16 Jenis Ikan Paling Bernutrisi dan Manfaatnya 

Jumat, 14 April 2023 | 17:11 WIB
0
150
16 Jenis Ikan Paling Bernutrisi dan Manfaatnya 
16 Jenis Ikan Paling Bernutrisi dan Manfaatnya

Hidangan ikan merupakan salah satu lauk yang paling umum ditemukan di Indonesia karena wilayah perairan Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah. Ikan-ikan yang ditemukan di air Indonesia juga mengandung banyak gizi yang sangat menguntungkan bagi kesehatan manusia.

Untuk lebih lanjutnya, berikut adalah 16 jenis ikan yang memiliki nutrisi tinggi dan sangat sehat untuk dikonsumsi secara proposional. Untuk lebih lengkapnya, Anda juga dapat membaca Ketahui Kandungan Gizi Ikan Bagi Manusia dan Manfaatnya.

16 Jenis Ikan yang Paling Bergizi dan Manfaatnya

Kandungan gizi ikan bagi manusia memang begitu banyak, dan terdapat sejumlah jenis ikan yang sangat bergizi, antara lain:

1. Bandeng
Rata-rata tiap 100 gram ikan bandeng terdapat 17,1 gram protein, zat besi, dan omega 3 yang berguna untuk meningkatkan kecerdasan otak, membantu produksi sel darah, dan mempercepat proses penyembuhan luka. Konsumsi ikan bandeng yang proporsional juga akan mencegah anemia.

2. Gabus
Terdapat kandungan protein, zat albumin, asam amino, asam lemak dan sejumlah kandungan gizi yang lainnya yang banyak dalam ikan gabus. Salah satu riset yang dilansir dari Universitas Hasanuddin bahkan menemukan pemberian kapsul konsentrat ikan gabus selama 14 hari sebesar 0.7 g/dl bisa mempercepat penyembuhan luka pada pasien pasca-operasi, termasuk luka pasca-persalinan dengan metode caesar.

3. Layur 
Ikan layur mengandung asam lemak tak jenuh yang sangat baik untuk kesehatan. Ikan ini juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit,meningkatkan massa otot, meningkatkan hemoglobin atau HB, memperbaiki autoimun, serta mencegah terjadinya peradangan berkat kandungan antiinflamasinya

4. Tenggiri 
Ikan tenggiri mengandung lemak sehat, omega-3, vitamin A dan B12, serta asam amino esensial yakni lisin yang dapat meningkatkan energi dan imunitas tubuh. 

5. Patin
Ikan ini kaya akan kandungan omega 3, DHA, AHA, vitamin B12 yang baik untuk tubuh. Nutrisi ini membantu tubuh membuat DNA dan menjaga saraf dan sel darah berfungsi dengan baik, bernutrisi untuk kesehatan otak, jantung, sistem kekebalan, serta mata.

6. Lele
Siapa sangka ikan khas Indonesia ini sangat bernutrisi dan kaya akan vitamin B12 dan omega 3 yang dapat membantu produksi sel darah merah, membantu tubuh membuat DNA dan menjaga saraf, serta sel darah, juga membantu proses mempercepat penyembuhan luka dengan membentuk sel-sel baru.

7. Tongkol
Kaya akan selenium tinggi, ikan tongkol dapat membantu organ hati untuk proses detoksifikasi. Protein ikan tongkol juga membantu membentuk jaringan tubuh dan sel-sel. Konsumsi ikan tongkol yang sehat juga akan menekan kolesterol dan mengatur tekanan darah tetap stabil.

8. Bawal Air Laut 
Varian bawal ini kaya nutrisi seperti mineral, kalsium, vitamin, omega-3, asam lemak tidak jenuh, dan fosfor. Konsumsi masakan ikan ini akan membantu Anda mencegah kolesterol, menyehatkan jantung, menjaga tekanan darah, dan sebagai program diet sehat.

9. Kakap 
Selain lezat dan memiliki kuantitas daging yang banyak, ikan kakap mengandung lemak tidak jenuh seperti asam lemak omega-3, mineral seperti fosfor, kalsium, seng, dan zat besi yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung sekaligus mengendalikan kolesterol darah.

10. Sarden 
Banyak ahli yang menemukan zat kalsium, zat besi, protein, asam lemak omega-3, vitamin D, dan vitamin B12 dalam ikan sarden. Dengan demikian, ikan sarden baik dikonsumsi untuk menjaga fungsi otak, mencegah kecemasan, meningkatkan kesehatan dan kepadatan tulang, menurunkan risiko terserang penyakit jantung, sekaligus mengendalikan kadar kolesterol darah.

11. Trout 
Ikan ini mengandung protein, vitamin B12, rendah merkuri, omega-3, dan vitamin D. Karenanya ikan trout memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan otak, tulang, dan jantung Anda.

12. Cakalang 
Sebagai ikan bernilai komersial tinggi, ikan cakalang sering dijual dalam bentuk segar, beku, atau diproses sebagai ikan kaleng, ikan kering, atau ikan asap. Ikan ini mengandung asam lemak omega-3 dan protein yang sangat baik untuk mencegah osteoporosis, mencegah anemia, meningkatkan massa otot, meningkatkan imunitas tubuh, menjaga kesehatan mata, menurunkan risiko terkena penyakit jantung, serta meredakan gejala nyeri sendi.

13. Salmon
Ikan salmon merupakan salah satu ikan yang dapat mencapai harga fantastis karena selain ukurannya yang sangat besar, salmon kaya akan nutrisi seperti asam lemak omega-6,  vitamin B12, kalsium, kalium, dan asam lemak omega-3. Konsumsi ikan ini juga akan mengatur pembekuan darah, menjaga kesehatan kulit, mencegah peradangan, dan meningkatkan kesehatan jantung. 

14. Tuna 
Terdapat vitamin B3, niacin, protein, fosfor, vitamin D, kalium, dan yodium dalam ikan tuna. Dengan demikian, konsumsi berkala ikan ini akan meningkatkan kesehatan otot, mengontrol kadar gula darah, menyehatkan jantung, meningkatkan sistem imun tubuh, mengurangi risiko demensia, dan meningkatkan kesehatan mata.

15. Kerapu 
Merupakan salah satu hidangan favorit Indonesia, daging ikan kerapu dapat diolah menjadi sup ikan, sayur, dan lauk yang lezat dan bergizi. Berdasarkan data USDA (U.S. Department of Agriculture), ikan ini mengandung  vitamin B6, kalium, magnesium, fosfor dan vitamin B12. Dengan demikian, ikan ini mampu menekan nafsu makan, meningkatkan metabolisme, dan menjaga kesehatan tulang, otot, dan proses pemulihan cedera. 

16. Kembung
Ikan kembung sering direkomendasikan untuk anak-anak karena kaya protein serta omega 3 yang bahkan lebih tinggi dibanding salmon. Selain itu, ikan ini juga memiliki kandungan zat besi, tembaga, selenium, yodium, serta vitamin B1, B2, B3, B6, B12, dan D. Konsumsi ikan ini akan membantu Anda memenuhi kebutuhan mineral tubuh, menjaga kesehatan jantung, mencegah anemia, meningkatkan kekuatan tulang, menurunkan berat badan, juga menurunkan risiko diabetes tipe 2.

Dengan demikian 16 jenis ikan bergizi dan manfaatnya. Perlu diingat bahwa meski bergizi, sebaiknya konsumsi secara proporsional dan gabungkan dengan sayur dan lauk lain untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Anda juga dapat membaca mengenai 5 Protein Hewani yang Disukai Anak-anak untuk menemukan sumber gizi lainnya.