WBP Lapas Kelas I Malang dapat Pendalaman Teori Pengelolan Sampah

Selasa, 14 Februari 2023 | 14:07 WIB
0
57
WBP Lapas Kelas I Malang dapat Pendalaman Teori Pengelolan Sampah
WBP Lapas Kelas I Malang dapat Pendalaman Teori Pengelolan Sampah | dok.humaslapasmalang

Malang - Selasa (14/2/2023) WBP Lapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jawa Timur mendapat pelatihan pengelolaan sampah. Setelah dilakukan Pembukaan oleh Kalapas Kelas I Malang lalu dilakukan pendalam teori tentang persampahan dan cara mengelolanya.

Instruktur Ahmad Yani dan Dian Indrianto dari Perkumpulan Perbanusa Bakti Lingkungan Kerja memberikan pemaparannya tentang persampahan dan cara mengelolanya agar menjadi bermanfaat bagi masyarakat.

Dian Indrianto menjelaskan potensi sampah yang besar untuk bisa dikelola dengan baik. Dengan mengelola sampah dengan baik dan benar merupakan salah satu bagian menjaga alam serta memiliki nilai manfaat dan ekonomis.

Beliau juga memberikan gambaran sejarah tragedi di Leuwigajah Jawa Barat yang menewaskan ratusan orang karena sampah. Hal ini berawal karena kurangnya pengelolaan sampah yang baik.

Sampah bukan hanya ditumpuk jadi satu. Namun perlu pemilahan agar bisa dikelola sesuai dengan jenis sampahnya. Sampah yang dikelola dengan baik inilah yang mempunyai nilai manfaat dan ekonomi bagi masyarakat.

Instruktur dari dari Perkumpulan Perbanusa Bakti Lingkungan Kerja juga menjelaskan prospek pengelolaan sampah ke depan. Mulai dari hal kecil sampah rumah tangga hingga daerah yang lebih luas. Seperti pengelolaan sampah di dalam Lapas kelas I Malang, semua bisa dimanfaatkan kembali menjadi zero waste.

L'SIMA PASTI APIK !
(HUMAS LAPAS KELAS I MALANG)