Delapan Ajudan Ferdy Sambo

Ibaratnya sebagai ajudan yang 24 jam melekat pada sang jenderal, segala isi jeroan si bos dan keluarganya pasti mereka tahu.

Kamis, 22 September 2022 | 07:42 WIB
0
28
Delapan Ajudan Ferdy Sambo
Ajudan Ferdy Sambo (Foto: tribunnews.com)

Hal yang kurang mendapat sorotan dalam kasus pembunuhan Brigadir Joshua adalah banyaknya ajudan yang melekat pada diri Irjen Ferdy Sambo. Ada delapan orang.

Sekalipun dia adalah seorang jenderal, normalkah dia punya privilege dilayani delapan ajudan yang semuanya polisi aktif? Apakah jenderal-jenderal lain di institusi kepolisian juga mempunyai ajudan sebanyak itu?

Mereka yang intern di dalam kepolisian bisa menjawab pertanyaan ini.

Kejadian pembunuhan ajudan Brigadir Joshua memantik pertanyaan bagaimana perasaan sesama ajudan menerima kenyataan rekannya sendiri dieksekusi. Apakah mereka marah atau takut?

Dua ajudan (Bharada E dan Bripka RR) ditetapkan sebagai tersangka dalam pembunuhan rekannya ini. Lantas bagaimana sikap lima ajudan yang lainnya?

Kesan yang ada mereka tutup mulut tidak membela rekan-rekannya yang terbunuh (Joshua) dan yang dijadikan tersangka (Richard dan Ricky).

Inilah kepingan puzzle yang masih belum ketemu tempatnya dalam kasus pembunuhan ajudan Brigadir Joshua.

Misalnya, bagaimana pendapat ketujuh ajudan tersebut tentang narasi pelecehan seksual yang dilakukan oleh rekan mereka Joshua kepada Ibu PC. Sebagai para ajudan yang sehari-hari melayani keluarga Irjen Ferdy Sambo, sangat mustahil kalo mereka berkata tidak tahu menahu soal itu.

Ibaratnya sebagai ajudan yang 24 jam melekat pada sang jenderal, segala isi jeroan si bos dan keluarganya pasti mereka tahu.

Kalo si bos punya wanita simpanan pasti mereka tahu. Kalo anak si bos terlibat narkoba pasti mereka tahu. Kalo istri si bos punya bisnis ilegal pasti mereka tahu.

Pokoknya, ya itulah segala isi jeroan keluarga si bos mereka tahu.

***