9 Tips Efektif Agar Lebih Ambisius dalam Hidup

Pastikan Anda menghabiskan waktu dengan sehat. Memanjakan diri secara berlebihan dalam istirahat dan relaksasi tidak akan membantu Anda menjadi lebih ambisius.

Rabu, 25 November 2020 | 14:26 WIB
0
71
9 Tips Efektif Agar Lebih Ambisius dalam Hidup
ilustr: FlexJobs

Ambisi tidak datang dengan mudah bagi semua orang. Terkadang cukup sulit untuk mengumpulkan energi yang cukup untuk bangun dari tempat tidur, apalagi merintis jalan baru menuju kesuksesan yang Anda cari.

Kabar baiknya adalah bahwa ambisi adalah sesuatu yang bisa dipelajari dan dikembangkan. Itu adalah sesuatu yang dapat Anda pelihara dan kembangkan dalam diri Anda saat Anda melihat ke depan untuk tujuan apa pun yang ingin Anda capai.

Ada satu rahasia kecil yang mungkin tidak Anda sadari tentang ambisi dan orang yang ambisius. Dan rahasia itu adalah bahwa orang yang ambisius tidak selalu 100% ambisius.

Mereka menderita patah hati, kemunduran, dan kegagalan. Rencana mereka tidak selalu sesuai harapan, atau kesuksesan terlihat berbeda dari yang mereka bayangkan.

Orang yang ambisius bukanlah mesin yang sempurna yang tahu persis apa yang mereka inginkan dan jalur ideal untuk mencapainya. Faktanya, banyak orang hanya memiliki gagasan tentang ke mana mereka ingin berada, tetapi tidak mencari tahu jalan menuju ke sana.

Singkatnya, orang yang ambisius adalah orang yang sama seperti Anda.

Tidak ada alasan mengapa Anda tidak dapat mengadopsi strategi serupa untuk membuat dan mencapai tujuan yang Anda inginkan untuk hidup Anda. Anda hanya perlu belajar cara mengembangkan ambisi untuk membangun kehidupan yang Anda inginkan.

1. Temukan Motivasi Anda

Mengapa Anda melakukan apa yang Anda lakukan? Mengapa Anda ingin menjadi ambisius?

Apakah Anda menginginkan kehidupan yang lebih baik? Uang lebih? Hubungan yang lebih baik? Menguasai suatu keterampilan?

Apa motivasi besar yang membuat Anda ingin menjadi lebih ambisius? Definisikan dengan jelas.

Anda mungkin merasa terbantu untuk menuliskannya dan meletakkannya di suatu tempat yang dapat Anda lihat dengan mudah sebagai pengingat mengapa Anda mencurahkan waktu luang dan energi untuk tujuan ini.

Dengan begitu, ketika Anda mulai bimbang atau tidak ingin bekerja, Anda dapat memiliki pengingat yang jelas mengapa Anda perlu melakukannya.

2. Tetapkan Tujuan

Pendekatan kehidupan yang berorientasi pada tujuan adalah cara yang fantastis untuk membangun ambisi dan menemukan kesuksesan yang Anda cari.

Ini umumnya dimulai dengan tujuan besar yang mungkin terlihat seperti motivasi Anda:

“Saya ingin makan lebih sehat dan berolahraga lebih banyak.”

"Saya ingin karier yang bergaji lebih baik."

"Saya ingin lebih bahagia."

Tujuan yang besar dan menyeluruh itu akan membantu menginformasikan dan mengisi tujuan yang lebih kecil yang akan membawa Anda ke sana. Anda dapat mulai dari masalah dan merekayasa balik solusi untuk membentuk tujuan yang lebih kecil ini.

Anda tahu Anda ingin makan lebih sehat dan berolahraga lebih banyak; tujuan kecil apa yang membantu Anda melakukan itu? Anda dapat mempelajari tentang nutrisi, cara makan yang lebih sehat, dan mengembangkan rutinitas olahraga.

Dan jika Anda tidak dapat melakukan semua itu sendiri, mungkin ada baiknya untuk berkonsultasi dengan ahli gizi atau pelatih pribadi yang dapat memberikan pengetahuan yang tidak Anda miliki.

Setiap tujuan kecil yang Anda tetapkan dan capai akan membawa Anda lebih dekat untuk memenuhi tujuan besar Anda.

Keberhasilan kecil juga membantu memberikan sedikit dorongan bahan kimia perasaan-baik yang Anda dapatkan ketika Anda berhasil dalam sesuatu. Ini adalah lingkaran kebajikan yang membantu membuat Anda lebih ambisius sedikit demi sedikit.

3. Ambil Tindakan

Tidak ada yang salah dengan melakukan penelitian dan membuat rencana sebelum Anda berangkat untuk mengejar ambisi Anda.

Ini menjadi masalah ketika Anda mulai mencurahkan lebih banyak energi untuk perencanaan daripada benar-benar mengerjakan tujuan Anda.

Beberapa orang juga mengalami "kelumpuhan analisis", yaitu ketika seseorang dihadapkan pada atau menemukan begitu banyak pilihan sehingga mereka tidak dapat mengambil keputusan. Mereka tidak tahu mana yang benar, jadi mereka sama sekali menghindari pengambilan keputusan.

Cara untuk mengatasi kebuntuan ini adalah dengan bekerja. Masalahnya, Anda tidak akan pernah bisa mengetahui semua hasil potensial dan masalah yang akan Anda hadapi. Satu-satunya cara Anda akan mengetahuinya adalah dengan benar-benar melakukan pekerjaan, mengalami masalah, dan mencari solusi.

Lakukan riset, buat rencana, dan mulai bekerja. Jika Anda mengalami masalah, cari solusi untuk masalah tersebut. Jika tampaknya tidak ada solusi, Anda perlu mengubah arah dan mengubah arah untuk beradaptasi dengan pengalaman baru yang Anda peroleh ini.

Kemunduran, solusi, dan solusi tidak perlu ditakuti. Begitulah cara menyelesaikan banyak hal yang berharga.

Ingatlah bahwa ambisi bukanlah apa-apa tanpa tindakan.

4. Investasikan Diri Anda

Berinvestasi pada diri sendiri selalu merupakan investasi yang baik. Yaitu, meningkatkan pengetahuan atau keterampilan melalui media, mengikuti kelas, atau bimbingan.

Orang-orang yang ambisius secara teratur akan membelanjakan uang untuk hal-hal ini dengan aman karena mengetahui bahwa mereka akan mengembalikan jumlah yang jauh lebih besar di masa mendatang.

Meskipun Anda merasa bahwa pengetahuan tersebut tidak segera membantu situasi Anda saat ini, pengetahuan tersebut mungkin berguna di kemudian hari atau mungkin menyoroti apa yang tidak boleh Anda lakukan.

Mengetahui jalan yang tidak boleh diambil sama berharganya karena dapat menghemat waktu bertahun-tahun kerja yang tidak berakhir seperti yang Anda kira.

5. Kembangkan Kesabaran dan Fokus

Kesabaran sangat penting untuk menciptakan dan memenuhi ambisi. Butuh waktu untuk bekerja menuju tujuan yang Anda tetapkan.

Mungkin Anda membutuhkan gelar untuk masuk ke bidang pekerjaan yang ingin Anda kejar. Mungkin Anda ingin menurunkan banyak berat badan dan menjadi bugar. Mungkin Anda ingin menjadi yang teratas dalam bidang karier Anda.

Tak satu pun dari ambisi besar ini terjadi dalam semalam. Dan itu semua jauh lebih sulit untuk dicapai jika Anda tidak fokus pada tujuan itu.

Anda dapat mencapai banyak hal dengan berpindah dari tujuan ke tujuan, ambisi ke ambisi. Tetapi untuk mencapai tujuan besar tersebut, Anda perlu mempertahankan tingkat fokus sehingga Anda dapat terus melakukan pekerjaan dan membuat keputusan yang tepat saat Anda mengejarnya.

Kesabaran dan fokus perlu dikembangkan karena itu adalah bahan utama dalam ambisi.

6. Ambil Risiko yang Diperhitungkan

Orang-orang ambisius yang ingin mencapai hal-hal besar sering kali perlu berpikir di luar kotak tempat mereka berada.

Dan jangan salah, kita semua berada di dalam semacam kotak. Ini mungkin kotak yang ingin dipaksakan oleh orang tuamu saat kamu tumbuh dewasa. Ini bisa berupa kotak yang Anda masukkan dengan mengatakan kepada diri sendiri bahwa Anda tidak cukup pandai dalam hal ini atau tidak layak untuk itu.

Orang-orang yang ambisius tidak bisa dikurung oleh kotak-kotak ini. Mereka mungkin mengalami saat-saat keraguan diri, tetapi mereka tetap mengejar tujuan ambisius mereka karena itulah yang mereka putuskan untuk diri mereka sendiri.

Bebas. Ambil risiko, tetapi ambil risiko yang diperhitungkan.

Apa yang Anda dapatkan? Apa ruginya? Apakah Anda bersedia membayar harga untuk kesuksesan yang ingin Anda coba ambil sendiri? Selalu ada harga yang terkait dengan kesuksesan.

7. Gantilah Pikiran Negatif dengan Positif

Pikiran dan emosi negatif cenderung lebih kuat daripada positif. Sangat mudah untuk dibanjiri oleh semua masalah, biaya terkait, dan pekerjaan yang menyertai ambisi.

Orang yang ambisius juga merasakan hal-hal itu; mereka hanya memilih untuk membingkainya kembali dengan lebih positif.

Bukan, "Ini akan membuat saya sangat mahal." Ini adalah "Yang perlu saya lakukan adalah melewati ini, dan saya semakin dekat dengan tujuan saya."

Bukan, "Saya tidak cukup baik untuk melakukan ini." Ini adalah “Saya perlu mencari bantuan untuk memecahkan masalah ini.”

Bukan, "Orang lain lebih baik dariku." Ini adalah "Saya perlu menemukan apa yang berhasil untuk saya."

Masalah itu nyata bagi orang-orang. Anda tidak perlu berpura-pura menjadi positif, tetapi Anda tidak bisa menjadi negatif dan berharap untuk membangun ambisi Anda. Itu tidak akan melebihi negativitas.

Dan hindari orang-orang negatif yang hanya ingin mengingkari upaya dan tujuan Anda. Mereka akan merusak ambisi dan kesuksesan Anda dengan kedok "membantu" dan "menjadi nyata".

8. Merangkul Kegagalan

Kegagalan adalah bagian dari kesuksesan. Kunci untuk bertahan dari kegagalan adalah memahami lima kata itu dan merangkulnya untuk semua yang berharga.

Ketika Anda gagal, itu berarti Anda telah mencoba sesuatu, dan tidak berhasil. Jadi, Anda mempelajari sesuatu yang tidak berhasil dan memiliki kebijaksanaan baru yang sekarang dapat Anda terapkan pada masalah Anda.

Setiap orang gagal dalam berbagai hal. Apa yang Anda lakukan dengan kegagalan itulah yang menyulut atau menggagalkan ambisi.

Rangkullah, pelajari, cintai kegagalan Anda. Anda tidak harus menyukainya, tetapi Anda harus menyukainya karena itu milik Anda.

Apa yang dapat Anda lakukan dengannya? Bagaimana Anda bisa berporos pada kegagalan untuk membawa Anda lebih dekat ke tujuan Anda?

Ini mungkin tidak langsung terlihat, tetapi ada kemungkinan besar bahwa potongan kesuksesan Anda akan terjalin dengan kegagalan itu.

Orang yang ambisius menggunakan kegagalan mereka untuk membantu mendorong kesuksesan mereka.

9. Terus Lakukan Pekerjaan, Bahkan Saat Anda Tidak Menginginkannya

Orang yang ambisius melakukan pekerjaan itu. Mereka melakukan pekerjaan bahkan ketika mereka benar-benar tidak menginginkannya.

Ya, tempat tidur itu sangat nyaman, dan tidur siang dua jam kedengarannya luar biasa, tetapi Anda memiliki tujuan untuk dicapai.

Tidak ada yang tercapai saat Anda berpuas diri, dan seluruh dunia akan terus berjalan tanpa Anda.

Itu tidak berarti bekerja sampai mati atau tidak pernah istirahat. Ini berarti bahwa Anda perlu menghindari membuang-buang waktu yang terbatas yang Anda miliki di hari Anda.

Anda harus mengurangi pesta menonton Netflix, tidur siang panjang, kehilangan diri Anda dalam permainan video, atau di mana pun Anda membuang waktu.

Pastikan Anda menghabiskan waktu dengan sehat. Memanjakan diri secara berlebihan dalam istirahat dan relaksasi tidak akan membantu Anda menjadi lebih ambisius.

Itu juga termasuk terlalu banyak berpikir dan berfantasi tentang apa yang sedang Anda upayakan. Sedikit tidak apa-apa. Banyak hal yang hanya merupakan gangguan dan membuang-buang waktu untuk mencapai ambisi dan kesuksesan.

***
Solo, Rabu, 25 November 2020. 1:48 pm
'salam hangat penuh cinta'
Suko Waspodo