Makanan Yang berbahaya Bagi Tubuh Manusia Apabila Dipanaskan Kembali

Jumat, 19 Mei 2023 | 17:33 WIB
0
50
Makanan Yang berbahaya Bagi Tubuh Manusia Apabila Dipanaskan Kembali
Dosen Spesialis Medikal Bedah Prima Trisna Aji ketika melakukan pemeriksaan kesehatan pada pasien Home care/Foto : Dokpri

Solo – Tubuh manusia bisa bertahan hidup dikarenakan konsumsi gizi yang baik setiap hari. Perkembangan tubuh manusia banyak dipengaruhi oleh banyak hal, salah satunya adalah pentingnya asupan nutrisi gizi yang baik. Banyak sekali sumber makanan menjadi asupan gizi yang baik untuk tubuh manusia.

Sumber nutrisi yang baik untuk tubuh manusia antara lain berasal dari : Karbohidrat, Protein, Mineral, Vitamin, Lemak, Kalsium dll. Dari seluruh indikator nutrisi harus sesuai takaran didalam tubuh, apabila berlebihan ataupun kekurangan maka akan menyebabkan masalah kesehatan didalam tubuh itu sendiri. Setiap makanan memiliki kadar expired dalam batas tertentu dan akan membusuk apabila sudah melewati batas masa waktu. Untuk memperpanjang masa batas waktu makanan maka dilakukan pemanasan terhadap makanan.

Tujuan dilakukan pemanasan pada makanan adalah supaya tidak terjadi pembusukan pada makanan sehingga masih bisa dikonsumsi. Tetapi ada makanan yang bisa berbahaya apabila dipanaskan ketika akan dikonsumsi. Makanan yang berbahaya apabila dilakukan pemanasan sebelum dikonsumsi antara lain : Telur, Bayam, Lobak, Jamur, Ayam, Terong.

Dalam studi penelitian gizi yang terbaru menyatakan bahwa Telur tidak boleh dipanaskan kembali dikarenakan akan menyebabkan racun dan menjadi masalah pada saluran pencernaan pada tubuh manusia. Kemudian memanaskan Bayam bisa berbahaya bagi tubuh dikarenakan bisa mengubah zat besi dan nitrat  pada bayam menjadi zat karsinogenik dimana zat tersebut bisa beresiko menjadi kanker.

Lobak tidak boleh dipanaskan kembali dikarenakan bisa mengubah zat nitrat menjadi zat karsinogenik yang bisa berbahaya menjadi racun bagi tubuh manusia. Kemudian makanan Jamur yang tidak boleh dipanaskan kembali akan menjadi masalah bagi saluran pencernaan serta kesehatan pada jantung. Kemudian makanan Ayam juga tidak boleh dipanaskan kembali dikarenakan akan menyebabkan masalah pada saluran pencernaan seperti kembung dan maag.

Kemudian dari penelitian yang dilakukan oleh Womens Health menyatakan bahwa menggoreng terong bisa berbahaya bagi tubuh dikarenakan bisa merusak tekstur terong dan membuat lemak yang ada pada minyak akan melekat pada sayuran.

Dosen Spesialis Medikal Bedah Prima Trisna Aji menyampaikan bahwa menurut Presiden A Nutrious Of Life Bahwa terong yang digoreng akan mengandung lemak jenuh. Menggoreng sayuran akan berpotensi beresiko kanker apabila dikonsumsi secara terus menerus. Cara pengolahan terbaik dalam pengolahan sayuran adalah dengan direbus dan ditumis. *Re