Temu Rutin DWP Lapas Kelas I Malang, Kenalan Anggota Baru

Sabtu, 21 Oktober 2023 | 14:38 WIB
0
54
Temu Rutin DWP Lapas Kelas I Malang, Kenalan Anggota Baru
Temu Rutin DWP Lapas Kelas I Malang, Kenalan Anggota Baru | dok.humaslapasmalang

LAPAS MALANG - Sabtu (21/10/2023) DWP Lapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jawa Timur melakukan pertemuan rutin bersama sebagai cara mempererat silaturrahim antar anggota.

Agenda utama pengurus Dharma Wanita Persatuan (DWP) Lapas Kelas I Malang selain mempererat silaturrahim dan soliditas anggota juga ada acara arisan serta pembagian doorprize yang bertempat di Ruang Corner Multiguna L'Sima depan Pendjara Lowokwaroe.

Kegiatan yang diawali dengan menyanyikan Lagu mars Dharma Wanita Persatuan, pembacaan Notulen dan laporan pengurus. Acara dilanjutkan dengan pengenalan anggota baru DWP karena perpindahan dinas sang suami ke Lapas Kelas I Malang.

Dengan adanya komunikasi yang baik antar anggota DWP dapat memupuk kebersamaan yang bisa berimplikasi pada kehidupan keluarga yang lebih bijaksana. Dalam kegiatan ini, Istri dari Kalapas Kelas I Malang yang baru juga mengenalkan diri sebagai anggota baru Isna Ketut Akbar Herry Achjar pada Sabtu, 21 Oktober 2023. Serta penyerahan tali asih kepada Ibu Jarot Swari dan Ibu Heri Sukamto yang suami beliau menjelang purnabakti.

"Sebagai pendamping suami Petugas Pemasyarakatan, Ibu-ibu dalam wadah DWP Lapas Kelas I Malang ini harapannya dapat memberikan semangat motivasi kepada suami untuk bekerja lebih baik," kata Ketut Akbar Herry Achjar, Kalapas Kelas I Malang.

Lembaga Pemasyarakatan/ Lapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jawa Timur adalah salah satu pilot project Lapas Industri dan Zona Integrasi (ZI) Wilayah Bebas dari Korupsi / Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBM) Unit Pelaksana Teknis/ UPT Pemasyarakatan di seluruh Indonesia. Perbaikan terus menerus dilakukan di Lapas Kelas 1 Malang ke arah yang lebih baik untuk pelayanan pada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) maupun Masyarakat.

Lapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jatim memiliki program pembinaan kepribadian dan kemandirian bagi seluruh WBP. Diharapkan dengan program pembinaan yang dilakukan bisa membuat WBP bisa menunjukkan penurunan tingkat resiko melakukan pidana kembali dengan berkelakukan baik juga bisa sebagai agen moral kebaikan saat telah bebas kembali ke Masyarakat. Lapas Kelas I Malang meraih Penghargaan sebagai Zona Integritas WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani).

Mantan Kalapas Kelas I Malang, Heri Azhari telah banyak melakukan perubahan yang lebih baik di Lapas Kelas I Malang. Mulai dari meminimalisir penyelundupan barang terlarang ke dalam Lapas hingga memaksimalkan program Pembinaan Kepribadian dengan adanya program Tahfidz/Hafidz (hafalan Al-Qur'an) di Pondok Pesantren At Taubah. Kalapas Kelas I Malang sekarang, Ketut Akbar Herry Achjar bertekad menjadi Lapas yang Lebih Baik dan Anti Narkoba.

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) RI, Yasonna Laoly pernah meresmikan Pondok Pesantren At Taubah di Lapas Kelas 1 Malang. Kakanwil Kemenkumham Jatim, Heni Yuwono berikan dukungan pada program kepribadian dan kemandirian yang dilakukan di Lapas.

Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Malang adalah salah satu pilot project WBK/WBBM UPT Pemasyarakatan di seluruh Indonesia. Lapas Kelas I Malang atau Lapas Siji Malang (L'Sima) memiliki jargon APIK (Akuntabel, Profesional, Inovatif dan Kreatif).


L'SIMA PASTI APIK !
(HUMAS LAPAS KELAS I MALANG)