TV [20] Sistem Penghargaan dan Pengakuan di Tim Virtual

Kunci untuk membuka potensi penuh dari sistem manajemen kinerja tim virtual terletak pada tujuan kinerja yang dimodifikasi dan program penghargaan dan pengakuan yang berbeda.

Minggu, 31 Januari 2021 | 10:39 WIB
0
144
TV [20] Sistem Penghargaan dan Pengakuan di Tim Virtual
ilustr: Achievers

Dalam kasus tim tradisional yang ditempatkan bersama, pesta pizza, makan siang/makan malam, dan lain-lain adalah pendekatan umum untuk merayakan kesuksesan tim sementara penghargaan tunai atau non-tunai seperti penghargaan publik, barang dagangan atau sertifikat yang disesuaikan digunakan untuk mengakui kinerja individu. Tetapi ketika tim didistribusikan secara global, itu menjadi tantangan untuk memberi penghargaan dan mengakui kemenangan mereka dengan cara yang menggembirakan.

Perayaan semacam itu lebih penting dalam lingkungan tim virtual karena perasaan terisolasi lebih banyak dialami oleh anggota mereka dibandingkan dengan tim yang ditempatkan bersama. Beberapa manajer menyadari hal ini dan untuk menebus jarak, mengirim email ucapan selamat atau memberikan pujian singkat selama 5 menit melalui telepon. Tetapi gerakan ini sebenarnya kurang memiliki semangat yang sebenarnya untuk mengakui kinerja karyawan atau tim. Ini menarik selimut basah atas antusiasme orang-orang.

Sebagai pemimpin tim virtual, seseorang harus memikirkan kotak dan menghasilkan ide-ide kreatif untuk mengakui kinerja yang baik untuk menjaga moral tim tetap tinggi. Berikut adalah beberapa cara yang berarti untuk mengenali kinerja individu dan tim yang membuat mereka merasa dihargai dan dihargai:

1. Sebelum memulai pertemuan tinjauan luangkan waktu untuk mengakui keberhasilan proyek. Baik manajer dan anggota tim dapat bergiliran untuk menghargai kinerja satu sama lain dengan menyoroti tindakan spesifik yang berkontribusi pada kesuksesan grup. Ini juga akan meningkatkan ikatan tim.

2. Jika perangkat lunak kolaborasi misalnya SharePoint digunakan untuk berbagi data dan informasi, maka bagian tambahan dapat ditambahkan untuk memamerkan perayaan dengan tab seperti ulang tahun, hari jadi, hobi dan gambar dll. Ini sangat berguna jika Anda memiliki anggota tim yang bekerja di seluruh zona waktu .

3. Manfaatkan peluang seperti open house, panggilan klien, pertemuan kelompok dll untuk menarik perhatian pada kinerja yang baik.

4. Gunakan sertifikat elektronik, buletin elektronik, atau pengumuman elektronik untuk mengutip upaya yang berkontribusi pada kesuksesan.

5. Perayaan virtual adalah metode yang inovatif tetapi jarang digunakan untuk merayakan kesuksesan tim. Seseorang dapat mengirim kupon ke restoran/kedai kopi terdekat atau memesan secara online untuk pengiriman item makanan (seperti pizza, kue, coklat, dan lain-lain.) Orang-orang kemudian dapat menggunakan telekonferensi atau bahkan konferensi video yang lebih baik untuk sesi obrolan informal tentang bagaimana mereka bekerja menuju kesuksesan.

6. Beberapa barang dagangan desktop dengan logo perusahaan dan ucapan selamat yang dipersonalisasi oleh manajemen senior juga memberikan rasa bangga yang luar biasa bagi karyawan.

Penting untuk disebutkan di sini bahwa meskipun bagian dari program R&R harus memperhatikan kinerja individu untuk menginspirasi setiap anggota menuju produktivitas yang lebih tinggi, tetapi pada saat yang sama penekanan utama harus ditempatkan pada upaya kelompok karena hanya dengan demikian orang akan bersatu dan berkolaborasi bersama untuk memberikan hasil .

Anggota tim virtual tampil di lingkungan kerja lintas fungsi, lintas organisasi, dan multi budaya yang unik, oleh karena itu indikator kinerja utama mereka juga harus fokus pada bekerja melintasi batas organisasi, berbagi pengetahuan untuk mendukung tugas kelompok, ambiguitas serta kemampuan beradaptasi dengan budaya yang berbeda.

Kunci untuk membuka potensi penuh dari sistem manajemen kinerja tim virtual terletak pada tujuan kinerja yang dimodifikasi dan program penghargaan dan pengakuan yang berbeda. Anggota tim virtual membutuhkan penguatan terus-menerus bahwa mereka adalah aset penting organisasi dan kontribusi mereka sangat menentukan keberhasilan organisasi.

***
Solo, Minggu, 31 Januari 2021. 10:15 am
'salam sukses penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko