Bahaya Tidur Setelah Makan Bagi Kesehatan Bisa Sebabkan Serangan jantung

Jumat, 1 September 2023 | 09:59 WIB
0
48
Bahaya Tidur Setelah Makan Bagi Kesehatan Bisa Sebabkan Serangan jantung
Dosen Spesialis Medikal Bedah Prima Trisna Aji ketika melakukan pemeriksaan dilaboratorium/Foto : Dokpri

Makan merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia yang paling pokok, apabila makan tidak dipenuhi maka akan menganggu kelangsungan hidup manusia. Makan merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia yang masuk dalam piramdia Hierarki Maslow dalam hal Fisiologis. Dimana ketika kebutuhan tersebut tidak dipenuhi maka akan mengganggu keberlangsungan hidup manusia.

            Makan yang baik adalah makanan yang bergizi yang didalamnya terkandung empat sehat lima sempurna, dimana didalam kandungan makanan mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Ketika makan juga dianjurkan untuk duduk dan tidak dianjurkan sambil berdiri dikarenakan efek samping yang berbahaya yang bisa menyebabkan gangguan fisiologis ketika makan sambil berdiri. Makan sambil duduk pun juga diatur didalam ajaran agama islam.

            Ketika makan juga tidak dianjurkan sambil berbicara ataupun mengobrol dikarenakan ketika kita makan sambil mengorol maka akan membuka saluran pernafasan sehingga akan menyebabkan tersedak dan bisa menyebabkan henti nafas pada manusia. Didalam ajaran agaama islam juga menganjurkan bagaimana kita tidak boleh makan sambil mengobrol.

            Selain itu bahaya lain yang tidak boleh dilakukan adalah ketika kita sehabis makan, kita dilarang untuk langsung tidur. Efek berbahaya yang ditimbulkan didalam tubuh ketika kita langsung tidur setelah makan antara lain bisa menyebabkan serangan jantung, GERD, menaikkan berat badan tubuh, Sembelit, Sesak nafas, menurunkan kwalitas tidur, membuat asam lambung naik dan sakit tenggorokan.

            Dosen Spesialis Medikal Bedah Prima Trisna Aji juga menyampaikan bahwa menurut sebuah studi di University of Ioannina Medical School, Yunani, tidur sehabis makan dapat meningkatkan risiko stroke. Orang yang memiliki jeda paling lama antara waktu makan dan tidur justru berisiko paling rendah untuk mengalami penyakit ini.

            Hal pencegahan yang harus dilakukan supaya tidak terjadi masalah kesehatan ke depan adalah ketika setelah makan kita dianjurkan memberi jeda sekitar 3 jam sebelum tidur. Hal ini bertujuan supaya memberikan waktu saluran pencernaan untuk mengabsorbsi makanan yang masuk ke dalam tubuh manusia sehingga tidak menyebabkan masalah dikemudian hari.

            Hal ini juga sesuai dengan yang diajarkan dalam ajaran agama Islam seperti Di dalam hadits yang diriwayatkan Aisyah Radhiyallahu anha “Nabi Muhammad ﷺ pernah bersabda: “Janganlah kalian langsung tidur setelah makan, karena dapat membuat kalian menjadi keras” (HR Abu Nua'im).

            Selanjutnya hal yang harus dilakukan setelah makan adalah kita harus terus melakukan mobilisasi gerak setelah makan sekitar 15 – 20 menit. Tentunya hal ini juga berlaku untuk makan pagi, makan siang dan makan malam. *Red