Panggilan

Namun tentu tidak pantas jika kemudian dibawa-bawa seolah itu gelar resmi. Apalagi jika digunakan untuk menyebarkan disinformasi mengenai pandemi global.

Selasa, 4 Agustus 2020 | 20:41 WIB
0
188
Panggilan
Ilustrasi profesor (Foto: republika.co.id)

Waktu kecil saya dianggap pintar, meski gedenya jadi tolol juga hahaha. Beberapa orang dewasa yang saya kenal waktu itu sering mengajak ngobrol saya, yang kemudian saya anggap sebagai ajang memamerkan apa yang saya ketahui dari membaca buku-buku. Sewaktu kecil saya memang suka membaca buku, karena bapak saya banyak membelikan buku-buku bagus

Mungkin karena orang-orang dewasa ini menganggap banyak sekali yang saya ketahui, kerap kali saya dipanggil 'profesor'. Saat jam istirahat sekolah, sering saya dipanggil "Prof, ada cerita baru tidak?" oleh guru-guru saya.

Bahkan ketika saya lewat kantor guru dan sedang ada tamu sekolah, saya dipanggil Pak Kepsek untuk ikut bergabung. "Ayo, Prof, sini dulu," panggilnya, sambil kemudian menanya-nanyai saya di depan para tamu (dan itu artinya saya bisa pamer pengetahuan dan bicara, hehehe).

Tapi pada akhirnya, saya dipanggil 'Prof' itu ya sebagai bentuk panggilan tidak resmi. Bukan gelar yang pantas saya pajang di mana-mana, apalagi jika kemudian saya mengklaim jadi ahli ini dan itu. Dan ketika saya jadi lebih tua, SMP, SMA, kuliah, dan sekarang jadi guru, saya tentu tidak menggunakan titel itu. Lha wong saya jadi dosen saja tidak, kok mau jadi profesor!

Mungkin saja maksudnya panggilan 'Dok' sebagai 'panggilan sayang' dari seorang 'ahli-ahlian' itu demikian. Panggilan tidak resmi saja, guyon-guyonan. Mungkin saja dalam kapasitas tertentu, si 'pakar mikrobiologi' ini dianggap pintar oleh kawan-kawan dan keluarganya, sehingga dipanggil dengan sebutan seperti itu.

Namun tentu tidak pantas jika kemudian dibawa-bawa seolah itu gelar resmi. Apalagi jika digunakan untuk menyebarkan disinformasi mengenai pandemi global, yang telah merenggut banyak korban dan harusnya kita hadapi bersama dengan berbekal informasi yang benar.

***