Perubahan Minor Tampilan PepNews!

Jumat, 15 Februari 2019 | 07:43 WIB
1
510
Perubahan Minor Tampilan PepNews!
PepNews tampilan baru (Foto: Pepih Nugraha)
 
 
Pengguna, penulis dan pembaca PepNews.com yang budiman, hari ini ada perubahan minor terkait tampilan halaman depan dan halaman baca media warga bertagline "Netizen Polite" ini. Perubahan terkait jumlah Headline (HL) dan pemilihan huruf yang lebih tegas.
 
Jika sebelumnya HL hanya menampilkan 1 tulisan yang dianggap "hype", menarik dan menjadi trending topic media sosial, maka dalam PepNews tampilan baru ini ditambah menjadi 5 tulisan HL yang bergerak secara "sliding" mengikuti tanda panah kiri atau kanan. Mengapa harus 5 HL, ini pun mengikuti tren sebab sejatinya isu yang paling panas dibicarakan lebih dari satu topik setiap harinya.
 
Di bawah "Latest News" yang nanti akan diganti "Terbaru" , ditambahkan INDEX untuk memudahkan pembaca maupun menulis menelusur tulisan-tulisan terbaru yang tayang. Sedangkan "editor choice" yang berada di tengah atau di bawah HL, diganti menjadi FEATURE.
 
Tulisan yang berada di posisi FEATURE ini tidak tertutup kemungkinan akan diangkat menjadi HL jika tren pembaca terhadap tulisan yang berada di posisi ini menjadi populer dan dibaca banyak orang secara masif. Sebaliknya, tulisan HL akan menempati posisi FATURE jika masih banyak dibaca orang tetapi sudah terlalu lama berada di posisi HL.
 
Pada perubahan selanjutnya, FEATURE ini akan menjadi "reader/writer choice" di mana para pembaca maupun penulis memilih minimal 3 rubrik yang paling disukainya, sehingga "customize" yang ada adalah halaman masing-masing pengguna/penulis/pembaca PepNews akan berbeda-beda, kecuali untuk HL, Terbaru, dan Terpopuler.
 
Nah, Terpopuler yang biasanya menampung 5 tulisan, sekarang ditambah menjadi 8 tulisan dengan tampilan sebersih mungkin, cukup berupa teks untuk judul, angka untuk rating dan jumlah keterbacaan.
 
Kiranya perubahan minor ini tidak berarti banyak buat para pengguna PepNews yang alhamdulillah makin hari makin bertambah banyak -baik yang mendaftarkan diri sebagai penulis, jumlah pembaca maupun jumlah tulisan yang ditayangkan- namun tidak demikian bagi saya dan tim superkecil selaku pengelolanya.
 
Perubahan kecil yang kami namakan v2.5 ini akan menjadi pijakan untuk perubahan v.3 yang menurut "roadmap" harus sudah muncul sebelum Idul Fitri tahun ini. Pada perubahan v.3 nanti "Revolusi Besar" PepNews akan terjadi karena ia akan menjadi "marketplace for writer/publisher" dalam bentuk aplikasi Android maupun iOS yang sedang kami bangun secara perlahan-lahan, sesuai kemampuan finansial saya pribadi sebagai seorang pensiunan hahaha....
 
Karena akan menjadi "marketplace for writer/publisher", maka para penulis yang mendaftarkan diri (register) di PepNews sudah harus melengkapi data-data diri secara benar, baik untuk nama jelas/asli sesuai KTP, foto diri yang asli, akun bank, dan mengisi "field" untuk preferensi/hobi yang benar.
 
Mengapa, sebab mesin PepNews yang sedang kami kembangkan akan mendeteksi preferensi masing-masing penulis/pembaca/pengguna ini, yang berguna saat mesin mencari penulis untuk kepentingan "pro" berupa permintaan menulis (on demand) mapun berupa kegiatan (activity/kopdar) yang diselenggarakan PepNews.

Hanya nama yang sesuai KTP dan isian yang benar saja yang dapat mengikuti berbagai aktivitas kopdar di PepNews.

Untuk itulah mereka yang mendaftarkan diri menjadi penulis di PepNews, khususnya yang mendidikasikan diri menulis secara profesional, adalah para penulis berkategori "advance" atau paling rendah "intemediate" (yang akan berusaha menjadi "advance"). Karenanya para penulis di PepNews bukan lagi para penulis pemula atau debutan yang sekadar coba-coba menulis.
 
Singkat kata, PepNews bukan media warga bagi mereka yang mulai belajar menulis, melainkan mereka yang menulis untuk tujuan lebih "pro", yang mampu mengkapitalisasi kemampuan menulisnya di PepNews.
 
Namun demikian, para penulis yang tidak berniat untuk menjadikan menulis sebagai profesi atau menghasilkan "revenue", masih tetap dapat menulis dengan nyaman di PepNews, sekadar aktualisasi diri bahwa "aku masih ada" dan siap berbagi pengetahuan atau pengalaman dengan pembaca lainnya.
 
Salam dan semangat perubahan!
 
PEPIH NUGRAHA
 
***