Assessment WBP Pilar Penting Kegiatan Kemandirian di Lapas Kelas I Malang

Selasa, 5 Desember 2023 | 14:22 WIB
0
39
Assessment WBP Pilar Penting Kegiatan Kemandirian di Lapas Kelas I Malang
Assessment WBP Pilar Penting Kegiatan Kemandirian di Lapas Kelas I Malang

Lapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jawa TimurDalam upaya memperkuat sistem pelatihan kemandirian di lingkungan binaan pemasyarakatan, proses assessment atau penilaian menjadi langkah krusial dalam menentukan program yang tepat bagi setiap warga binaan. Hal ini menjadi salah satu fokus utama bagi Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Malang.

Menurut Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Malang Ketut Akbar Herry Achjar "Setiap WBP memiliki latar belakang, kebutuhan, dan karakter yang berbeda. Proses assessment sangat penting untuk memahami profil individu narapidana sehingga program pelatihan kemadirian yang diberikan dapat lebih efektif," ujarnya.

Proses assessment melibatkan bagian kegiatan kerja yang disampaikan oleh Kasi Bimbingan Kerja Hamlana. Dari hasil assessment ini, kemudian dibuat program rehabilitasi yang spesifik dan sesuai dengan kebutuhan mereka.

Selain itu, proses assessment yang diikuti oleh 41 WBP juga berperan dalam mengevaluasi perkembangan dan respons narapidana terhadap program yang dijalani selama masa Admisi Orientasi.

Melalui penerapan proses assessment yang lebih terarah dan terencana, diharapkan program pelatihan kemandirian di Lapas Kelas I Malang dapat memberikan dampak yang lebih positif bagi WBP dan mengurangi tingkat kriminalitas di masyarakat setelah mereka bebas.

L’SIMA PASTI APIK !
(HUMAS LAPAS KELAS I MALANG)