Obsesi Seksual: Disalahpahami dan Salah Didiagnosis

Seorang profesional perawatan kesehatan yang terlatih dapat bekerja dengan individu untuk menciptakan teknik mengatasi gangguan emosional dan fisik dari pikiran obsesif mereka.

Jumat, 24 April 2020 | 19:12 WIB
0
69
Obsesi Seksual: Disalahpahami dan Salah Didiagnosis
ilustr: Metro

Pikiran-pikiran seksual yang ekstrem dan tidak lazim sering kurang dilaporkan dan kurang dirawat.

Orang-orang yang berulang kali mengalami pemikiran ekstrim dan tidak lazim tentang sifat seksual yang bermasalah dapat menderita dari obsesi seksual yang sering salah didiagnosis. Obsesi seksual adalah jenis gangguan obsesif-kompulsif -- Obsessive-Compulsive Disorder (OCD), yang memengaruhi persentase signifikan dari 1 dari 40 orang yang menderita OCD.

Penelitian dan dokter telah menemukan bahwa kondisi ini kurang dilaporkan, kurang diakui dan diatasi.

Orang-orang yang menderita obsesi seksual mengalami pikiran-pikiran yang tidak diinginkan yang dia anggap mengganggu — atau bahkan mengerikan — karena pikiran-pikiran itu begitu tidak lazim dari pandangan dunia pribadinya dan sistem moral. Bagi sebagian orang, pemikiran ini bisa sangat kuat sehingga secara fisik mereka merasa seolah-olah itu bisa benar, tetapi biasanya, orang itu tahu itu tidak benar.

Adalah umum bagi individu untuk khawatir bahwa jika pikiran-pikiran yang menyusahkan ini berlanjut atau bahkan meningkat, ia mungkin menindaklanjutinya. Di waktu lain orang mungkin tahu bahwa mereka tidak akan pernah bertindak berdasarkan obsesi mereka tetapi pengalaman memiliki pikiran itu tampak seperti pelanggaran moral.

Sayangnya, banyak orang dengan obsesi seksual salah didiagnosis dengan gangguan kejiwaan lain atau menolak orientasi seksual mereka yang sudah mapan. Sebagai contoh, penelitian terbaru menunjukkan bahwa banyak profesional kesehatan mental akan salah mendiagnosis obsesi pedofil dengan pedofilia, mempertaruhkan laporan yang tidak perlu dan meresahkan kepada pihak berwenang.

Pikiran yang mengganggu secara seksual dapat melibatkan:

  • Pikiran tidak menyenangkan dan mengganggu tidak konsisten dengan orientasi seksual seseorang.
  • Pikiran tentang melakukan tindakan yang mengerikan, tidak pantas atau memalukan yang bersifat seksual yang tidak ingin dilakukan individu (termasuk tindakan seksual dengan anak-anak atau tokoh otoritas).
  • Pikiran tentang memaksa seseorang untuk melakukan sesuatu secara seksual atau dipaksa untuk melakukan tindakan seksual.
  • Mengulangi tindakan atau mengikuti rutinitas khusus karena pikiran mengganggu seksual.
  • Mental melakukan tindakan atau berdoa untuk menyingkirkan pemikiran seksual yang tidak diinginkan atau tidak menyenangkan

Penderitaan Obsesi Seksual Dapat Mengintensifkan Jika Tidak Diobati

Orang-orang yang terganggu oleh pikiran-pikiran ini sering salah mengartikan reaksi cemas mereka sebagai dorongan untuk melakukan hal-hal ini atau sebagai tanda gairah. Banyak spesialis perawatan kesehatan mental OCD menganggap pemikiran ini sebagai "alien-alien," dengan makna alien mereka berbeda dalam sifat atau karakter, biasanya sampai pada titik ketidakcocokan. Secara sederhana, obsesi ini bertentangan dengan kompas moral individu.

Orang yang menderita obsesi seksual tidak akan pernah bertindak berdasarkan pikiran mereka yang mengganggu karena mereka begitu jauh dari sifat mereka. Namun, rasa jijik yang mereka kembangkan untuk diri mereka sendiri sebagai akibat dari memiliki pemikiran-pemikiran ini dapat menciptakan ketakutan yang melumpuhkan yang dapat mengganggu fungsi sehari-hari, memaksa mereka untuk menutup diri di rumah atau untuk menghindari interaksi dengan orang, bahkan teman dan keluarga.

Komplikasi lain dapat termasuk:

  • Rasa malu dan bersalah yang dalam.
  • Ketakutan akan penolakan sosial (nyata atau dirasakan).
  • Signifikansi pribadi yang lebih besar melekat pada pikiran mereka daripada bagi penderita OCD lainnya.
  • Terlalu sering menggunakan gaya berpikir yang menghukum diri sendiri untuk mengendalikan atau menekan pikiran dan gambar.
  • Lebih sedikit belas kasihan dibandingkan bentuk OCD lainnya dan juga kondisi lainnya

Meskipun kondisi yang menyakitkan ini mungkin terasa memalukan untuk dibicarakan, para profesional perawatan kesehatan mental yang terlatih meyakinkan orang-orang bahwa bantuan tersedia dan membiarkan gangguan itu tidak diobati atau mengobati sendiri dapat memperbesar parahnya kondisi tersebut. Individu yang curiga mungkin mengalami obsesi seksual atau memiliki orang yang dicintai yang menghadapi skenario ini harus mencari bantuan. Berikut ini beberapa langkah yang disarankan:

  • Temukan spesialis yang memenuhi syarat dalam OCD yang memanfaatkan terapi perilaku-kognitif dengan paparan dan pencegahan respons, yang memandu pasien melalui pengalaman obsesif obsesif mereka untuk membantu mereka mengembangkan toleransi terhadap kesusahan mereka dan mengurangi perilaku kompulsif mereka dan menghindari perilaku yang dihargai dan harian yang normal. perilaku. Seorang profesional perawatan kesehatan yang terlatih dapat bekerja dengan seorang individu untuk menciptakan teknik bagi diri mereka sendiri untuk mengatasi gangguan emosional dan fisik dari pikiran obsesif mereka.
  • Pelajari lebih lanjut informasi online di International OCD Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang membantu mereka yang terkena dampak OCD dan gangguan terkait untuk menjalani kehidupan yang penuh dan produktif; atau Peace of Mind Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang meningkatkan kualitas hidup penderita dan pengasuh OCD melalui pendidikan, penelitian, dukungan, dan advokasi. Kunjungi spesialis OCD terdekat anda.

***
Solo, Jumat, 24 April 2020. 6:44 pm
'salam hangat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko