Pentingnya Menjadi "Outliers" bagi Pegawai Ditjen Pajak

Indonesia bisa maju, bukti dan alasannya adalah kita selalu dapat menemukan orang-orang istimewa yang mendedikasikan pekerjaannya dengan pikiran, hati maupun keinginan tekadnya.

Minggu, 25 Agustus 2019 | 09:42 WIB
0
47
Pentingnya Menjadi "Outliers" bagi Pegawai Ditjen Pajak
Saya di acara Penghargaan Kinerja Pegawai Ditjen Pajak (Foto: Dok.pribadi)

Ini adalah suatu komitmen dari Direktorat Jenderal Pajak (DJP) untuk terus menerus mencari talenta dan memberikan pengakuan dan bahkan memberi penghargaan untuk dapat memberikan contoh yang nyata. Kita punya 44.843 pegawai di DJP, jadi untuk anda menjadi orang yang sama dengan 44.843 itu sudah pasti biasa saja. 

Namun ternyata di dalam lingkungan kerja yang sama, muncul tokoh-tokoh yang menyikapi bahwa pekerjaan saya, cara saya bekerja, bagaimana saya menjalankan tugas, sesuatu yang saya sebut kewajiban, semuanya itu bisa dilakukan dengan cara yang berbeda dan luar biasa.

Ini menggambarkan bahwa ada suatu energi atau karakter otentik yang betul betul orisinil, tidak di buat-buat hanya pada saat ada penjurian. Orang-orang yang memang di dalam DNAnya, didalam dirinya, pikiran, hati, sikap dia, cara dia bicara, cara dia menjalankan tugas, tergambarkan suatu adanya bibit unggul dan itu tidak selalu harus punya korelasi dengan struktur/tingkat jabatannya.

Artinya untuk orang menjadi istimewa tidak harus menjadi Menteri Keuangan dulu baru keliatan bahwa anda itu istimewa, tidak harus menjadi Dirjen dulu atau Eselon I, II atau III dulu baru bisa lihat bahwa saya itu istimewa.

Atau berkata "Kalau ibu mempromosikan saya di jabatan itu baru nanti kelihatan bahwa saya istimewa". Jangan pernah mencari alasan seperti itu untuk dapat berprestasi dan bekerja secara luar biasa.

Indonesia memang bisa maju, bukti dan alasannya adalah kita selalu dapat menemukan orang-orang istimewa yang mendedikasikan pekerjaannya dengan pikiran, hati maupun keinginan tekadnya untuk tidak sekedar menjadi pekerja biasa. 

Oleh karena itu saya sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya, saya selalu hadir di acara seperti ini yang menumbuhkan harapan optimisme di dalam diri saya.

Jakarta, 21 Agustus 2019
Penghargaan Kinerja Pegawai Ditjen Pajak 2019