan ini tentu dimuat di medsos dan seperti biasa terus menyebar karena di-forward berkali-kali.

Orang yang sakit ini bisa teman lama, bisa kolega, bisa juga orang yang terkenal (public figures), malah bisa juga diri sendiri (memotret diri sendiri yang sedang opname di RS).

Seblum adanya medsos, nyaris tak pernah kita melihat foto orang yang terbaring sakit di RS. Kita hanya mendapat kabar bahwa si A sedang dirawat mondok karena sakit tifus, malaria, DBD bla...bla... bla.

Semuanya berubah setelah ada medsos. Foto teman/anggota keluarga yang lagi dirawat di RS diumbar di medsos. Si sakit yang sedang dipasangi selang macam-macam (infus, oksigen, NGT dll) berpose dikelilingi di sebelah kiri kanan bed teman-teman yang bezoek atau anggota keluarganya.

Sementara si sakit karena lemah tak berdaya (feeble) cuma pasrah saja diambil fotonya. Saya yakin semua orang tidak berkenan diambil fotonya pada saat wajahnya kusut, mukanya kurus karena sakit.

Dari seribu orang mungkin hanya 1 atau 2 org yang senang diambil fotonya dlm kondisi sakit serius (kalo tidak serius tentu tidak akan diopname di RS).

Ini wilayah yang sangat private, menurut saya. Tidak appropriate (tidak pantas) untuk diumbar ke medsos dengan alasan apa pun. Sekalipun si sakit tidak berkeberatan untuk di-upload di medsos. Kendatipun si sakit senang foto dirinya sedang diopname di-share di medsos.

Contoh yang "senang" fotonya waktu diopname di-share di medsos adalah Ibu Ani Yudhoyono saat beliau di-chemo di Singapura.

Ini personal opinion (pendapat pribadi) saya. Netizen yang tidak setuju dengan opini saya monggo saja. Tiap orang toh berhak memiliki point of view sendiri.

***