Budaya Organisasi [9] Kemunduran Budaya Organisasi

Kamis, 24 Juni 2021 | 11:44 WIB
0
103
Budaya Organisasi [9] Kemunduran Budaya Organisasi
illustr: Atlanta Small Business Network

Apa itu Organisasi?

Sebuah platform umum di mana individu dari latar belakang, mentalitas, kualifikasi pendidikan, minat, dan sikap yang berbeda berkumpul untuk bekerja menuju tujuan serta mendapatkan roti dan mentega untuk diri mereka sendiri disebut organisasi. Setiap organisasi memiliki gaya kerja yang unik yang sering disebut budayanya.

Budaya - Ideologi, keyakinan, dan kebijakan suatu organisasi membentuk budayanya.

Sangat penting bagi karyawan untuk menyesuaikan diri dengan baik dalam budaya organisasi agar mereka dapat memberikan level terbaik mereka. Namun telah diamati bahwa dalam kasus-kasus tertentu karyawan mungkin menemukan diri mereka dalam kesulitan setiap kali ada perubahan dalam budaya kerja. Budaya kerja alih-alih memberikan arahan kepada karyawan mungkin menjadi beban bagi mereka. Masalah pertama dan terpenting yang muncul dari budaya kerja yang ditetapkan adalah penyesuaian.

Kemunduran Budaya Organisasi

Budaya suatu organisasi tidak terbentuk dalam satu hari. Budaya adalah hasil kumulatif dari interaksi antara karyawan dan pola perilaku mereka di tempat kerja. Budaya terbentuk ketika individu mengikuti nilai-nilai tertentu dan mematuhi pedoman selama periode waktu yang cukup lama. Masalah muncul ketika karyawan baru masuk ke posisi karyawan yang sudah ada dan mengambil alih. Mereka membawa ide-ide baru, rencana tindakan baru dan konsep-konsep baru bersama dengan mereka dan dengan demikian menyebabkan masalah bagi karyawan yang ada. Mereka cenderung mempekerjakan orang mereka sendiri dan akhirnya mengesampingkan karyawan saat ini.

Masalah penyesuaian muncul ketika karyawan baru merasa sulit untuk menyesuaikan diri dengan budaya kerja yang berlaku. Mereka sulit berkonsentrasi dan cenderung kehilangan minat dalam bekerja. Bagi mereka pekerjaan menjadi beban dan mereka hanya menghadiri kantor untuk mendapatkan uang. Mereka tidak pernah terikat dengan tempat kerja mereka.

Budaya dalam hal-hal tertentu juga dapat menjadi kewajiban bagi suatu organisasi. Kebijakan yang ketat dan aturan yang keras terkadang dapat menimbulkan masalah bagi karyawan dan mereka merasa sulit untuk bertahan dalam organisasi untuk waktu yang lama. Mempertahankan karyawan menjadi mimpi buruk dalam kasus budaya yang lemah. Kebijakan harus ramah karyawan dan menguntungkan satu dan semua. Sebuah organisasi di mana karyawan laki-laki mendominasi rekan-rekan perempuan mengikuti budaya di mana terlambat duduk adalah fitur biasa. Individu laki-laki mungkin menemukan budaya semacam ini sangat nyaman tetapi seorang karyawan wanita tidak akan dapat menyesuaikan diri dengan baik dalam budaya seperti itu. Kaum muda akan memiliki masalah dalam organisasi di mana generasi tua memutuskan kebijakan dan membentuk budaya.

Seseorang yang bekerja dalam budaya tertentu untuk beberapa waktu akan mengembangkan kebiasaan dan pola pikir tertentu. Tidak mudah untuk menghilangkan kebiasaan secara tiba-tiba. Kesulitan muncul setiap kali karyawan ingin pindah untuk peluang yang lebih baik. Organisasi baru mungkin tidak menjanjikan fasilitas dan kenyamanan yang sama dengan yang ditawarkan organisasi sebelumnya. Rencana insentif dalam organisasi ini mungkin tidak menguntungkan seperti di organisasi sebelumnya.

Contoh: Janet bekerja dengan organisasi di mana karyawan memiliki kebebasan untuk mencapai kantor sesuai kenyamanan mereka. Organisasinya saat ini mengikuti budaya yang ketat di mana manajemen sangat khusus tentang waktu kerja, sehingga menyebabkan masalah bagi Janet karena dia terbiasa dengan pengaturan waktu yang fleksibel.

Seorang karyawan merasa sulit untuk menerapkan ide-ide dan konsep-konsep baru dalam budaya yang telah dipraktekkan selama beberapa tahun. Baginya budaya menjadi batasan, di mana ia harus bekerja sesuai dengan pedoman dan kebijakan yang telah ditetapkan.

Seseorang harus selalu ingat bahwa tidak ada budaya yang lebih penting daripada karyawan. Mereka adalah aset sebenarnya dari sebuah organisasi. Budaya kerja tidak boleh mengikat karyawan untuk melakukan sesuatu yang inovatif.

***
Solo, Kamis, 24 Juni 2021. 11:15 am
'salam hangat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko