Halal

Inisiatif Kementerian Agama meluncurkan sertifikat HALAL ini jelas sebuah terobosan penting dan harus diberi dukungan. Harus kita dukung.

Minggu, 13 Maret 2022 | 21:53 WIB
0
141
Halal
Halal (Foto: koinworks.com)

Seru ya... perdebatan netizen perihal lambang "Halal"/ حلال baru keluaran Kementerian Agama. Saya ditanya.. menurutmu gimana, Tulz?

Saya tahu pertanyaan ini ditujukan kepada saya dalam konteks desain. Ya, karena saya orang yang berkecimpung di dunia kreatif dan desain, bukan ahli agama, ustad, apalagi ulama.

Menurut saya, saya lebih suka logo Halal menggunakan tulisan arab: حلال. Kenapa? karena tulisan arab barusan sudah menjadi simbol universal atau logogram.

Rasanya semua orang di Indonesia... jangan-jangan se-dunia, sudah mengenal simbol حلال sebagai label atau penanda makanan dan minuman yang boleh dikonsumsi orang Islam. Simbol barusan banyak saya temui di banyak negara tentunya.

Jadi, kenapa tidak menggunakan "simbol" yang sudah umum saja? Perihal frame-nya sih terserah lah, mau pakai ornamen gunungan, segi-lima ala TNI, padi-kapas atau apa pun sih bebas. Selama yang muncul sebagai penanda utamanya ya tulisan arab, atau simbol حلال itu saja.

Jadi pertimbangan saya bukan beda atau tidak beda, lalu ada yang menjelaskan pemaknaannya dalam kaidah bahasa Arab, ada juga yang menjelaskan bahwa keragaman ini biasa digunakan di banyak negara dan seterusnya. Ya itu semua betul... makanya saya hanya bisa kasih pandangan dari aspek desain dan kemudahan dibaca oleh publik saja koq.

Di luar itu?

Ah, jelas inisiatif Kementerian Agama meluncurkan sertifikat HALAL ini jelas sebuah terobosan penting dan harus diberi dukungan. Harus kita dukung... kenapa?

Menurut saya karena, kalau hanya mengandalkan sertifikasi HALAL dari MUI, kasihan mereka pengajuan yang masuk banyak sekali sementara mereka nampak kewalahan. Akhirnya proses sertifikasi halal bagi UMKM bisa lama sekali. Kalau gak ada sertfikasi HALAL-nya maka si UMKM susah berjualannya.

Jadi, saya sangat mendukung dengan sertfikasi HALAL dari Kemenag.. Semoga menjadi manfaat bagi banyak pihak.

***