Bagaimana Sih Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Bekerja? Simak Ulasannya

Kamis, 18 Juli 2024 | 00:58 WIB
0
43
Bagaimana Sih Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Bekerja? Simak Ulasannya
Cara Menghilangkan Ngantuk

Mengantuk adalah musuh terbesar kita saat bekerja. Biasanya pada siang hari, apalagi setelah makan dan perut kenyang, kita sering menguap karena mengantuk. Berbagai cara menghilangkan rasa ngantuk saat bekerja sepertinya sangat cocok untuk dicoba.

Minum kopi seringkali menjadi pilihan pertama saat rasa kantuk datang. Namun, jika Anda tidak suka kopi, masih ada cara mengatasi rasa ngantuk saat jam kerja. Nah pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi penting mengenai beberapa Cara Menghilangkan Ngantuk saat bekerja. 

Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Bekerja

Setelah makan siang, entah kenapa tiba-tiba mataku terasa sangat mengantuk. Jika biasanya Anda mengusir rasa ngantuk dengan kopi, coba atasi sekarang dengan cara berikut ini.

Power Nap

Cara menghilangkan ngantuk saat bekerja yang pertama adalah dengan power nap. Power nap adalah saat Anda tidur sebentar selama 15 hingga 30 menit selama sisa jam makan siang. Jika Anda mencobanya maka rasa ngantuk akan hilang dan badan akan fresh kembali.

Jangan Makan Siang Terlalu Berat

Makan terlalu kenyang akan membuat Anda menjadi mudah mengantuk saat bekerja. Jika Anda sering mengalami rasa ngantuk setelah makan siang, bisa jadi itu karena Anda makan terlalu kenyang dan berat. Jadi, saat makan siang, daripada memilih nasi putih, coba ganti dengan sayur dan buah‍

Mendengarkan Musik

Cara sederhana ini bisa mengusir rasa kantuk saat bekerja. Coba colokkan earphone Anda dan mainkan lagu-lagu ceria bertempo cepat agar Anda kembali bersemangat.

Membuat Ruang Kerja Tetap Terang

Cobalah membuka tirai di kantor Anda, biarkan sinar matahari masuk ke dalam ruangan dan buat ruangan menjadi terang. Sinar yang terang akan membuat pikiran Anda menjadi lebih fokus. 

Ngemil

Kenapa orang mengantuk disuruh ngemil? Hei, jangan salah. Kadar gula darah yang rendah dapat menyebabkan tubuh merasa lemas dan akhirnya mengantuk. Jadi, dalam situasi seperti ini, cobalah untuk ngemil, namun pastikan camilan tersebut menyehatkan, seperti biskuit dengan gandum utuh, kacang-kacangan atau buah-buahan.

Cuci Muka

Cara ini mungkin pernah Anda lakukan untuk menghilangkan rasa ngantuk berat saat bekerja. Mencuci muka menjadi salah satu cara ampuh untuk menghilangkan rasa ngantuk. Umumnya, air dingin bisa membuat wajah menjadi lebih fresh dari sebelumnya.

Coba Lakukan Peregangan

Peregangan tubuh di meja kantor juga bisa mengusir rasa kantuk saat bekerja. Cobalah melakukan peregangan sederhana, misalnya dengan meregangkan lengan, menekuk leher ke kiri dan ke kanan, atau sekadar memutar badan ke kiri dan ke kanan sambil duduk.

Minum Air

Jika Anda kekurangan cairan dalam tubuh, maka Anda akan mudah mengantuk. Pasalnya, dehidrasi bisa membuat otak kehilangan fokus dan menyebabkan kantuk. Sebaiknya Anda minum air minimal 8 gelas per hari.

Mengatur Pernapasan

Rasa kantuk yang menghantui mata juga bisa datang karena kurangnya kadar oksigen di otak. Oleh karena itu, ketika Anda merasa mengantuk, cobalah mengatur kembali pernapasan Anda. Caranya mudah, tarik napas dalam-dalam menggunakan perut, lalu tahan sejenak dan hembuskan melalui mulut. Coba lakukan cara ini sebanyak 10 kali.

Sibukkan Diri

Terkadang rasa ngantuk bisa datang saat kita tidak punya banyak pekerjaan. Untuk menghilangkan rasa ngantuk saat tidak terlalu banyak pekerjaan, cobalah mencicil pekerjaan keesokan harinya atau coba tambahkan keterampilan baru.

Makan Permen Mint

Mengutip dari beberapa sumber, rasa mint mampu menghilangkan rasa ngantuk terutama di pagi hari. Hal ini karena mint dapat membangunkan otak dan membuat kita lebih aktif dan waspada. Jadi, cobalah menimbun permen mint di meja kerja Anda agar bisa segera mengusir rasa kantuk.

Jangan Menatap Layar Laptop Terus Menerus

Menatap layar laptop terus menerus membuat mata lelah, apalagi jika pikiran sedang sibuk pasti akan terasa ngantuk. Jadi sesekali alihkan pandangan dari layar laptop untuk mengistirahatkan mata dan pikiran.

Cobalah Mengobrol Dengan Rekan Kantor

Saat sudah merasa ngantuk, ajak pasangan ngobrol tentang hal-hal ringan. Chatting dapat membuat Anda tetap fokus dan menghilangkan rasa kantuk. Selain itu, chatting juga bisa meningkatkan kedekatan Anda dengan mereka.

Meditasi

Melakukan meditasi tidak hanya bisa membuat Anda rileks, tapi juga bisa membuat Anda tetap terjaga saat mengantuk. Saat melakukan meditasi, Anda bisa duduk tegak dan pastikan Anda menarik dan membuang napas secara teratur. Agar lebih seru, Anda juga bisa bermeditasi sambil mendengarkan musik menggunakan earphone.

Jalan-Jalan Sebelum Bekerja

Tahukah kamu, menghirup segarnya udara pagi sambil berjalan kaki akan membantumu tetap terjaga selama berada di kantor, lho! Oleh karena itu, manfaatkan pagi hari sebelum berangkat ke kantor untuk berjalan-jalan di lingkungan sekitar.  

Menjaga Pola Sarapan

Salah satu cara menghilangkan rasa ngantuk di pagi hari adalah dengan menjaga pola sarapan. Sebaiknya hindari makanan yang terlalu manis agar perut Anda tidak mudah merasa lapar. Ada baiknya Anda sarapan dengan mengonsumsi sayur atau buah.

Ciptakan Waktu Bangun Yang Konsisten

Agar bisa menerapkan jam tidur yang benar agar bangunnya lebih konsisten. Cara ini sangat mudah dilakukan jika Anda berniat ingin bangun dengan wajah yang fresh. Jika Anda bangun tidak teratur maka akan membuat aktivitas Anda menjadi cepat lelah.

Nah itulah tadi daftar cara menghilangkan ngantuk saat bekerja selain minum kopi. Semoga dengan menggunakan cara ini rasa ngantuk anda hilang dan produktivitas anda meningkat!

Demikian ulasan tentang Bagaimana Sih Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Bekerja? Simak Ulasannya seperti yang dikutip laman garentpharma.com, Semoga bermanfaat.