Kenali Sejarah Kota Mojokerto Tempat Wisata Bersejarah

Selasa, 2 Januari 2024 | 11:47 WIB
0
109
Kenali Sejarah Kota Mojokerto Tempat Wisata Bersejarah
Mojokerto

Provinsi Jawa Timur merupakan provinsi yang mempunyai wilayah yang sangat luas. Dengan wilayah yang cukup luas, Provinsi Jawa Timur kaya akan berbagai tempat wisata dan tempat bersejarah.

Salah satu yang paling terkenal adalah daerah Mojokerto. Dengan banyaknya peninggalan kerajaan Majapahit yang ada di sana, Mojokerto dikenal sebagai daerah yang paling banyak menyimpan sejarah. Lalu tempat bersejarah apa saja yang ada di Mojokerto? disini akan kami rangkum mengenai Sejarah Kota Mojokerto pada artikel dibawah ini:

Sejarah Kota Mojokerto

Jika anda melihat sejarah Kota Mojokerto saat ini, kita dapat melihat latar belakang berdirinya kota tersebut. Kota Mojokerto didirikan pada tanggal 20 Juni dan apa yang menjadi dasar berdirinya Kota Mojokerto, nama Mojokerto sendiri berasal dari “Jepang”.

Hal ini sesuai dengan perubahan nama secara resmi pada tahun 1838, sebagaimana tercantum dalam Surat Keputusan Gubernur Jenderal Hindia Belanda tanggal 12 September 1838 Nomor 4 (Stb. HB 1838 Nomor 30) tentang perubahan nama Kabupaten Jepang menjadi Kabupaten Mojokerto. 

Sedangkan pada masa pemerintahan Gubernur Jenderal Raffles dari Inggris, sebagai penerus Daendeles dari Belanda yaitu pada tahun 1816 menerima pelepasan tanah bentang alam Wirosobo (meliputi wilayah Mojoagung dan Jombang) dari Sunan Surakarta. 

Tanah ini disatukan dengan Kabupaten Jepang. Kemudian pada tanggal 12 September 1838 nama Kabupaten Jepang menjadi Kabupaten Mojokerto dan Daerah Wirosobo menjadi Kabupaten tersendiri yaitu Kabupaten Jombang.

Destinasi Wisata Bersejarah di Mojokerto

Mojokerto merupakan kota kecil yang penuh sejarah, Majapahit salah satunya. Banyak sekali sejarah Majapahit kuno yang masih berdiri kokoh di tanah Mojokerto. Di Mojokerto terdapat sebuah desa bersejarah bernama Desa Wisata Bejijong. Lokasinya berada di Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. 

Di desa Bejijong banyak sekali tempat wisata indah yang bisa dikunjungi. Selain berwisata, Anda juga bisa mendapatkan wawasan tentang sejarah kerajaan Majapahit kuno. Berikut beberapa tempat Wisata Bersejarah di Mojokerto:

Rumah Majapahit

Rumah Majapahit merupakan rumah penduduk desa Bejijong yang dibangun sedemikian rupa seperti bangunan kerajaan Majapahit kuno. Perkembangan ini dilakukan pada masa pemerintahan Dr. H. Soekarwo, SH, H. Hum atau Pakde Karwo. 

Membangun rumah dengan arsitektur kerajaan Majapahit bukan tanpa tujuan, melainkan untuk membangkitkan nuansa Majapahit yang penuh sejarah. Beberapa warga juga memanfaatkan Rumah Majapahit ini sebagai Homestay dengan fasilitas yang baik. Dengan harga terjangkau mulai dari Rp 100.000 per malam hingga harga lebih tinggi sesuai fasilitas yang diinginkan wisatawan.

Candi Brahu

Candi Brahu ini letaknya berada di Dusun Bejijong, Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan diKabupaten Mojokerto. Kuil ini merupakan kuil yang dibangun dengan gaya dan budaya Budha. Bahkan Perkiraan candi brahu ini didirikan pada abad ke-15 Masehi. Disekitar Candi Brahu juga terdapat gazebo, taman bunga dan rerumputan yang rindang sehingga sangat bagus dan cocok untuk dijadikan spot foto anda.

Patung Buddha Tidur

Patung Buddha Berbaring terletak di Jl. Raya Trowulan, Dusun Kedungwulan, Bejijong, Kecamatan. Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur 61362 . Patung Buddha Tidur ini berukuran panjang 22 meter, lebar 6 meter, dan tinggi 4,5 meter. Di dalam tempat ini terdapat tempat ibadah umat Hindu-Budha. 

Bahkan disana juga terdapat kolam ikan dan juga sebuah bunga teratai yang menghiasi bagian bawah patung. Fasilitas yang bisa Anda dapatkan ketika berkunjung ke sana adalah tempat ibadah umat Buddha, melihat miniatur berbagai candi, banyak patung Buddha, taman luas, toilet, tempat parkir, musala, tempat makan, dan oleh-oleh khas patung Budha Tidur. 

Fakta Menarik Tentang Mojokerto

Berikut ini mengenai fakta menarik tentang mojokerto perlu diketahui:

Sumber Arkeologi yang Kaya

Selain candi-candi tersebut, Mojokerto juga terkenal karena ditemukannya fosil manusia purba di kawasan ini.

Kuliner Khas Mojokerto

Mojokerto juga mempunyai kuliner yang unik dan lezat. Salah satu makanan khas yang patut untuk dicoba adalah sambal wader Mojokerto. Sambal wader terbuat dari ikan wader yang dibudidayakan masyarakat setempat ditambah berbagai bumbu sambal khas.

Industri Manufaktur yang Berkembang Pesat

Selain sebagai kota bersejarah, Mojokerto juga berkembang pesat di bidang manufaktur. Kota ini terkenal dengan berbagai pabrik dan industri yang menghasilkan berbagai produk seperti sepatu, tekstil, dan makanan olahan. Ini telah menjadi sumber lapangan kerja yang signifikan bagi penduduk setempat.

Kota Ramah Wisatawan

Mojokerto juga terkenal dengan keramahan masyarakatnya. Penduduk lokal seringkali sangat ramah terhadap wisatawan dan bersedia memberikan informasi dan bantuan kepada mereka yang mengunjungi kota tersebut.

Mojokerto adalah kota menarik yang menawarkan banyak hal, mulai dari sejarah dan budaya hingga alam yang indah. Jika Anda berencana berwisata ke Jawa Timur, jangan lewatkan kesempatan menjelajahi Kabupaten dan Kota Mojokerto.

Demikian penjelasan dari saya tentang Kenali Sejarah Kota Mojokerto tempat wisata bersejarah seperti yang dilansir alexistogel semoga bermanfaat terimakasih.