Ketika berhadapan dengan COVID, penolakan ditambah pembangkangan sama dengan kuadrat kematian.
Beberapa orang tidak belajar tidak peduli siapa atau apa yang mengajarkan pelajaran.
Poin-Poin Penting
Ada perbedaan besar antara berada dalam penyangkalan tentang kematian yang tak terelakkan dan menyangkal kemungkinan kematian karena penyangkalan yang bodoh.
Dengan kata lain, sampai batas tertentu, menyangkal kematian sepenuhnya rasional dan adaptif. Karena jika kita terus-menerus memikirkan kematian kita, kita akan diliputi kecemasan dan ketakutan, dan menjalani kehidupan yang didorong oleh ketakutan. Jadi, sementara kebanyakan orang mengakui kematian dan akhirnya kematian mereka, akan sangat membantu untuk menyingkirkan kenyataan yang tidak menguntungkan itu dan menolak untuk menghadapinya secara terus-menerus. Jadi sebagian besar orang berbasis realitas menerima kematian akhirnya mereka tetapi pada dasarnya berpaling dari fakta menyedihkan itu dan berpura-pura itu tidak akan terjadi pada mereka—setidaknya tidak kapan pun di masa mendatang. Artinya, sebagian besar waktu mereka "menyangkal" jaminan kematian mereka agar mereka tidak menjadi lumpuh dengan kecemasan eksistensial.
Tetapi menyangkal tentang hal-hal yang benar-benar mematikan bukanlah hal yang rasional atau adaptif.
Pertimbangkan kematian penyanyi rock opera populer Meat Loaf baru-baru ini. Dia adalah seorang kritikus vokal mandat masker dan vaksin yang menyatakan dalam salah satu wawancara terakhirnya, "Jika saya mati, saya mati, tetapi saya tidak akan dikendalikan." Pengulangan umum di antara penyangkal COVID yang datang dengan konsekuensi yang benar-benar mematikan adalah, "Saya tidak akan dikendalikan." Sayang sekali begitu banyak orang yang menganggap bencana COVID di Amerika Serikat sebagai masalah sosial politik yang sangat memecah belah daripada bencana kesehatan masyarakat yang serius.
Dalam pandangan saya, sebagian besar bermuara pada penolakan yang berbahaya. Penolakan keberadaan SARS-Cov-2, virus corona baru yang menyebabkan COVID. Penolakan terhadap kekuatan vaksin yang luar biasa untuk mencegah dan mengurangi keparahan penyakit. Penyangkalan atas efektivitas luar biasa dari masker yang dikenakan dengan benar. Menyangkal bahwa perawatan berbahaya seperti ivermectin dan hydroxychloroquine tidak efektif dalam memerangi COVID. Penyangkalan bahwa sumber yang sah dari informasi ilmiah dan medis dapat dipercaya (namun disinformasi yang berpotensi mematikan yang muncul dari media sosial dan politisi korup dan penipu diyakini). Dan penolakan bahwa menyetujui persyaratan keselamatan pribadi dan tanggung jawab sosial tidak sama dengan "dikendalikan."
Meskipun tidak mendekati akuntansi yang menyeluruh, contoh-contoh ini menggarisbawahi intinya. Yaitu, tidak selalu merupakan hal yang buruk untuk menyangkal hal-hal tertentu seperti kematian, alam semesta yang tidak bertuhan, dan bahwa memakan mamalia hidup lainnya adalah tindakan biadab. Tetapi menyangkal sebagian besar kenyataan lain—terutama yang berkaitan dengan masalah medis dan keselamatan publik—hampir selalu mengarah pada konsekuensi yang sangat buruk dan tragis yang dapat dihindari.
Bayangkan kekonyolan seseorang memanjat pagar kandang singa di kebun binatang karena menolak “dikuasai” oleh aturan dan peraturan yang tidak memiliki tujuan lain selain untuk memberikan rasa aman dan perlindungan kepada pengunjung. Mungkin lebih tepatnya, bayangkan seseorang benar-benar membuka kandang singa karena bertindak berdasarkan keyakinan pribadinya bahwa singa tidak boleh dikurung, tidak berbahaya, atau bahkan mungkin tidak benar-benar ada, lebih penting daripada mematuhi aturan kontrak sosial menghormati tindakan pencegahan keselamatan. Atau, bayangkan kebodohan yang mencengangkan dari seseorang yang menolak untuk menjauh dari ladang ranjau yang ditandai dengan jelas karena dia percaya tidak ada ranjau sehingga dia dapat berjalan melintasinya dan tidak hancur berkeping-keping.
Salah satu prinsip utama psikologi perilaku adalah bahwa perilaku bervariasi sebagai fungsi dari konsekuensinya, yang disebut "Hukum Efek." Ini adalah gagasan bahwa konsekuensi alami akan mengatur perilaku. Misalnya, jika seseorang menyentuh api, dia akan terbakar, dan kecil kemungkinannya untuk mencoba menangani api terbuka lagi. Dan jika seseorang melakukan sesuatu yang mengarah pada hasil yang diinginkan, kemungkinan perilaku itu akan meningkat frekuensinya. Secara umum, Hukum Akibat terbukti. Tetapi tampaknya ini berlaku sebagian besar untuk sejumlah besar orang karena akan selalu ada individu yang tidak belajar dari konsekuensi alami dari perilaku mereka, bahkan ketika mereka sangat tidak suka.
Yang lebih menarik adalah bahwa banyak orang memiliki kemampuan untuk belajar melalui observasi. Jadi kebanyakan orang yang melihat seseorang mengalami luka bakar serius karena menyentuh benda panas yang berbahaya akan tahu untuk tidak menyentuhnya sendiri. Namun, sayangnya, orang lain perlu mempelajari pelajaran itu secara langsung. Dan ketika sampai pada bahaya COVID yang nyata, tampaknya banyak orang tidak mendapat manfaat dari pembelajaran perwakilan. Lebih buruk lagi, banyak dari mereka secara aktif menyangkal, menentang dan mencela realitas bahaya.
Tetapi mungkin yang paling mengejutkan, ada orang yang telah tertular (dan hampir pasti menyebarkan) COVID yang masih menolak untuk divaksinasi atau memakai masker. Terlebih lagi, beberapa orang menyangkal bahwa mereka sekarat karena COVID secara harfiah dengan nafas terakhir mereka. Dengan demikian, penyangkalan dan pembangkangan mengobarkan api pandemi, berlarut-larut dan meninggalkan banyak kematian di belakangnya—yang secara tragis dapat dihindari.
Oleh karena itu, terlepas dari Hukum Akibat dan pembelajaran perwakilan, sejumlah orang yang mengkhawatirkan masih menyangkal bahaya COVID yang tak terbantahkan. Dan untuk membuat masalah lebih mengkhawatirkan, beberapa orang mengakui risiko infeksi tetapi masih memilih untuk dengan keras kepala menentang dan mengabaikan langkah-langkah keamanan pribadi dan publik. Karena penyatuan perilaku tanggung jawab sosial yang salah arah dan berbahaya dengan "dikendalikan".
Namun masyarakat kita didasarkan pada aturan, undang-undang, peraturan, dan kontrak sosial yang berkembang yang berubah karena pengetahuan dan pemahaman yang berkembang. Pertimbangkan mandat non-merokok, batas kecepatan, pembatasan alkohol, undang-undang anti eksploitasi anak, dan persyaratan kesopanan publik, untuk menyebutkan beberapa cara masyarakat kita telah berubah menjadi lebih baik dalam beberapa dekade terakhir.
Tetapi ketika sampai pada langkah-langkah yang sangat masuk akal, rasional dan didukung secara ilmiah untuk melindungi publik dari risiko dan bahaya paling menghancurkan yang kita hadapi di zaman modern, tampaknya tidak ada persyaratan kesopanan publik. Karena beberapa orang percaya bahwa hak mereka untuk melawan "kendali" lebih penting daripada hak sejumlah besar orang untuk tetap aman dari ancaman langsung terbesar yang dihadapi spesies kita dalam seratus tahun terakhir.
Sederhananya, menolak untuk mengambil tindakan pencegahan pribadi dan publik yang tepat untuk melindungi diri sendiri dan masyarakat dari COVID tidak kurang dari perilaku yang sangat antisosial yang telah mengakibatkan penderitaan massal dan kematian yang dapat dihindari secara tragis. Dan ketukan terus berlanjut.
Ketika berhadapan dengan COVID, penolakan ditambah pembangkangan sama dengan kuadrat kematian.
Ingat: Berpikir baik, Bertindak baik, Merasa baik, Jadilah baik!
***
Solo, Selasa, 1 Februari 2022. 5:45 pm
'salam sehat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko
Welcome Citizen Polite!
Setelah melalui perjalanan cukup panjang sebagai website warga menulis politik yang ekslusif, kini PepNews terbuka untuk publik.
Para penulis warga yang memiliki minat dan fokus pada dunia politik mutakhir Tanah Air, dapat membuat akun dan mulai menuangan ide, pandangan, gagasan, opini, analisa maupun riset dalam bentuk narasi politik yang bernas, tajam, namun tetap sopan dalam penyampaian.
Wajah berganti, tampilan lebih “friendly”, nafas tetaplah sama. Perubahan ini bukan hanya pada wajah dan rupa tampilan, tetapi berikut jeroannya.
Apa makna dan konsekuensi “terbuka untuk publik”?
Maknanya, PepNews akan menjadi web portal warga yang tertarik menulis politik secara ringan, disampaikan secara bertutur, sebagaimana warga bercerita tentang peristiwa politik mutakhir yang mereka alami, lihat dan rasakan.
Konsekuensinya, akan ada serangkaian aturan adimistratif dan etis bagi warga yang bergabung di PepNews. Aturan paling mendasar adalah setiap penulis wajib menggunakan identitas asli sesuai kartu keterangan penduduk. Demikian juga foto profil yang digunakan.
Kewajiban menggunakan identitas asli berikut foto profil semata-mata keterbukaan itu sendiri, terlebih untuk menghindari fitnah serta upaya melawan hoax.
Terkait etis penulisan, setiap penulis bertanggung jawab terhadap apa yang ditulisnya dan terhadap gagasan yang dipikirkannya.
Penulis lainnya yang tergabung di PepNews dan bahkan pembaca umumnya, terbuka memberi tanggapan berupa dukungan maupun bantahan terhadap apa yang ditulisnya. Interaktivitas antarpenulis dan antara pembaca dengan penulis akan terbangun secara wajar.
Agar setiap tulisan layak baca, maka dilakukan “filtering” atau penyaringan tulisan berikut keterangan yang menyertainya seperti foto, video dan grafis sebelum ditayangkan.
Proses penyaringan oleh administrator atau editor dilakukan secepat mungkin, sehingga diupayakan dalam waktu paling lambat 1x24 jam sebuah tulisan warga sudah bisa ditayangkan.
Dengan mulai akan mengudaranya v2 (versi 2) PepNews ini, maka tagline pun berubah dari yang semula “Ga Penting Tapi Perlu” menjadi CITIZEN POLITE: “Write It Right!”
Mari Bergabung di PepNews dan mulailah menulis politik!
Pepih Nugraha,
CEO PepNews