Kepemimpinan [71] Kualitas Pemimpin yang Menginspirasi dan Manfaatnya

Para pemimpin yang inspirasional harus dapat menunjukkan kemampuan kepemimpinan mereka secara efektif dan dapat memengaruhi orang-orang dengan kualitas-kualitas khusus.

Sabtu, 19 Oktober 2019 | 20:17 WIB
0
419
Kepemimpinan [71] Kualitas Pemimpin yang Menginspirasi dan Manfaatnya
ilustr: freepik

Pemimpin yang efektif memiliki kualitas inspirasi yang besar. Pemimpin sejati dikaruniai pengaruh luar biasa dan kualitas karismatik, yang dapat mendorong orang lain untuk memberikan yang terbaik atau menunjukkan keunggulan dalam kinerja untuk melampaui harapan. Manajer memastikan kelancaran fungsi organisasi dengan hanya mengurus hal-hal terkait kebijakan, strategi, sistem, struktur, teknologi, dan masalah orang.

Di sisi lain, pemimpin yang inspirasional memainkan peran penting dalam menginspirasi tim mereka dan memotivasi tim untuk mencapai tolok ukur kinerja yang unggul melalui pembelajaran dan peningkatan yang berkelanjutan.

Pemimpin inspirasional harus memiliki kualitas berikut: Kemampuan untuk memotivasi orang lain dan memiliki diri sendiri, kompetensi, kejujuran dan pendekatan progresif. Mari kita lihat masing-masing secara individual:

Kemampuan untuk Memotivasi Orang Lain dan Diri Sendiri: Seorang pemimpin inspirasional sejati harus dapat memotivasi atau menggairahkan orang lain untuk memberikan kinerja terbaik mereka dengan mengadopsi pendekatan yang antusias dan positif.

Para pemimpin yang inspirasional harus dapat membangun lingkungan yang penuh gairah untuk tim mereka dengan mengomunikasikan visi dengan cara yang dapat membangkitkan semangat dan mendorong orang lain untuk memberikan kinerja terbaik mereka. Pemimpin seperti itu bukanlah komunikator yang mengesankan yang berbakat dengan kemampuan luar biasa untuk mengartikulasikan visi, tetapi mereka berkomunikasi dengan hasrat yang dapat merangsang aksi dan kinerja yang memecahkan rekor.

Pemimpin inspirasional adalah ahli dalam menyajikan gambaran besar di depan tim dan membuat orang memahami peran mereka dalam merealisasikan tujuan yang lebih tinggi atau visi organisasi.

Kompetensi: Agar dapat diterima oleh orang lain sebagai pemimpin, anda harus dapat menumbuhkan kepercayaan dan kepercayaan pada orang lain bahwa anda memiliki kompetensi atau pengalaman yang tepat dalam memberikan arahan dan bimbingan kepada tim. Anggota tim harus diyakinkan tentang kemampuan kepemimpinan anda dan arahan strategis yang akan anda berikan sebagai pemimpin.

Para pemimpin yang inspirasional harus memiliki kemampuan luar biasa untuk menunjukkan kompetensi profesional dan pribadi mereka sebagai seorang pemimpin untuk mendapatkan penerimaan dari para pengikut. Ini dapat dilakukan dengan berbagi kisah sukses atau studi kasus nyata untuk menarik perhatian orang lain atau membuat orang percaya pada kemampuan luar biasa anda. Tetapi kita harus hati-hati, karena ada garis tipis perbedaan dalam berbagi pengalaman dan menjadi sombong tentang prestasi.

Kejujuran: Ini adalah salah satu kualitas yang sangat penting dari para pemimpin inspirasional. Itu karena, untuk mendapatkan penerimaan sebagai pemimpin orang lain harus yakin bahwa pemimpin ideal mereka sangat berprinsip, etis dan yang paling penting dapat dipercaya juga.

Kejujuran adalah cara hidup, dan ini ditunjukkan dalam perilaku sehari-hari dan perilaku seseorang. Hanya klaim sebagai pembicaraan jujur ​​atau dangkal tidak bisa membantu dalam memenangkan kepercayaan orang lain, tetapi kejujuran harus dibuktikan dengan perbuatan mereka atau harus ditunjukkan dalam praktik setiap kali diperlukan.

Pendekatan Progresif: Pemimpin inspirasional harus memiliki pandangan progresif atau dituntut untuk futuristik dalam pendekatan mereka sehubungan dengan kepentingan organisasi. Seorang pemimpin yang progresif atau mempertahankan pendekatan berwawasan ke depan akan diterima oleh orang lain dan pasti akan mendapatkan penerimaan orang lain karena mereka akan memiliki harapan untuk memenuhi tujuan dan ambisi pribadi mereka.

Dengan pandangan progresif, itu juga berarti bahwa seorang pemimpin yang inspirasional harus visioner dan sama-sama cekatan dalam mengartikulasikan visi tersebut kepada anggota tim.

Seorang pemimpin yang karismatik harus memiliki keahlian dalam mengembangkan rencana tindakan yang futuristik atau progresif yang akan mendorong pertumbuhan organisasi dan meningkatkan peluang untuk pengembangan anggota tim.

Mari kita pahami kualitas pemimpin yang inspirasional dengan bantuan contoh organisasi. Dalam organisasi Perawatan Kesehatan, para pemimpin inspirasional terutama dinilai berdasarkan 7 parameter atau kualitas:

  • Kemampuan dan kekuatan visioner mereka dalam mengartikulasikan visi kepada tim
  • Kemampuan dan keahlian strategis dalam mengembangkan misi atau rencana aksi untuk organisasi
  • Seberapa baik mereka dalam menetapkan arah untuk tim dan memimpin tim ke arah itu dengan penerimaan anggota tim.
  • Cara terbaik mereka dapat menunjukkan kualitas dan kekuatan pribadi mereka
  • Efektivitas mereka dalam bekerja bersama orang lain
  • Seberapa lancar dan efisien mereka dapat mengelola layanan
  • Kontribusi mereka terhadap peningkatan layanan dan peningkatan kualitas layanan untuk mencapai standar layanan yang unggul

 Manfaat Kepemimpinan Inspirasional

  • Para pemimpin inspirasional tidak hanya memberi manfaat bagi orang lain tetapi juga mendapatkan secara pribadi dengan mencapai eselon yang lebih tinggi secara profesional dan mencapai keunggulan pribadi.
  • Pemimpin yang inspirasional memiliki kualitas motivasi yang luar biasa, yang hasilnya adalah pengembangan tim berkinerja tinggi dan termotivasi yang memiliki kemauan untuk mencapai standar profesional yang unggul bagi pemimpin mereka.
  • Karena karisma pemimpin yang menginspirasi, anggota tim diberi energi dan lebih mungkin untuk dapat memanfaatkan atau memanfaatkan potensi mereka sepenuhnya.
  • Para pemimpin inspirasional memperoleh kesadaran diri yang kuat dan bertindak dengan integritas dengan berperilaku etis dan jujur ​​di tempat kerja.
  • Pemimpin yang inspirasional dapat mengelola diri mereka dengan cara yang jauh lebih baik sementara pada saat yang sama mereka memberi perhatian yang sama terhadap kebutuhan dan persyaratan orang lain.

Pada akhirnya, kita dapat menyimpulkan bahwa para pemimpin inspirasional berbakat dengan kualitas karismatik dan merupakan motivator luar biasa yang dapat mendorong keunggulan organisasi dengan memengaruhi orang dan memotivasi mereka untuk memanfaatkan bakat mereka secara optimal.

Para pemimpin yang inspirasional harus dapat menunjukkan kemampuan kepemimpinan mereka secara efektif dan dapat memengaruhi orang-orang dengan kualitas-kualitas khusus mereka seperti kejujuran, pandangan progresif, kompetensi, dan sikap yang tepat.

Pemimpin yang inspirasional menetapkan arah untuk tim mereka, mengoptimalkan kinerja tim mereka dengan menyelaraskan organisasi dengan tujuan individu dan memberikan banyak tantangan dan peluang kepada anggota tim yang akan membantu mereka dalam menggunakan bakat mereka secara optimal.

***
Solo, Sabtu, 19 Oktober 2019. 7:47 pm
'salam sukses penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko