Makan yang Ada

Ketika anak-anak yang lain membuangi sayuran di piringnya, maka kedua anak saya tersebut mengokop kuah sayur sampai pancinya tandas!

Sabtu, 27 Maret 2021 | 07:07 WIB
0
205
Makan yang Ada
Anak makan (Foto: merdeka.com)

Waktu kecil, saya sering melihat orang-orang susah diatur soal makan. Memilih-milih makanan dan seleranya pun itu-itu aja. Jika ada makanan yang tidak biasa dimakannya, maka ketika ditawari memilih menolaknya.

Saya pernah melihat ada yang setiap hari makan telur terus, karena tidak suka ayam, daging, tahu, tempe, dan sayuran. Ada juga yang cuma suka ayam, dan menolak ikan. Ada yang setiap hari mengkonsumsi nugget dan sosis, atau makanan beku olahan yang lainnya.

Saya ini termasuk golongan "gragaspora." Apa aja saya makan. Saya tidak pernah memilih-milih makanan ketika disediakan. Sehingga lidah saya sangat mudah beradaptasi untuk semua jenis makanan.

Dari pengalaman melihat orang-orang dengan selera yang ribet, maka saya tidak ingin anak-anak saya seperti itu.

Dari mereka kecil, saya membiasakan mereka makan apapun itu. Durian, sambel, pecal, lontong, gado-gado, pizza, burger, bistik, dll. Bahkan mereka suka lalapan. Saya juga menyuruh mereka makan jengkol, pete, cepoka, oncom, dan leunca. Intinya semua jenis makanan yang anak-anak hindari, tetapi saya usahakan agar anak-anak saya menerima apapun yang saya suguhkan di depan mereka. Good newsnya mereka menikmatinya dan menghabiskan makanannya. Tidak ada sejarahnya di rumah saya memilih-milih makan. Makan yang ada! Itulah prinsip di rumah saya. Sehingga saya punya semboyan menyangkut makanan buat mereka:

"Jangan makan karena lauk! Ketika lauk enak, banyak makan, ketika lauk tak enak menolak makan. Itu tidak syukur nikmat! Jika tidak bersyukur maka rezekipun kabur!"

Maka kemanapun kami pergi, saya bisa lega dan berbangga hati karena mereka sangat mudah diatur soal makanan. Bahkan anak ketiga dan si bungsu sangat menyukai sayur.

Ketika anak-anak yang lain membuangi sayuran di piringnya, maka kedua anak saya tersebut mengokop kuah sayur sampai pancinya tandas!

Lucky Me!

***