Pembelajaran Praktikum Laboratorium prodi Anestesiologi Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Senin, 21 November 2022 | 15:43 WIB
0
63
Pembelajaran Praktikum Laboratorium prodi Anestesiologi Universitas Muhammadiyah Purwokerto
Praktikum mahasiswa Anestesiologi Universitas Muhamamdiyah Purwokerto diruang IBS/photo by Setiana Mardiati

Purwokerto – pembelajaran praktikum pembelajaran dilaboratorium adalah suatu perkuliahan yang dilaksanakan ditempat laboratorium bersama mahasiswa dan dosen serta melakukan praktek bersama suatu tindakan medis kepada pasien. Kalau seandainya di Rumah Sakit ketika melakukan tindakan terhadap pasien langsung, akan tetapi untuk pembelajaran praktikum laboratorium kali ini menggunakan phantom dan mahasiswa.

Prodi Anestesiologi Universitas Muhammadiyah Purwokerto pada kuliah Kebutuhan Dasar Manusia I pada mahasiswa semester 1 melakukan pembelajaran praktikum laboratorium di kampus 2 Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Tujuan praktikum kali ini adalah melakukan tindakan memandikan pasien diatas tempat tidur. Pada pembelajaran kali ini mahasiswa diberikan kuliah teori dan kuliah praktek ketika pelaksanaan pembelajaran.

Sebelumnya mahasiswa diberika ujian Pre test sebelum masuk dilaboratorium serta teori selama dikelas. Setelah melewati ujian Pre test kemudian mahasiswa Anestesiologi mendapatkan pembelajaran conbtoh praktek secara langsung berupa tindakan medis pada pasien.

Disini mahasiswa diberikan pembelajaran berupa teori, ujian pre test dan ujian post test serta pembelajaran audio visual. Mahasiswa prodi Anestesiologi yang berjumlah 60 mahasiswa pada semester 1 terlihat aktif dan semangat dalam mengikuti pembelajaran praktikum laboratorium. Diakhir pembelajaran mahasiswa diberikan materi Ujian Post test Brainstorming secara langsung. Disini mahasiswa diasah untuk mengerjakan gagasan ide terhadap suatu masalah kasus dan pertanyaan.

Dosen praktikum pengampu mata kuliah yaitu “Prima Trisna Aji” menyampaikan bahwa disini mahasiswa diberikan perkuliahan baik secara teori maupun secara praktek. Jadi sebelum masuk ke kelas praktikum para mahasiswa sudah melewati step kuliah secara teori dan post test teori sehingga ketika mahasiswa memasuki kelas Praktikum praktek mahasiswa sudah mempunyai bekal yang cukup untuk melaksanakan praktek secara langsung. Selain itu dengan pemberian pengajaran secara SMART membuat mahasiswa memahami materi yang diajarkan selama pembelajaran dilaboratorium. *Red