Yuk Ikuti Beberapa Cara Menghilangkan Sakit Gigi Yang Ampuh

Kamis, 27 Juni 2024 | 18:53 WIB
0
25
Yuk Ikuti Beberapa Cara Menghilangkan Sakit Gigi Yang Ampuh
Sakit Gigi

Cara Menghilangkan Sakit Gigi ini dilakukan untuk meredakan keluhan yang kerap membuat penderitanya merasa tidak nyaman, bahkan tidak mampu melakukan aktivitas seperti biasanya. Upaya meredakan sakit gigi, baik melalui pengobatan sendiri maupun dengan bantuan dokter, perlu disesuaikan dengan tingkat keparahan dan penyebabnya.

Nyeri akibat sakit gigi bisa terasa tajam, berdenyut, atau menusuk, dan bisa berkisar dari ringan hingga berat. Kondisi ini biasanya menandakan adanya masalah pada gigi atau gusi, seperti infeksi pada gusi, gigi berlubang, gigi retak atau patah, atau pulpitis.

Jika tidak ditangani, keluhan sakit gigi dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan berdampak pada kesehatan. Oleh karena itu, diperlukan cara menghilangkan sakit gigi agar akibat dari kondisi tersebut dapat segera teratasi, bahkan penyebabnya.

Cara Ampuh Menghilangkan Sakit Gigi

Kumur Dengan Air Garam

Salah satu cara menghilangkan sakit gigi adalah dengan berkumur dengan air garam. Adapun beberapa manfaat jika anda mencoba cara ampuh ini. Manfaatnya yaitu dapat mengurangi peradangan, menyembuhkan sariawan, dan meredakan nyeri akibat sakit gigi. 

Untuk menghilangkan sakit gigi dengan berkumur dengan air garam, Anda cukup melarutkan ½ sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Terakhir, Anda harus berkumur menggunakan larutan tersebut selama tiga puluh detik. 

Kompres Dingin

Meletakkan benda dingin di pipi dapat mengecilkan pembuluh darah sehingga mengurangi rasa nyeri. Rasa dingin yang berasal dari es dapat mengurangi pembengkakan dan peradangan pada gigi. Ketika Anda mengalami cedera, seharusnya segera kompres menggunakan air es. 

Untuk melakukan cara menghilangkan sakit gigi ini, Anda bisa membungkus es batu dengan kain bersih, lalu mengompresnya pada area pipi yang gigi sakit selama 20 menit. Meski efektif untuk mengatasi sakit gigi, namun berhati-hatilah jika ingin menggunakan cara ini pada gigi sensitif dan nyeri. Kompres dingin justru bisa memperparah sakit gigi akibat gigi sensitif.

Kunyah Bawang Putih

Cara selanjutnya yaitu Anda harus mengunyah 1 siung bawang putih yang sudah dikupas agar mengurangi rasa sakit pada gigi. Senyawa allicin pada bawang putih diketahui memiliki efek antibakteri dan antimikroba yang efektif melawan kuman penyebab sakit gigi.

Selain dengan mengunyah bawang putih, efek serupa juga bisa Anda dapatkan dengan mengoleskan bawang putih pada area gigi yang sakit menggunakan jari atau kapas. Caranya, Anda cukup menumbuk 1 siung bawang putih lalu mencampurkannya dengan sedikit garam.

Kompres Gigi Dengan Minyak Cengkeh

Senyawa eugeol pada cengkeh mempunyai efek antiinflamasi yang mampu mengurangi pembengkakan dan iritasi pada gigi dan gusi. Tak hanya itu, senyawa ini juga dapat membuat area yang nyeri menjadi mati rasa, sehingga nyeri akibat sakit gigi pun berkurang.

Untuk mendapatkan manfaat cengkeh sebagai cara menghilangkan sakit gigi, Anda bisa mencampurkan 3 tetes minyak cengkeh dengan 1 sendok teh minyak kelapa atau minyak zaitun. Kemudian, rendam kapas dalam campuran minyak tersebut dan oleskan pada gigi yang sakit selama 5-10 menit.

Konsumsi Obat Antinyeri

Obat ini berfungsi untuk mengurangi rasa sakit yang terjadi pada gusi dan gigi. Kedua obat pereda nyeri ini merupakan jenis obat pereda nyeri yang bisa Anda beli di apotek. Dokter menyarankan agar Anda mengonsumsi obat pereda nyeri sesuai dengan dosis yang sudah dianjurkan. 

Berkumurlah Dengan Larutan Hidrogen Peroksida

Sekarang Anda juga bisa berkumur menggunakan larutan hidrogen peroksida yang berfungi untuk meredakan nyeri dan peradangan akibat sakit gigi. Tak hanya itu, hidrogen peroksida juga mampu mengurangi plak dan meredakan gusi berdarah. Meski bisa dibeli bebas, penggunaan hidrogen peroksida sebaiknya sesuai anjuran dokter gigi.

Lakukan Tambal Gigi

Jika berbagai cara menghilangkan sakit gigi sebelumnya belum berhasil mengatasi keluhannya, atau sakit gigi disebabkan oleh lubang kecil pada gigi, dokter akan menyarankan Anda menjalani penambalan gigi sebagai cara menghilangkan rasa sakit tersebut. dari sakit gigi agar tidak kambuh lagi.

Untuk menambal rongga pada gigi Anda, dokter akan menghilangkan rongga atau bagian gigi yang rusak terlebih dahulu dengan cara mengebor. Dokter biasanya menggunakan bahan tambalan untuk menambal gigi, seperti resin komposit, amalgam, porselen, dan lain sebagainya.

Pasang Crown Gigi

Pemasangan ini juga bisa menjadi pilihan untuk mengatasi sakit gigi akibat gigi retak atau patah. Namun cara menghilangkan sakit gigi ini hanya disarankan dokter jika sakit gigi sudah cukup parah. Untuk memasang crown gigi, dokter akan menghilangkan lapisan luar gigi dan mencetak gigi untuk dijadikan crown terlebih dahulu. Setelah pemasangan mahkota gigi selesai, dokter akan memasangnya pada pemeriksaan selanjutnya.

Lakukan Perawatan Saluran Akar Gigi

Perawatan saluran akar gigi membantu Anda untuk menghilangkan nyeri yang terjadi pada gusi. Dalam prosesnya, dokter akan membuat lubang di atas gigi untuk mengeluarkan pulpa gigi yang terinfeksi dan membersihkan saluran akar. Dokter biasanya memilih bahan terbaik untuk ditempelkan pada saluran akar gigi. Kemudian menutupnya dengan tambalan gigi, sehingga cara tersebut dapat mengurangi rasa sakit. 

Cabut Gigi

Jika gigi yang rusak sudah sangat parah dan tidak dapat diobati lagi, satu-satunya cara untuk menghilangkan sakit gigi adalah dengan mencabut gigi yang bermasalah tersebut. Prosedur ini dapat dilakukan dengan 2 teknik yaitu teknik sederhana dan teknik bedah. Teknik sederhananya, dokter akan menggerakkan gigi yang telah diberi anestesi lokal menggunakan alat bernama elevator. 

Sedangkan pada teknik bedah, biasanya dokter akan memotong tulang di sekitar gigi. Kemudian, gigi yang sakit tersebut dicabut. Cara menghilangkan sakit gigi yang paling sesuai dengan kondisi Anda tentunya baru bisa Anda tentukan setelah diperiksa oleh dokter. Namun, Anda juga bisa melakukan beberapa pengobatan awal sebagai langkah awal mengurangi keluhan.

Jika Anda menderita sakit gigi disertai bengkak, nyeri saat mengunyah, demam, dan keluar nanah dari gusi, jangan tunda untuk memeriksakan diri ke dokter. Dengan melakukan pemeriksaan, dokter dapat mengetahui penyebabnya dan menentukan cara meredakan sakit gigi yang cocok untuk Anda.

Demikian ulasan tentang Yuk Ikuti Beberapa Cara Menghilangkan Sakit Gigi Yang Ampuh seperti yang dilansir indobetslot88. Semoga bermanfaat.