Cara Membuat Rencana Strategis Pribadi untuk Tujuan Anda

Luangkan beberapa jam untuk berpikir dan membuat rencana strategis pribadi untuk menempatkan diri Anda di jalur yang benar hari ini.

Sabtu, 30 April 2022 | 13:20 WIB
0
270
Cara Membuat Rencana Strategis Pribadi untuk Tujuan Anda
image: iMindQ

Membuat rencana strategis pribadi diperlukan untuk mencapai tujuan Anda, sehingga Anda dapat mengambil tindakan dan berhenti bertanya-tanya: bagaimana cara mencapai tujuan ini. Sebagian besar perusahaan melakukan itu, tetapi untuk beberapa alasan, beberapa individu yang berbakat dan termotivasi tidak melakukannya. Tidak masuk akal, namun, orang secara luas memikirkan tujuan mereka tetapi tidak membuat strategi pribadi untuk mencapainya.

Dalam artikel ini, saya akan membahasnya karena ini adalah salah satu tugas paling penting yang dapat Anda lakukan untuk mengubah jalan hidup Anda.

Menentukan Rencana Strategis Pribadi Anda

Mari kita mulai dengan contoh sempurna dari Johan (nama samaran). Sebagai seorang anak, dia bermain sepak bola, bisbol, dan bola basket, tetapi dia tidak hebat dalam salah satu dari itu. Pada usia 15, dia mencoba bergabung dengan tim bola basket dan gagal. Dia terlalu pendek dan berhasil masuk untuk membawa seragam pemain bintang. Cerita berlanjut saat dia terus berlatih keras, bangun jam 6 pagi setiap hari, dan setelah satu tahun akhirnya berhasil masuk ke tim bola basket yang kalah di tiga turnamen pertama.

Dia terus berlatih lebih keras dan akhirnya menjadi pemain bola basket paling berpengaruh sepanjang masa—Michael Jordan.

Anda mungkin berpendapat bahwa ini jelas merupakan kombinasi dari bakat mentah dan kerja keras untuk para atlet. Namun, tidak ada yang bisa mengatakan bahwa tanpa latihan dan kerja keras selama bertahun-tahun untuk tujuan yang sama, individu pekerja keras ini tidak akan pernah mencapai prestasinya.

Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk menentukan strategi Anda dan kemudian mengejarnya. Ini tidak dapat menjamin bahwa Anda akan menjadi atlet kelas dunia, tetapi dapat menjamin bahwa Anda akan memiliki peluang terbaik untuk mencapai tujuan Anda dengan serangkaian kemampuan unik Anda.

Kami akan memberi Anda metode yang terbukti berdasarkan penelitian untuk mempersiapkan rencana strategis pribadi Anda.

Apa itu Rencana Strategis Pribadi?

Menurut sebuah artikel di Journal of Management Research, “strategi pribadi yang efektif berarti mampu berpikir dalam berbagai kerangka waktu, mengklarifikasi apa yang ingin dicapai seseorang dari waktu ke waktu serta apa yang perlu dilakukan dalam jangka pendek untuk mencapainya. ” Dengan kata lain, itu berarti menetapkan visi dan rencana untuk melaksanakannya.

Pola pikir pertumbuhan sangat penting ketika menyiapkan rencana strategis pribadi. Jika tidak, itu tidak akan cukup ambisius — dan jika Anda di sini memikirkan tujuan jangka panjang Anda, itu berarti Anda mungkin sudah memiliki mindset berkembang.

Menurut sebuah esai di Harvard Business Review, “individu yang percaya bakat mereka dapat dikembangkan (melalui kerja keras, strategi yang baik, dan masukan dari orang lain) memiliki mindset berkembang. Mereka cenderung mencapai lebih dari mereka yang memiliki pola pikir yang lebih tetap (mereka yang percaya bahwa bakat mereka adalah bakat bawaan).”

Sifat utama yang terkait dengan kesuksesan adalah perencanaan. Terkadang lebih penting daripada bakat.

Ada banyak metode untuk membangun strategi pribadi Anda, dan saya akan membahas beberapa di antaranya. Ini semua berbagi pemahaman tentang visi tingkat tinggi, rasa nilai-nilai Anda, dan langkah-langkah praktis tentang cara menuju ke sana.

Cakrawala Fokus

David Allen adalah salah satu spesialis manajemen waktu terkemuka secara global dengan bukunya yang terkenal, Getting Things Done: The Art of Stress-Free Productivity. Salah satu aspek manajemen waktu adalah pemahaman tentang apa yang perlu Anda selesaikan dalam rencana strategis pribadi.

Metodenya mencakup cakrawala berikut:

Cakrawala 5: Tujuan dan Prinsip

Di sinilah Anda menetapkan visi Anda untuk hidup. Tentu saja, ini adalah hal besar yang mengharuskan Anda memikirkan apa yang akan Anda senangi jika Anda capai beberapa dekade dari sekarang. Sub-pertanyaan adalah pekerjaan, lini industri, dampak, dan warisan mana yang Anda minati.

Metode yang sangat baik untuk memeriksanya adalah dengan menggunakan proses "lima mengapa". Dalam metode sederhana ini, Anda harus bertanya pada diri sendiri "mengapa" untuk membantu Anda memahami alasan sebenarnya untuk memilih visi Anda.

Misalnya, jika Anda ingin menjadi pengusaha sukses, Anda bisa bertanya pada diri sendiri mengapa demikian. Jika "mengapa" ingin memberi dampak, Anda dapat mengajukan pertanyaan tambahan kepada diri sendiri, seperti apakah ini cara terbaik untuk melakukannya.

Jika Anda memutuskan demikian, Anda mungkin bertanya-tanya mengapa Anda ingin menciptakan dampak. Mungkin karena ada sesuatu yang sangat Anda pedulikan.

Visi Anda seharusnya tidak hanya pada tujuan profesional; itu harus ada di setiap tujuan hidup yang Anda pedulikan. Contoh buruknya adalah: "Menjadi pengusaha paling sukses yang pernah ada." Itu tidak unik dan tidak menjawab keinginan dan kebutuhan batin Anda. Yang baik akan spesifik, non-generik untuk Anda dan tujuan pribadi Anda.

Dengan memilih tujuan jangka panjang yang spesifik untuk Anda, Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya untuk mencari tahu seperti apa beberapa tahun ke depan.

Bagian kedua dari cakrawala ini adalah prinsip. Dengan memilih prinsip Anda, Anda dapat memeriksa kembali pilihan Anda dan melihat apakah itu sesuai dengan harapan Anda dari diri sendiri.

Cakrawala 4: Visi Tiga hingga Lima Tahun

Sekarang setelah Anda mendefinisikan dengan jelas tujuan hidup Anda sebagai bagian dari rencana strategis pribadi Anda, Anda dapat merencanakan beberapa tahun ke depan. Setiap tujuan ambisius membutuhkan waktu untuk dicapai. Anda harus merencanakan bagaimana menuju ke sana dan memahami bahwa fleksibilitas sangat penting selama masa-masa ini, karena ada banyak perubahan yang terjadi.

Ini adalah saat Anda memutuskan tujuan tertentu, seperti jalur karier. Jika Anda bertujuan untuk menjadi penulis, dan tujuan Anda adalah menjadi kolumnis di New York Times, apa yang akan membawa Anda ke sana? Jika impian Anda adalah memulai startup yang sukses, apa yang dapat Anda lakukan untuk mempelajari hal-hal yang benar agar Anda memenuhi syarat sebagai wirausahawan terkemuka?

Saat mempertimbangkan langkah spesifik berikutnya yang harus Anda ambil, selalu disarankan untuk mencari mentor untuk berkonsultasi. Ini adalah seseorang yang Anda kagumi dan bayangkan hidup mereka sebagai salah satu yang ingin Anda miliki. Mereka biasanya setidaknya 10-15 tahun lebih tua dan sukses dalam mencapai tujuan mereka.

Apa yang akan menjadi langkah selanjutnya untuk membawa Anda ke visi Anda? Ini bukan pertanyaan yang mudah untuk dijawab, tetapi secara umum, Anda harus membayangkan jalan yang terkadang tidak 100% jelas dan masih membawa Anda ke arah yang benar.

Cakrawala 3: Sasaran dan Sasaran Satu hingga Dua Tahun

Apa tujuan yang akan dicapai tahun depan?

Katakanlah Anda memilih jalur karier tertentu. Sekarang, Anda harus fokus pada kriteria utama dan indikator kinerja utama yang akan membantu Anda mencapainya. Itu mungkin tampak jauh dari visi Anda, tetapi visi, pada dasarnya, agak jauh.

Jika Anda memutuskan ingin menjadi pengusaha sukses dalam lima tahun untuk memberikan dampak positif terhadap perubahan iklim, tetapi Anda masih merasa tidak memiliki pengetahuan untuk melakukan itu, langkah pertama mungkin adalah bekerja untuk startup yang melakukan hal itu.

Ketika Anda melihat tahun pertama bekerja untuk startup itu, mungkin ada baiknya untuk memahami persyaratan pekerjaan Anda dan bersiap untuk menjadi yang terbaik dalam melakukannya. Dengan melakukan itu, Anda berada di jalan yang benar menuju impian Anda.

Cakrawala 2: Area Fokus dan Akuntabilitas

Setelah mempelajari apa yang Anda butuhkan untuk merencanakan beberapa tahun ke depan, sekarang kita masuk ke hal-hal penting sehari-hari. Apa saja beberapa hal utama yang penting bagi kesuksesan Anda dalam mencapai tujuan Anda?

Ini adalah bagian ketika Anda memahami tanggung jawab Anda sehari-hari dan unggul dalam membuatnya. Membuat daftar tugas harian mungkin berguna pada tahap ini. Ini adalah salah satu cara untuk membuat diri Anda bertanggung jawab ketika Anda memutuskan langkah-langkah harian yang perlu Anda ambil untuk melaksanakan rencana strategis pribadi Anda.

Ini juga merupakan cakrawala yang akan membantu Anda menghindari penundaan, karena Anda akan memiliki gagasan yang jelas tentang apa yang harus dilakukan dan kapan.

Cakrawala 1: Proyek

Ini adalah loop terbuka dari tujuan Anda yang perlu dicapai. Salah satu contohnya adalah mengedit film perusahaan itu. Yang lain mungkin sedang menyelesaikan laporan itu. Bisa juga hal-hal yang bersifat pribadi, seperti mengadakan pesta ulang tahun untuk adikmu.

Anda memiliki banyak dari ini, dan sesekali, disarankan untuk memastikan bahwa mereka selaras dengan tujuan tingkat yang lebih tinggi yang Anda miliki.

Setelah Anda menambahkan semuanya ke kalender, langkah terakhir adalah benar-benar menyelesaikannya. Anda dapat menggunakan banyak sistem manajemen proyek, seperti Monday, Asana, Notion, dan lainnya. Di Notion, mereka sebenarnya memiliki template yang disiapkan untuk metode yang disarankan ini.

Metode Tambahan

Metode di atas hanyalah salah satu dari banyak cara untuk mengembangkan rencana strategis pribadi Anda.

Satu lagi disebut V2MOM, ditemukan oleh pendiri Salesforce. Idenya adalah bertanya pada diri sendiri lima pertanyaan—beberapa di antaranya juga ditanyakan di atas—yang akan membantu Anda memperjelas visi Anda dan mendapatkannya.

Kelima pertanyaan tersebut adalah:

Vision: Apa yang ingin Anda capai?
Values: Apa yang penting bagi Anda?
Methods: Bagaimana Anda mendapatkannya?
Obstacles: Apa yang menghalangi Anda untuk sukses?
Measures: Bagaimana Anda tahu bahwa Anda memilikinya?

Pikiran Akhir

Seperti disebutkan, mengetahui ke mana Anda ingin pergi dan mempersiapkannya memiliki dampak besar pada kesuksesan Anda dalam hidup. Itu mungkin tampak jelas, tetapi beberapa orang ambisius tidak mengatur hidup mereka dengan cara yang membantu mereka memposisikan diri mereka sebaik mungkin untuk berhasil. Luangkan beberapa jam untuk berpikir dan membuat rencana strategis pribadi untuk menempatkan diri Anda di jalur yang benar hari ini.

***
Solo, Sabtu, 30 April 2022. 1:08 pm
'salam hangat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko