Temuan Mengganggu tentang Korban Seksual Pria dengan Gangguan Jiwa

Jika Anda akan meneliti viktimisasi seksual, Anda harus memasukkan laki-laki, dan ada banyak sekali laki-laki yang menjadi korban.

Kamis, 3 Maret 2022 | 19:33 WIB
0
117
Temuan Mengganggu tentang Korban Seksual Pria dengan Gangguan Jiwa
image: News Medical

Pelecehan seksual terhadap pria umumnya terjadi lebih sering daripada yang dipikirkan kebanyakan orang.

Poin-Poin Penting

  • Pria menghadapi tantangan yang berbeda ketika mereka menjadi korban kekerasan seksual, tetapi kebutuhan fisik, emosional, dan psikologis mereka tidak terpenuhi.
  • Sebuah studi baru membunyikan alarm tentang tingginya tingkat prevalensi kekerasan seksual terhadap pria dewasa dengan penyakit mental.

Penafian: Postingan ini secara eksplisit membahas kekerasan seksual dan mungkin membuat beberapa pembaca tidak nyaman. Posting ini menyoroti situasi di mana pria menjadi korban kekerasan seksual. Mengatasi masalah ini tidak meniadakan fakta bahwa wanita juga sering menjadi korban kekerasan seksual.

Istilah kekerasan seksual dapat mencakup berbagai perilaku seksual yang menyimpang, seperti pemerkosaan atau percobaan pemerkosaan (yaitu, tindakan yang umumnya dilakukan oleh orang asing), kekerasan pasangan intim (yaitu, tindakan yang dilakukan oleh seseorang yang umumnya dikenal korban, termasuk pasangan intim), sentuhan seksual yang tidak diinginkan, inses, dan/atau kontak seksual yang tidak diinginkan dengan bagian tubuh atau benda asing.

Kekerasan seksual adalah masalah kesehatan masyarakat dan hak asasi manusia yang serius, menurut Organisasi Kesehatan Dunia. Menurut Survei Kejahatan Nasional Biro Statistik Keadilan, seorang Amerika diserang secara seksual setiap 68 detik.

Temuan Baru pada Korban Pria

“Serangan seksual dapat terjadi pada siapa saja, tidak peduli usia, orientasi seksual, atau identitas gender Anda. Pria dan anak laki-laki yang telah diserang atau dilecehkan secara seksual mungkin memiliki banyak perasaan dan reaksi yang sama seperti penyintas kekerasan seksual lainnya, tetapi mereka mungkin juga menghadapi beberapa tantangan tambahan karena sikap sosial dan stereotip tentang laki-laki dan maskulinitas.” —Rape, Abuse & Incest National Network (RAINN)

Ada sejumlah mitos dan kesalahpahaman tentang laki-laki korban kekerasan seksual. Mitos ini dapat mencakup:

  •  "Laki-laki yang tidak dilembagakan jarang diserang."
  •  "Korban laki-laki bertanggung jawab atas serangan mereka."
  •  "Korban kekerasan seksual laki-laki kurang trauma dengan rekan-rekan perempuan mereka."
  •  "Ejakulasi adalah indikator hubungan seksual yang positif."

Percaya pada stereotip ini telah menyebabkan kurangnya pelaporan oleh korban laki-laki, kurangnya layanan yang sesuai, sedikitnya jalur hukum dan ganti rugi, lebih sedikit sumber daya untuk penyintas, dan stigma yang lebih besar bagi laki-laki dibandingkan dengan korban kekerasan seksual perempuan.

Selanjutnya, viktimisasi laki-laki sangat kurang diteliti dalam literatur psikologis. Namun, sebuah studi baru yang diterbitkan oleh Cambridge University Press dan dipimpin oleh peneliti pascasarjana Milan Zarchev menyoroti prevalensi kekerasan seksual pada pria. Zarchev dan rekan-rekannya di Erasmus University Medical Center menemukan bahwa pria yang memiliki penyakit mental yang parah jauh lebih mungkin mengalami pelecehan seksual selama masa dewasa daripada populasi umum, dengan tingkat prevalensi setinggi 19%, dibandingkan dengan 5-6% untuk mereka yang tidak parah dengan penyakit kejiwaan.

Dengan kata lain, pria dewasa dengan penyakit mental berat (yaitu, PTSD, depresi, gangguan bipolar, psikosis, skizofrenia, gangguan kepribadian, dan cacat perkembangan parah) memiliki kemungkinan 3 kali lebih besar untuk menjadi korban kekerasan seksual dibandingkan pria lain. Ini adalah salah satu studi pertama yang menyoroti prevalensi serangan seksual orang dewasa terhadap pria dengan penyakit mental dan diharapkan memberikan dorongan untuk penelitian lebih lanjut yang meneliti pengaruh kausal secara lebih menyeluruh.

Dampaknya pada Pria

Maskulinitas dalam budaya kita sering kali menyiratkan kekuatan, dan pria yang telah mengalami pelecehan seksual saat dewasa dan menganut pandangan kejantanan ini sering merasa bingung dan malu karena mereka merasa bahwa mereka seharusnya “cukup kuat” untuk membela diri. Lebih lanjut, ereksi dan ejakulasi sering menyebabkan banyak penderitaan bagi korban laki-laki karena mereka sering bertanya-tanya apakah reaksi fisiologis ini memiliki makna yang lebih besar atau alternatif. Misalnya, seorang pria yang diserang secara seksual oleh pria lain mungkin mengalami orgasme dan kemudian mempertanyakan orientasi seksualnya dan/atau merasa seperti “kurang laki-laki.”

Ada beberapa masalah kesehatan mental yang dapat terjadi ketika pria diserang secara seksual. Pria lebih mungkin mengalami gangguan emosional, seperti kecemasan dan depresi, masalah penyalahgunaan zat, peningkatan perilaku pengambilan risiko, dan gejala gangguan stres pascatrauma akibat menjadi korban seksual. Mereka mungkin juga menunjukkan kecenderungan yang meningkat untuk menghindari orang atau tempat yang mengingatkannya pada pelecehan, merasa gelisah atau waspada, dan menarik diri dari hubungan sosial. Laki-laki juga cenderung tidak mengungkapkan serangan seksual mereka karena takut dihakimi secara kasar atau bertemu dengan ketidakpercayaan.

Apa kesimpulan bagi para peneliti, dokter, dan siapa saja yang mempelajari viktimisasi seksual? Zarchev menyatakan bahwa “pria membawa pengalaman ini tetapi tidak melihat orang meneliti apa yang telah mereka alami. Kita harus berurusan dengan aspek stigmatisasi itu. Jika Anda akan meneliti viktimisasi seksual, Anda harus memasukkan laki-laki, dan ada banyak sekali laki-laki yang menjadi korban.”

***
Solo, Kamis, 3 Maret 2022. 7:25 pm
'salam hangat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko