Dosen Spesialis Ahmad Ridho Memberikan Kuliah Pakar kepada Mahasiswa Anestesiologi UMP Purwokerto

Kamis, 9 Maret 2023 | 15:33 WIB
0
75
Dosen Spesialis Ahmad Ridho Memberikan Kuliah Pakar kepada Mahasiswa Anestesiologi UMP Purwokerto
Dosen Spesialis Ahmad Ridho Memberikan Kuliah Pakar kepada Mahasiswa Anestesiologi UMP Purwokerto

Purwokerto – Dosen Spesialis Medikal Bedah dari STIKES AL Insyirah Pekan baru Sumatra yaitu Bapak Ahmad ridho mengisi Meet the Expert atau kuliah pakar pada mahasiswa Keperawatan Anestesiologi Universitas Muhammadiyah Purwokerto semester 8. Mahasiswa keperawatan Anestesiologi Universitas Muhammadiyah Purwokerto semester 8 saat ini menjalani praktek klinik PK 4 atau praktek komplikasi penyulit di Rumah Sakit Islam Purwokerto.

Dalam praktek klinik yang mahasiswa jalani wajib mengikuti Meet the Expert atau kuliah pakar tentang keperawatan Anestesiologi. Pada jadwal praktek klinik pada minggu ketiga mahasiswa prodi Keperawatan Anestesiologi Universitas Muhammadiyah Purwokerto harus menjalani ujian evaluasi praktek di Rumah Sakit serta mengikuti Meet The Expert.

Meet the Expert merupakan sebuah forum dengan seorang atau beberapa ahli untuk suatu kompetensi tertentu dengan tujuan melatih dan mempersiapkan kematangan profesional para mahasiswa Keperawatan Anestesiologi Universitas Muhammadiyah Purwokerto dalam menghadapi lapangan kerja. Expert atau yang dalam bahasa Indonesia berarti pakar atau ahli adalah seseorang yang banyak dianggap sebagai sumber tepercaya atas teknik maupun keahlian tertentu yang bakatnya untuk menilai dan memutuskan aturan oleh sesamanya ataupun halayak dalam bidang khusus tertentu. Oleh karena itu, meeting the expert ini akan bermanfaat apabila mahasiswa berperan aktif dalam mengikuti kegiatan ini. Setelah itu, mereka memandang kritis kegiatan tersebut. Dengan terselenggarakannya program kerja ini, diharapkan para mahasiswa mendapatkan pemahaman serta dapat mengimplementasikan ilmu yang telah diperoleh dari narasumber baik dalam lingkungan perkuliahan maupun dalam menghadapi dunia pekerjaan nanti.

Untuk meet the expert kali ini mahasiswa prodi Keperawatan Anestesiologi Universitas Muhammadiyah Purwokerto diajar oleh Dosen dari STIKES Al Insyira pekan baru Sumatra. Dosen Ahmad Ridho merupakan salah satu dosen ahli pakar jebolan Spesialis yang merupakan salah satu dosen unggulan dalam bidang Anestesiologi Medikal bedah dan Akreditasi. Selain itu Ahmad Ridho juga aktif dalam bidang organisasi profesi teman sejawat di Sumatra.

Materi untuk Meet the Expert kali ini adalah bertema tentang Anestesi Lokal. Kita ketahui bahwa Anestesi dibedakan menjadi dua jenis yaitu Anestesional lokal dan anestesi umum. Anestesi lokal merupakan tindakan menghilangkan rasa nyeri untuk sementara waktu pada beberapa bagian tubuh, tanpa disertai hilangnya tingkat kesadaran. Sedangkan Anestesi umum adalah anestesi yang dilakukan dengan tujuan menghilangkan kesadaran seseorang.

Dosen pakar Ahmad Ridho kurang lebih memberikan mata kuliah selama 60 menit tentang materi Anestesi Lokal. Disitu mahasiswa prodi Keperawatan Anestesiologi Universitas Muhammadiyah Purwokerto tampak antusias dalam memperhatikan materi yang diberikan serta aktif bertanya. Seperti mahasiswa atas nama Celline yang bertanya tentang bagaimana apabila Anestesi mengalami kegagalan. Sedangkan mahasiswa atas nama Ayu Fika juga bertanya bagaimana dampaknya apabila kegagalan terjadi dan apa yang harus dilakukan.

Untuk acara kegiatan Meet the exspert tersebut dipandu dipimpin oleh moderator dosen pembimbing praktek klinik Dosen Prima Trisna Aji. Dalam kegiatan Meet the Exspert tersebut dosen pembimbing Prima Trisna Aji mengucapkan banyak terima kasih atas waktunya kepada pemateri Ahmad Ridho karena bisa menyempatkan untuk mengisi materi Meet the Exspert tersebut. *Red