Inilah 7 Manfaat Mandi Air Dingin bagi Kesehatan Tubuh

Kejutan dari pancuran air dingin dapat menyebabkan mereka pingsan atau mengalami serangan jantung yang dapat mematikan, terutama jika mereka jatuh dan menabrak dinding.

Kamis, 7 Juli 2022 | 10:25 WIB
0
37
Inilah 7 Manfaat Mandi Air Dingin bagi Kesehatan Tubuh
Mandi Air Dingin

Pepnews - Banyak yang segera menggelengkan kepala memikirkan perlunya membasuh tubuh mereka dengan air dingin. Faktanya, mandi air dingin bisa menjadi cara yang sehat dan seimbang bagi Anda untuk memulai hari. Tidak hanya itu, mandi air dingin juga memiliki manfaat kesehatan dan kebugaran yang berbeda yang belum pernah Anda ketahui sebelumnya.

BACA JUGA : Minyak Kayu Putih Cineole Dragon Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat mandi air dingin untuk kesehatan

1. Tingkatkan kesadaran

Mandi air dingin bahkan sebelum unggas berkokok mungkin adalah hal terakhir yang diinginkan banyak orang. Padahal, menarik napas dalam-dalam saat kita dikejutkan oleh udara sejuk ternyata membuka pernapasan kita dan juga meningkatkan konsumsi oksigen ke seluruh tubuh. Masalah ini pasti membantu meningkatkan detak jantung serta meningkatkan aliran darah sehingga membuat kita tetap nyaman. Ini kemudian memberi kita tendangan kekuatan untuk memulai.

2. Rambut halus serta kulit

Mandi air dingin hanyalah salah satu metode alami untuk menjaga rambut Anda serta kulit yang sehat dan seimbang. Air hangat menghilangkan minyak alami dari kulit dan mengeringkannya. Pada saat yang sama, air dingin benar-benar mengencangkan folikel rambut serta kulit dengan menyempitkan pembuluh darah sementara sementara tubuh bereaksi terhadap penyesuaian tingkat suhu. Mengencangkan folikel dan pori-pori kulit akan melindungi dari kotoran dan unsur berbahaya lainnya dari menyumbat pori-pori kulit dan kulit kepala.

Mandi air dingin juga dapat membuat rambut tampak lebih berkilau, kuat, dan lebih sehat dengan menekan akar rambut, dan meningkatkan kemampuannya untuk mencengkeram kulit kepala.

3. Meningkatkan daya tahan dan sirkulasi darah

Kejutan yang kita rasakan dari percikan awal air dingin dapat menyebabkan jantung memompa darah lebih efektif ke seluruh tubuh. Ini kemudian dapat meningkatkan kondisi kesehatan dan kebugaran termasuk kulit dan juga kesehatan dan kebugaran hati. Melancarkan peredaran darah setelah mandi air dingin juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi, membersihkan plak yang menumpuk di kapiler, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sebuah studi tahun 1994 menemukan penurunan radikal dalam derajat asam urat di seluruh dan berhasil terpapar langsung dengan rangsangan dingin.

4. Turunkan berat badan

Mandi air dingin dapat membantu program penurunan berat badan Anda dengan cara yang tidak terduga. Tubuh manusia mengandung dua jenis lemak, lemak putih dan lemak coklat. Lemak putih adalah akumulasi lemak di sekitar pinggang, perut, dan juga leher yang terjadi ketika kita mengambil lebih banyak kalori daripada yang dibutuhkan tubuh untuk bekerja, dan juga kita tidak membakar lemak putih untuk energi.

Sedangkan lemak coklat adalah lemak baik yang kita manfaatkan untuk menghasilkan kehangatan agar tubuh kita tetap nyaman, serta dibakar saat kita terkena flu berat. Jadi, mandi air dingin dapat meningkatkan metabolisme lemak coklat.

5. Mempercepat pemulihan ketidaknyamanan massa otot dan juga rasa sakit dan juga ketidaknyamanan

Mandi air dingin secara khusus dapat diandalkan dalam meminimalkan ketidaknyamanan massa otot yang tanda dan gejalanya muncul terlambat, seperti beberapa hari setelah Anda pergi ke pusat kebugaran. Air dingin memiliki bangunan regeneratif yang dapat membantu meredakan nyeri otot setelah sesi latihan yang melelahkan.

BACA JUGA : Apa Benar Kolesterol Telor Puyuh Baik untuk Kesehatan?

6. Meringankan kecemasan

Memungkinkan tubuh Anda menjadi dingin tanpa basa-basi lagi dapat membantu meningkatkan toleransi tubuh Anda terhadap ketegangan, baik secara harfiah maupun mental. Ada juga peningkatan glutathione, anti-oksidan yang menjaga semua antioksidan lainnya pada tingkat yang optimal. Setelah mengamati 10 orang berbadan sehat yang berenang secara teratur di air dingin sepanjang musim dingin, para peneliti melaporkan modifikasi tubuh terhadap duplikat stres oksidatif dan kecemasan. Ini menunjukkan peningkatan daya tahan tubuh terhadap serangan sumber stres.

7. Membantu menangani depresi

Meskipun tes yang menggunakan mandi air dingin sebagai pengobatan untuk kecemasan sebenarnya belum dilakukan, paparan langsung berulang-ulang ke air dingin telah terbukti meminimalkan gejala depresi karena efek ekstrim dari reseptor dingin pada kulit, yang mengirimkan sejumlah besar listrik. impuls dari ujung saraf luar ke otak. Ini memiliki efek antidepresan, dan meningkatkan keadaan pikiran, membuat Anda lebih bersemangat untuk menjalani hari itu.

BACA JUGA : Tutup Tirai Saat Tidur untuk Melindungi Kesehatan Anda

Selain itu, beradaptasi dengan paparan langsung air dingin dapat meningkatkan kapasitas tubuh untuk menangani aspek psikologis lain yang datang dengan kecemasan dan juga depresi.

Namun, tidak semua orang bisa mandi air dingin

Sementara mandi air dingin memiliki beberapa manfaat kesehatan, mereka tidak disarankan untuk semua orang. Sensasi goncangan yang sangat kita rasakan dari air dingin padahal bermanfaat untuk menaikkan harga jantung. Namun hal itu dapat berakibat sebaliknya pada orang yang tidak sehat atau berisiko, seperti orang yang lebih tua, lanjut usia, atau yang memiliki masalah jantung. Kejutan dari pancuran air dingin dapat menyebabkan mereka pingsan atau mengalami serangan jantung yang dapat mematikan, terutama jika mereka jatuh dan menabrak dinding.

Referensi : Cara Solat Subuh Qobliyah