Dari Kota Pisang Studi Tiru ke Lapas Kelas I Malang

Sabtu, 14 Oktober 2023 | 15:39 WIB
0
36
Dari Kota Pisang Studi Tiru ke Lapas Kelas I Malang
Dari Kota Pisang Studi Tiru ke Lapas Kelas I Malang | DOK.HUMASLAPASMALANG

LAPAS MALANG - Rabu (11/10/2023) Lapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jawa Timur mendapat kunjungan Studi Tiru dari Lapas Kelas IIB Lumajang.

Pejabat Struktural dan Petugas Lapas Kelas I Malang menyambut langsung rombongan dari Lapas Lumajang. Kunjungan Studi Tiru ini dalam rangka Kunjungan Studi Tiru Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani) di Lapas Kelas I Malang.

Rombongan dari Kota Penghasil Pisang Terbesar di Jawa Timur ini melihat lebih dekat inovasi layanan dan Program Pembinaan Kepribadian serta Kemandirian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Mereka mengapresiasi program pembinaan hingga berbagai hasil karya WBP. Rombongan dari Kota Pisang ini meninjau berbagai layanan di area kunjungan Lapas. Hingga ke beberapa unit bimbingan kerja (Bimker) mulai dari Handycraft dan Lukis, Jamur dan Anggrek, Bengkel Otomotif Lapas, Konveksi dan Jahit, Maggot, Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) hingga melakukan diskusi di New Pojok Kuliner.

Kalapas Kelas I Malang, Ketut Akbar Herry Achjar mengungkapkan bahwa dengan adanya sharing informasi, pengetahuan dan pengalaman antara lembaga diharapkan inovasi layanan serta pembinaan terus berkembang lebih baik.

Lembaga Pemasyarakatan/ Lapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jawa Timur adalah salah satu pilot project Lapas Industri dan Zona Integrasi (ZI) Wilayah Bebas dari Korupsi / Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBM) Unit Pelaksana Teknis/ UPT Pemasyarakatan di seluruh Indonesia. Perbaikan terus menerus dilakukan di Lapas Kelas 1 Malang ke arah yang lebih baik untuk pelayanan pada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) maupun Masyarakat.

Lapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jatim memiliki program pembinaan kepribadian dan kemandirian bagi seluruh WBP. Diharapkan dengan program pembinaan yang dilakukan bisa membuat WBP bisa menunjukkan penurunan tingkat resiko melakukan pidana kembali dengan berkelakukan baik juga bisa sebagai agen moral kebaikan saat telah bebas kembali ke Masyarakat. Lapas Kelas I Malang meraih Penghargaan sebagai Zona Integritas WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani).

Mantan Kalapas Kelas I Malang, Heri Azhari telah banyak melakukan perubahan yang lebih baik di Lapas Kelas I Malang. Mulai dari meminimalisir penyelundupan barang terlarang ke dalam Lapas hingga memaksimalkan program Pembinaan Kepribadian dengan adanya program Tahfidz/Hafidz (hafalan Al-Qur'an) di Pondok Pesantren At Taubah. Kalapas Kelas I Malang sekarang, Ketut Akbar Herry Achjar bertekad menjadi Lapas yang Lebih Baik dan Anti Narkoba.

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) RI, Yasonna Laoly pernah meresmikan Pondok Pesantren At Taubah di Lapas Kelas 1 Malang. Kakanwil Kemenkumham Jatim, Heni Yuwono berikan dukungan pada program kepribadian dan kemandirian yang dilakukan di Lapas.

Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Malang adalah salah satu pilot project WBK/WBBM UPT Pemasyarakatan di seluruh Indonesia. Lapas Kelas I Malang atau Lapas Siji Malang (L'Sima) memiliki jargon APIK (Akuntabel, Profesional, Inovatif dan Kreatif).

L'SIMA PASTI APIK !
(HUMAS LAPAS KELAS I MALANG)