Apa Benar Kolesterol Telor Puyuh Baik untuk Kesehatan?

Pastikan jumlah telur yang dikonsumsi tidak berlebihan agar tidak memengaruhi kadar kolesterol pada tubuh Anda.

Selasa, 31 Mei 2022 | 11:49 WIB
0
194
Apa Benar Kolesterol Telor Puyuh Baik untuk Kesehatan?
khasiat telur puyuh

Bagi Sebagian besar masyarakat Indonesia, makanan berupa telur adalah jenis makanan yang sangat disukai. Pengolahannya yang sederhana dan harganya yang terjangkau adalah beberapa faktornya.

Tak hanya itu, kolesterol telur puyuk pun dianggap baik. Apakah benar? mari kita kupas melalui artikel berikut ini.

Walaupun jika dilihat dari segi ukuran, telur puyuh jauh lebih kecil dibanding telur ayam dan bebek. Tapi kandungan gizinya sangat lengkap yang meliputi protein, vitamin A, mineral, lemak, dan lain sebagainya.

Kandungan Kolesterol Telur Puyuh
Lalu bagaimana dengan kandungan kolesterol yang terdapat pada telur puyuh? Apakah memang benar kandungannya baik untuk kesehatan atau tidak. Apabila ditakar dengan jumlah porsi yang sama, maka kandungan kolesterol pada telur ini memang lebih tinggi dari telur ayam?

Kandungan kolesterol pada satu porsi telur ayam hanya 210 mg saja, tapi kadar kolesterol dalam telur puyuh dengan jumlah satu porsi bisa mencapai 422 mg. Namun hitungan kolesterol tersebut berasal dari satu porsi telur.

Tapi jika perhitungannya dari per butir telur maka hasilnya tidak sama. Jika dihitung per butir telur maka kandungan kolesterol di telur ini jauh lebih kecil dari kandungan kolesterol pada telur ayam. Jumlah atau kadar kolesterolnya hanya 75,96 mg saja.

Tapi logikanya, kebanyakan orang tidak akan mengonsumsi telur puyuh hanya satu butir saja. Berbeda dengan telur ayam yang ukurannya besar konsumsinya pun tentu cukup satu butir saja. Tapi jika makan telur puyuh tentu Anda akan mengonsumsi lebih banyak tidak hanya satu butir.

Bagi orang yang kondisinya sehat dengan kadar kolesterol normal maka konsumsi telur ini dianggap menyehatkan, selama jumlahnya tidak berlebihan. Tapi jika Anda memiliki kadar kolesterol tinggi sebaiknya makan telur puyuh sedikit saja.

Manfaat Telur Puyuh
Apakah telur puyuh bisa menyebabkan kolesterol? Pertanyaan ini sering ditanyakan oleh banyak orang yang belum paham. Selama jumlah telur yang dikonsumsi tidak berlebihan maka kolesterol telur ini tidak akan terlalu membahayakan kesehatan tubuh.

Mari kita lihat ada manfaat apa saja dari telur puyuh ini:

1. Menjadi Sumber Protein Alami
Asupan protein alaminya yang tinggi dalam telur puyuh memiliki fungsi untuk regenerasi sel, memperbaiki jaringan otot, dan juga memperbaiki jaringan yang rusak. Sama halnya dengan telur unggas lainnya yang juga kaya dengan kandungan protein, telur puyuh juga mengandung protein yang menyehatkan tubuh.

2. Mengurangi Risiko Terkena Anemia
Terdapat kandungan zat besi juga pada telur puyuh yang cukup tinggi. Sehingga telur puyuh bisa mengurangi risiko terkena penyakit anemia. Telur puyuh juga baik dikonsimsi oleh anak-anak yang mengalami kurang darah.

3. Meningkatkan Metabolisme Tubuh
Selain kandungan kolesterol telur puyuh, ada juga kandungan vitamin B di dalam telur puyuh yang mampu meningkatkan aktivitas metabolisme. Termasuk dalam menjaga kinerja hormon dan juga enzim di dalam tubuh.

4. Baik untuk Kesehatan Mata
Kandungan vitamin A yang juga terdapat dalam telur puyuh juga sangat baik untuk kesehatan mata. Vitamin A dapat mencegah risiko terjadinya gangguan kesehatan pada mata, misalnya katarak.

Vitamin A dari telur puyuh juga bisa mengatasi degenerasi makula. Oleh sebab itu, Anda bisa konsumsi telur puyuh jika ingin membuat mata selalu sehat. Pastikan jumlah telur yang dikonsumsi tidak berlebihan agar tidak memengaruhi kadar kolesterol pada tubuh Anda.

Jelas sudah bahwa kolesterol telur puyuh bergantung dari jumlah seseorang mengkonsumsi telur itu sendiri. Selain itu, Anda juga bisa memilih telur puyuh yang kaya nutrisi serta omega 3 seperti Telur Puyuh Indofarm. Telur Indofarm juga dihasilkan dengan cara organik sehingga terbebas dari bahan kimia serta bakteri.

Indofarm merupakan peternakan ayam modern yang memperioritaskan kualitas unggas ternak serta telurnya yang baik untuk kesehatan. Kunjungi halaman produk Indofarm untuk mempelajari beragam pilihan telur dan melakukan pemesanan.

***