Supervisi Mahasiswa Anestesiologi Universitas Muhammadiyah Purwokerto di RSI Purwokerto

Kamis, 23 Februari 2023 | 10:33 WIB
0
71
Supervisi Mahasiswa Anestesiologi Universitas Muhammadiyah Purwokerto di RSI Purwokerto
Supervisi Mahasiswa Anestesiologi Universitas Muhammadiyah Purwokerto di RSI Purwokerto

Purwokerto – Pada tanggal 20 Februari 2023 mahasiswa prodi Keperawatan Anestesiologi Universitas Muhammadiyah Purwokerto menjalani praktek klinik minggu pertama di Rumah Sakit Islam Purwokerto. Mereka menjalani praktek klinik Penyakit Komplikasi Penyulit di Ruang ICU dan ruang IBS.

Tepatnya hari Rabu (22/2/2023) Dosen prodi Anestesiologi Universitas Muhammadiyah Purwokerto Prima Trisna Aji melakukan supervisi kunjungan pada mahasiswa praktek klinik di Rumah Sakit. Supervisi mahasiswa meliputi bimbingan, pengecekan tugas dan melakukan diskusi kasus yang berada di Rumah Sakit. Dalam supervisi tersebut mahasiswa Anestesiologi Universitas Muhammadiyah Purwokerto menjelaskan kasus yang diambil ketika menjalani praktek klinik di Rumah Sakit.

Pada minggu pertama ini mahasiswa ditargetkan untuk fokus mengambil kasus kelolaan pasien yang akan dilakukan ujian SOKA. Sedangkan pada minggu kedua nanti mahasiswa diharuskan untuk fokus dalam menjalani Ujian presentasi analisis jurnal. Kemudian pada minggu ketiga mahasiswa difokuskan untuk melakukan persiapan ujian evaluasi praktek yang akan dilaksanakan pada minggu ke-4 dan ke-5.  Selain itu setiap minggunya mahasiswa juga harus mempersiapkan untuk menjalani ujian SOCA pada setiap kasusnya.

Sebanyak 10 mahasiswa prodi Anestesiologi Universitas Muhammadiyah Purwokerto menjalani praktek klinik di RSI Purwokerto dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok 1 pada minggu pertama menjalani praktek di Ruang ICU yang dibimbing oleh Wakil Dekan 1 FIKES UMP Purwokerto yaitu Ibu Sri Suparti sejumlah 5 mahasiswa. Sedangkan untuk kelompok 2 menjalani praktek pada minggu pertama di Ruang IBS Kamar Operasi sebanyak 5 mahasiswa yang dibimbing oleh Prima Trisna Aji.

Dosen Spesialis Medikal Bedah Prima Trisna Aji menyampaikan bahwa mahasiswa prodi Keperawatan Anestesiologi Universitas Muhammadiyah Purwokerto sebelum praktek sudah mendapatkan kuliah pengayaan selama total 3 minggu yaitu pembekalan BHD dan penyakit komplikasi penyulit. *Red