Apa Itu Fisioterapi?

Fisioterapi dapat dilakukan di fasilitas atau puskesmas dengan kisaran harga yang besar dan sebaliknya, carilah klinik atau fasilitas kesehatan terpercaya untuk penyedia layanan.

Sabtu, 11 Juni 2022 | 22:41 WIB
0
22
Apa Itu Fisioterapi?
Apa Itu Fisioterapi

Apa itu Fisioterapi?

Fisioterapi adalah proses pemulihan yang dilakukan untuk memastikan bahwa seseorang mencegah bahaya cacat akibat cedera atau penyakit. Terapi ini bermanfaat untuk meningkatkan gerakan, mengurangi ketidaknyamanan dan sesak, mempercepat proses penyembuhan, dan juga meningkatkan kualitas hidup. Rehabilitasi fisik dilakukan melalui latihan, terapi langsung, serta memberikan pendidikan dan pembelajaran serta saran pengobatan.

BACA JUGA : Kemoterapi Bukan Satu-Satunya Pengobatan Kanker

Mengapa Fisioterapi Dilakukan?

Tujuannya adalah untuk memulihkan fungsi tubuh dan juga bahasa tubuh setelah cedera atau penyakit. Jika seseorang mengalami cedera atau penyakit permanen, fisioterapi dilakukan untuk mengurangi pengaruhnya. Prosedur medis ini terutama dilakukan pada orang yang mengalami cedera sendi, arthritis (radang sendi), osteoporosis, cedera regangan berulang, masalah punggung dan kelenturan, kesulitan menahan buang air besar (inkontinensia urin), ketidaknyamanan leher, sakit kepala, serta kondisi tulang dan sendi. dan beberapa sklerosis.

Bagaimana Prosedur Aplikasinya?

Umpan balik setiap orang terhadap fisioterapi berbeda-beda tergantung pada bentuk tubuh, pola gerakan, serta pola perilaku. Beri tahu profesional medis Anda mengenai obat, suplemen, dan produk herbal apa pun yang Anda gunakan sebelumnya fisioterapi.

Persiapan Fisioterapi

Sebelum prosedur Fisioterapi dimulai, ahli pengobatan fisik terlebih dahulu akan melakukan evaluasi sekaligus evaluasi terhadap masalah klien untuk menetapkan program pengobatan yang diperlukan. Orang-orang juga disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter mereka tentang tujuan, manfaat, risiko, dan hasil akhir yang diharapkan dari program sebelum fisioterapi dilakukan.

Gunakan pakaian yang longgar untuk memastikan bahwa dokter dapat lebih leluasa menyelesaikan pemeriksaan. Selain itu, ganti pakaian yang digunakan untuk memudahkan dokter memeriksa tubuh. Misalnya, kenakan kemeja lengan pendek atau tanpa lengan jika Anda menderita sakit leher, atau kenakan celana pendek jika Anda menderita sakit pinggul, lutut, atau pergelangan kaki.

BACA JUGA : Ruqyah Sakit Kepala

Pelaksanaan Fisioterapi

Variasi sesi yang dilakukan tergantung pada strategi program serta metode rehabilitasi fisik yang digunakan. Namun, pada dasarnya, fisioterapi berlangsung selama 30-60 menit per sesi. Keteraturan serta periode rehabilitasi fisik dapat berubah sesuai dengan hasil fisioterapi terbaru.

Berikut adalah tiga strategi utama untuk Fisioterapi:

Terapi manual. Eksekusi menggunakan tangan seorang fisioterapis untuk membantu memindahkan, memijat, dan memanipulasi sel-sel tubuh yang terkena. Manfaat terapi ini adalah meningkatkan variasi aktivitas tubuh, memperlancar peredaran darah, mengatasi rasa tidak nyaman, dan memberikan pengalaman relaksasi pada tubuh.

Latihan dan gerakan. Pendekatan ini menggunakan alat bantu (seperti tongkat jalan) atau dilakukan di dalam air (hidroterapi). Seorang fisioterapis pasti akan membantu melakukan sesi rehabilitasi fisik serta menunjukkan kepada pasien latihan yang bisa dilakukan di rumah Anda. Lakukan gerakan yang diajarkan secara teratur, namun pastikan gerakan itu dilakukan dengan aman dan juga dengan bimbingan.

Pendidikan dan bimbingan. Teknik ini dalam bentuk memperkenalkan gaya hidup sehat dan seimbang (seperti menjaga berat badan yang sesuai dan juga berolahraga secara teratur), selain memberikan rekomendasi tentang posisi tubuh yang tepat dalam aktivitas untuk mengurangi risiko cedera dan rasa sakit. .

Selain 3 teknik utama di atas, rehabilitasi fisik juga memiliki metode lain untuk membantu proses penyembuhan. Ini termasuk teknik kegembiraan saraf listrik Transkutan (10S), yang mengirimkan sinyal listrik ke lokasi yang mengalami ketidaknyamanan, selain perawatan ultrasound, yang menggunakan gelombang frekuensi tinggi untuk mengurangi rasa sakit, stres, dan mempercepat proses penyembuhan.

BACA JUGA : Obatan Darah Kental Urgen Bagi Pasien Covid-19

Setelah Fisioterapi

Temui fisio terapis untuk melihat perkembangan dan juga mengkaji program yang telah dilakukan. Tetap gunakan saran dan juga latihan yang dapat Anda lakukan di rumah untuk meningkatkan fungsi bagian tubuh yang rusak atau terinfeksi. Tujuannya adalah untuk melindungi terhadap terulangnya dan juga komplikasi dari cedera.

Dimana Fisioterapi Dilakukan?

Fisioterapi dapat dilakukan di fasilitas atau puskesmas dengan kisaran harga yang besar. Sebaliknya, carilah klinik atau fasilitas kesehatan terpercaya untuk penyedia layanan fisioterapi untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan solusi dan hasil yang Anda harapkan.

Site : http://web.if.unila.ac.id/samuel/pengobatan-ruqyah-cirebon-indramayu-majalengka-dan-kuningan/