Manajemen Waktu [9] Tips Manajemen Waktu bagi Pelajar dan Mahasiswa

Tidak ada individu yang dapat belajar secara terus menerus secara teratur. Seseorang perlu waktu untuk beristirahat dan bersantai.

Selasa, 3 Maret 2020 | 14:26 WIB
0
238
Manajemen Waktu [9] Tips Manajemen Waktu bagi Pelajar dan Mahasiswa
ilustr: Modern Teen

Manajemen waktu tidak lain adalah mengatur waktu dengan baik dan melakukan hal yang benar pada waktu yang tepat. Sangat penting bagi individu untuk mengalokasikan slot waktu tertentu untuk tugas sesuai dengan kepentingan dan urgensinya.

Manajemen waktu memainkan peran penting tidak hanya dalam organisasi tetapi juga dalam kehidupan pribadi individu. Pelajar dan mahasiswa yang bercita-cita untuk kursus manajemen atau dalam hal itu setiap kursus profesional perlu menilai waktu untuk mencapai puncak kesuksesan dan tetap tertanam kuat di puncak.

Mari kita pelajari dan coba terapkan beberapa tips Manajemen Waktu untuk Pelajar dan Mahasiswa berikut ini:

  • Tetapkan tujuan untuk diri anda sendiri. Ketahuilah apa yang ingin anda capai dalam hidup. Ambil pena dan kertas dan tulis di tempat yang anda inginkan lima tahun dari sekarang. Menetapkan tujuan untuk diri sendiri memberi anda arah.
  • Atur ruang belajar anda. Atur buku dan bahan belajar dengan baik di tempat masing-masing. Barang alat tulis tidak boleh tersebar di atas meja.
  • Rencanakan studi anda. Memahami apa yang penting semua mata pelajaran dan perlu dilakukan terlebih dahulu. Bacalah silabus anda dengan cermat. Cari tahu bobot masing-masing subjek dan siapkan rencana tugas yang sesuai. Catat semua subjek yang menurut anda harus dibahas dalam satu hari terhadap slot waktu tertentu. Pastikan anda membahas topik-topik penting terlebih dahulu dan kemudian membahas yang relatif lebih mudah. Memulai hari anda dengan sesuatu yang tidak begitu penting hanyalah buang-buang waktu saja.
  • Centang subyek yang telah anda selesaikan. Beri diri anda tepukan di punggung anda. Ingat motivasi diri adalah salah satu alat terbaik untuk sukses.
  • Hindari mengunyah saat belajar. Pilihlah buah-buahan, salad daripada burger yang sarat kalori, wafer, pizza dan lain-lain. Semua itu membuat anda merasa mengantuk dan juga menambah berat badan anda.
  • Lakukan Analisis SWOT untuk diri sendiri. Tidak ada salahnya menulis kelemahan anda. Pahami semua bidang yang anda butuhkan untuk bekerja keras. Mengabaikan subyek yang sulit tidak ada gunanya. Anda harus melakukannya. Tetapkan waktu ekstra untuk mata pelajaran penting. Bersikaplah logis.
  • Hapus semua sumber gangguan dari zona studi anda. Memilih untuk tidak menyimpan majalah, komik, novel, CD, video game di ruang belajar anda. Belajar dan menonton televisi secara bersamaan hanyalah buang-buang waktu.
  • Sertakan juga waktu untuk relaksasi. Tidak ada individu yang dapat belajar secara terus menerus secara teratur. Seseorang perlu waktu untuk beristirahat dan bersantai.
  • Tetapkan waktu untuk revisi juga. Revisi sangat penting dan itu membuat anda sempurna.
  • Jangan beranjak untuk menelepon lama selama waktu belajar. Seseorang perlu menetapkan prioritasnya. Memahami apa yang lebih penting bagi anda? Ingatlah bahwa anda akan memiliki cukup waktu untuk mengejar ketinggalan dengan semua teman anda begitu anda menyelesaikan ujian masuk dan masuk ke salah satu sekolah bisnis impian anda.
  • Pastikan ruang belajar anda memiliki penerangan dan ventilasi yang baik. Sudut-sudut gelap membuat anda merasa mengantuk dan seseorang merasa sulit untuk berkonsentrasi dalam studi dan akhirnya menghabiskan separuh waktunya.
  • Sangat penting untuk memilih waktu yang tepat untuk belajar. Persiapan jenjang pendidikan yang lebih tinggi bukan lelucon dan membutuhkan fokus, konsentrasi dan perencanaan. Bagus juga untuk belajar di pagi hari dengan sedikit atau tanpa gangguan.

***
Solo, Selasa, 3 Maret 2020. 2:08 pm
'salam sukses penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko