Antisipasi Corona, Mungkinkah Bersalaman di Sekolah Ditiadakan Sementara?

Corona ini sama halnya dengan penyakit pada umumnya. Tidak ada yang istimewa kecuali belum ditemukannya vaksin anti-Corona.

Minggu, 8 Maret 2020 | 06:50 WIB
0
199
Antisipasi Corona, Mungkinkah Bersalaman di Sekolah Ditiadakan Sementara?
Salaman di sekolah (Foto: duta.co)

Merebaknya isu si Corona bikin senewen sebagian orang. Ada yang anteng saja, tapi ada juga yang kalut lalu borong masker. Saya sih ikuti petunjuk pemerintah dan dokter. Males mengikuti ramainya orang ngobrol Corona di sosial media.

Di sisi lain, saya mau minta pertimbangan teman-teman, khususnya pakar di bidang kesehatan. Begini.....

Seperti yang telah dijelaskan banyak pakar, demi menghindari Corona, sebaiknya kita menghindari kontak langsung. Juga bersin terbuka. Atau meludah di sembarangan tempat. Aktivitas ini rentan terjadinya penyebaran virus Corona.

Di sekolah ada pembiasaan salaman pagi. Guru berbaris di pintu masuk guna menyambut kedatangan anak-anak. Lalu, guru dan siswa bersalaman. Apakah pembiasaan ini harus dihilangkan?

Di sekolah, para guru juga sering bersalaman. Bahkan, guru sejenis berpelukan. Ini adalah salah satu bentuk keakraban. Apakah pembiasaan ini juga harus dihilangkan?

Di sekolah juga sering diadakan sholat berjamaah. Tempat wudlu digunakan secara bergantian. Nah, kadang ada yang bersin dan meludah. Juga pasti terjadi kontak langsung. Apakah pembiasaan ini harus juga dihilangkan?

Sebenarnya, saya lebih cocok dengan pendapat yang menyatakan bahwa Corona ini sama halnya dengan penyakit pada umumnya. Tidak ada yang istimewa kecuali belum ditemukannya vaksin anti-Corona.

Oleh karena itu, kita tidak perlu panik dan bingung. Yang paling penting adalah menjaga kesehatan tubuh. Caranya :

👉 Pastikan badan sering terkena sinar matahari karena virus Corona tidak tahan dengan sinar ultraviolet matahari.

👉 Pastikan cukup olahraga yang terkena sinar matahari langsung, bukan olahraga indoor.

👉 Pastikan cukup gizi dan istirahat karena semua penyakit mudah menyerang tubuh yang lemah, termasuk Corona.

👉 Jaga kebersihan diri, rumah, dan lingkungan dengan rajin cuci tangan, mandi pakai sabun, dan membuang sampah ke tempatnya.

Berkenaan dengan kegiatan di sekolah, saya mohon saran dari teman-teman. Terima kasih..... 

***